Ilma Hidayati Purnomo

Road Trip Independence Day

Rencana road trip terpanjang yang terkendala buanyak hal. Akankah perjalanan ini menjadi lebih mulus dan menyenangkan? Btw, ada yang bisa tebak kira-kira kami mau ke kota apa? 😃


Merelakan Jadwal Dokter Gigi

Kamis tanggal 29 Juni suami mulai mencanangkan road trip ke sebuah kota terkenal di bagian timur. Soalnya, dia tiba-tiba ditugasin untuk submit paper yang deadline-nya awal Agustus. Awalnya, kami mau road trip tanggal 22 Juli, tapi kalau terlalu mepet deadline yaa bisa gawat. 

Suami tanya juga ke Mas Muhsin, apa dia bersedia? Dia bilang, kerjaannya lagi ringan ketimbang bulan-bulan ke depannya. Jadi bulan Juli ini udah cocok. Sedangkan buat suami, lebih cepat lebih baik. 

Suami dan Mas Muhsin bahas lebih detail soal rencana perjalanannya. Mereka sepakat bakal jalan kira-kira satu mingguan. Mas Muhsin bahkan langsung nge-email bosnya buat minta izin cuti. 

Setelah mereka beres ngebahas via Zoom, suami baru ngingetin aku satu hal paling penting dan bikin nyesek. Aku harusnya punya janji ke dokter gigi tanggal 5 Juli yang udah aku tunggu 1,5 bulan lamanya. 

Lemes dong aku. Mana udah sepakat sama Mas Muhsin. Kan gak enak kalau batalin gitu aja. Tapi aku juga nyesek. Kalau re-schedule gak tau bakal dapet kapan lagi. 

Besoknya, Jumat 30 Juni, aku telpon ke klinik. Bener aja, aku baru dapat appointment lagi tanggal 2 Oktober. 😢

Nyesek karena harus nunggu lama banget dan periode asuransi kesehatan gigiku mau habis akhir Oktober. Tapi ya sudah, pasti ada jalan. Aku bisa cek tiap hari ke klinik gigi barangkali ada yg nge-reschedule lagi supaya bisa dapet appointment lebih cepat. Atau cari klinik gigi lainnya... 


Dompet Kartu Hilang

Hari Jumat tanggal 23 Juni jam setengah 4 sore. Aku baru pulang dari supermarket buat beli bekal. Setelah 4 jam lebih perjalanan di kota, tiba-tiba suami nanya, dompet kartu ada di mobil apa nggak. Aku cek sampai capek, gak ada. 

Hh... Sebetulnya, sebelum pergi road trip Juneteenth kemarin, pak suami itu ngebongkar isi mobil sendirian dan menata semua barang di dalamnya. Aku masih sibuk mandi, nyiapin barang bawaan, dan lain-lain jadi aku gak keluar sama sekali.

Tau-tau pak suami masuk ke apartemen, ambil monitor pinjeman kampus, terus dia bilang mau balikin ke kampus. Pergilah dia.

Sejak saat itu, remot dan kabel tv titipan temen yang ada di jok belakang, hilang. Dompet kartu yang ada magnetnya bisa ditempel di belakang HP, juga hilang.

Hipotesisku sih, pak suami pas bongkar barang, lupa naroh di mana. Masalahnya, udah dicari ke sudut terdalam di mobil maupun di sudut manapun di apartemen, semua barang itu gak ada. 

Mana di dalam dompet itu ada kartu debit, kartu kredit, sama kartu mahasiswa. Besok mau road trip. Pengen nanges 😭


Perencanaan Road Trip yang Matang

Rencananya sih, mau berangkat jam 9 pagi hari Sabtu, 1 Juli 2023. Kami pingin berangkat lebih cepat 1 jam dari Mas Muhsin biar lebih santai. Taunya, kami baru berangkat jam 10:30. Dan ternyataaa, waktu kami tanya, Mas Muhsin malah baru siap-siap. Beneran jadi Mas Muhsin yang satu setengah jam di belakang kami wkwk (padahal rencananya, Mas Muhsin berangkat jam 10).

Sebelum berangkat, kami beli bensin dulu di deket apartemen. Harga per gallon-nya $4.3. Jadi total beli $39.

Selama di jalan, kami berkendara cukup santai. Kecepatannya paling sekitar 60 - 70 mph. Berkaca dari road trip sebelumnya, mau ngebut dan nyalip-nyalip juga gak bakalan bikin jauh lebih cepet. Soalnya, toh sebagian besar orang menyetir udah cepet, sekitar 65 mph. Kalaupun aku nyetir sampai 80 mph atau lebih, nanti juga bakalan terhambat pas ada traffic light. Gak worth it lah, harus ngebut tapi gak jadi jauh lebih cepat nyampe. 

Pas lagi traffic light, suami bilang mau nyetir aja. Jadi dia pindah ke kursi supir. Tau apa yang terjadi? Selama 30 menit ke depan, kami jadi berantem melulu gara-gara aku salah ngasih petunjuk jalan sesuai Google Maps 😅

Setelaj 3 jam berkendara, kami beli bensin lagi (murah lho, cuma $3.2/gallon dan cuma ngisi $17). Nah, Google Maps gak langsung bilang harus belok kanan apa kiri dari pom. 

Aku ini emang rada lemot buat nentuin arah mobil, jadi aku harus liat dulu perempatan di jalan itu nama jalannya apa. Lah, suami udah nanya-nanya harus belok mana. Belum sempet mikir wkwk

Sampailah kami di masjid di Fort Wayne, Indiana setelah 3,5 jam berkendara. Nama masjidnya Islamic Center of Fort Wayne. Di depan masjid ada mobil Toyota AE86 modifikasi terparkir. Orang dari dalam masjid keluar dan mendekati mobil itu. Suamiku ngedeketin dia dan nanyain soal mobil keren itu. Lah taunya sampai disuruh main ke rumahnya pas nanti kami otw pulang, mau dijamu.

Ternyata, dia anak horang kayah asal Yaman. Orang tuanya punya bisnis belasan pom bensin yang katanya, buat bangun pom-nya aja perlu dana 2 juta dolar. Dia sendiri juga punya pom bensin, padahal baru lulus kuliah S1. Wew... Kata suami sih, nanti mau belajar bisnis ke dia.

Menariknya, orang tadi itu generasi kedua dari keluarganya. Berarti orang tuanya, itu persis seperti kami, orang pertama di keluarga yang pindah ke luar negeri. Wah mantap sih. Kami pingin belajar banyak bagaimana menjalani kehidupan sebagai keluarga muslim di Amerika dan juga menjadi pebisnis. 

Btw, ternyata masjid tadi itu sebenarnya tutup dan dibuka karena ada orang Yaman tadi. Alhamdulillah, gak perlu pusing cari masjid lainnya. 

Kami melanjutkan perjalanan jam 3:20 dan sampai di hotel Super 8 di Richfield Area, Cleveland, Ohio jam 6:40. Alhamdulillah bisa sampai hotel masih sore dan cuma nyetir sekitar 7 jam saja. 

Bisa dibilang, perencanaan road trip ini cukup matang. Kami bisa istirahat lebih cepat, jadi gak sampai kurang tidur. Aku pun sempat bikin bekal nasi dan rendang, jadi gak sampai kurang makan.

Hari ini cuma keluar $39 + $17 buat bensin dan $63.3 buat hotel. Totalnya $119.3. Sedangkan panjang perjalanan hari ini 381 miles (614 km, kira2 sama kayak perjalanan dari Bandung-rumah orang tuaku-ke Durenan, Trenggalek-rumah orang tua pak suami). 

Masih hari pertama, jadi badan harus fit. Tunggu lanjutannya, ya! 

Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.

Related Posts

5 komentar

  1. Lanjutkan ceritanya mbaak. Ditunggu🤭

    BalasHapus
  2. saya paling suka dengan roadtrip karena selalu banyak kisah yang bisa diceritakan kembali. Seperti ceritanya mbak Ilma ini, seru ya, jadi gak sabar untuk menunggu kelanjutan roadtrip berikutnya.
    have a safe trip ya mbak dan semoga sehat sentosa selalu selama perjalanan sampai kembali lagi ke rumah

    BalasHapus
  3. Wooh mantap kali jaraknya euy. Apa di sana juga jalannya macet kayak di Indonesia, Mbak? Semoga nanti bisa maju ya jadwal ke dokter gigiinya

    BalasHapus
  4. Seneng bisa road trip karena bisa mampir di tempat yang menarik sepanjang perjalanan. Aku jadi pengen baca lanjutannya karena penasaran dengan tempat yang belum pernah aku kunjungi.

    BalasHapus
  5. Mbaa, gimana dompetnya udah ketemu? Ada CCTV kah di rumah?

    Oh ya independence day 4 juli ya, kalau hari kemerdekaan gitu toko2 pada libur apa kayak biasa aja?

    Pengen ketawa pas bagian baca map, karena samaa, paling bingung kalo paksu lagi nyetir dan aku bagian baca map karena ga ngerti dan kebalik2 arahnya.

    BalasHapus

Posting Komentar