Ilma Hidayati Purnomo

Lanjutan Urusan Asuransi Gigi dan Pengalaman ke Dokter Gigi di Amerika

Okay, semua ini udah di luar batas kesabaranku. 

Akhirnya aku dateng ke dokter gigi umum (general dentist) UIC hari Selasa tanggal 20 Juni 2023. Itu pun aku udah nunggu satu bulan.

Pas sampai, aku langsung dijelaskan berbagai hal yang bikin bingung tapi juga kesel

  1. Dokter yang nangani di sana adalah undergraduate student yang diawasi oleh supervisor. Ya udah aku mah pasrah lah ya harus diperiksa sama dokter belum lulus. Mana tempat periksanya ruame pol. Satu ruangan itu bisa diisi 50 pasien deh kayaknya.
  2. Prosesnya puanjang. Pertama, X-Ray dulu. Lalu, nunggu 3-4 minggu untuk dievaluasi dan ditentuin treatment plan-nya sama general dentist yang di-assign (bisa siapapun, gak harus dentist kemarin yg aku temuin). Terakhir, ada step-step treatment-nya. Mulai dari ngobatin cavities, cleaning, barulan crown jadi priotitas terakhir. Jadi, semua treatment dijalanin di sini dan dilakukan oleh si undergraduate student yang sama. Cuma bedanya nanti yang nge-supervise beda-beda. Ada spesialis periodontics, ada spesialis yang lain. 
  3. Soal X-Ray ini, pas dateng ke X-Ray department hari itu, gak dikasih tau kapan bisa dapet jadwalnya. Pokoknya nunggu ditelpon aja. Lah ini mah namanya nunggu kuadrat. Nunggu jadwal X-Ray, udah gitu nunggu di-assign ke dentist dan dapet appointment lagi. Kapan ini beresnyaaaa? Padahal akhir Oktober, asuransiku udah habis. 

Dah lah, pas periksa itu, aku ditanya, gigi yang habis di root canal gimana? Aku bilang ada sakitnya kalau buat makan dan sikat gigi. 

Dia bilang, oh tidak bisa di crown kalau gitu. Kamu harus bilang ke endodontics yang kemarin buat ngeliat gigi kamu. 

Yowes, aku ngirim email ke Dokter Kurian (endodontics yang nanganin root canal-ku). Kutunggu-tunggu gak ada balesan. Tau-tau hari Kamis,  22 Juni 2023, ada misscall dan voice mail. Aku disuruh dateng ke klinik besoknya. 

Jadi, hari Jumat tanggal 23 Juni 2023, aku dateng ke klinik jam 1:30. Terus dia kikis dikit bekas tambalanku. Katanya sih, karena bekas tambalannya gak pas sama permukaan gigi bawah, jadi pas ngunyah kerasa "menekan" ke atas.

Keluhanku itu memang kayak pressure di akar gigi sih. Pas dia ketok-ketok gigiku dan dikasih air pressure juga dikikir, ya gak sakit. 

Hasil X-Ray juga menunjukkan semuanya baik-baik aja. Aku bisa dapet crown secepatnya.

Habis dari klinik endodontics, aku coba datengin X-Ray department. Namaku masih di waiting list untuk dimasukin jadwal dan kemungkinan dapet jadwalnya antara akhir Agustus atau bulan September. Yha kaliiik aku nunggu selama itu, terus kepiyee crown-ku! 

Hah... Friend Health pun menjadi satu-satunya harapan yang bisa mempercepat aku dapat crown. Tapi, aku masih berurusan dengan treatment deep cleaning yang masih stuck aja klaim ke asuransinya. 

Rabu kemarin, aku telpon lagi kan bagian billingnya. Pak suami sampai udah ngancem mau dibawa ke meja hijau. Bayangin, itu tuh udah dari November dan berkali-kali telpon, kenapa gak tembus-tembus ke asuransi aja sih? 

Lha wong treatment di endodontics UIC aja klaimnya masuk kurang dari seminggu. 

Si Friend Health ini juga ribet alasannya. Salah alamat lah (beda sama alamat asuransi yang tertera di kartu asuransiku) padahal katanya ngirim klaimnya secara elektronik. Kan membagongkan! Buat apa nanya alamatnya? Kan cukup isi form di website-nya asuransi Delta Dental, masukin data-dataku dengan benar, BERES! HARUSNYA GITU Ya Allah Tolong aku udah gemes banget gak tau harus gimana lagi... 

Terus kemarin pas telpon masih betulin soal alamat (tepok jidat). Anehnya ya, kantor billing ini gak bisa didatengin langsung. Coba bisa, kan tinggal aku ngomong sama orang pihak billing-nya,  terus bareng-bareng telpon pihak asuransi, apa susahnya? 

Fix, kalau kamu ke klinik yang sebetulnya CUMA menerima medicaid atau sliding scale fee, JANGAN coba-coba pakai asuransi pribadi. RIBET!

Kalau pakai asuransi pribadi, pergi ke in-network clinic SAJA atau ke UIC noh, tulisan Delta Dental terpampang gede di dalem gedung. Ngaco banget kalau sampai urusan klaim asuransinya ngadat. 

Update 11 Juli 2023:

Yak mohon maaf, saatnya pindah tempat periksa. Aku cari klinik gigi deket apartemen. Coba telpon Smile Design Studio of Hyde Park. Aku tanyain deh list pertanyaan yang pernah aku buat:

1. Apakah menerima asuransi Delta Dental Progressive Plan? Dia bilang iya. Klinik itu masuk Premiere network (yang penting in network) 

2. Aku butuh crown, bisa gak? Bisa katanya. Kalau pakai yg pre-fabricated bisa sehari jadi. Kalau yg perlu dibawa ke lab dulu, butuh waktu 2-3 minggu

3. Boleh gak aku dapet crown duluan sebelum treatment lain? Dia bilang, tergantung dokternya. Tapi bagian front desk ini ramah dan empatinya bagus banget. Ntar aku cerita di bawah

4. Jadwal appointment paling cepet kapan? Sebenernya ada tanggal 17 Juli, tapi aku juga punya jadwal buat Razin. Jadilah aku ngalah, aku buat jadwal tanggal 31 Juli. 

5. Stepnya gimana? Dia bilang, bakal ada comprehensive oral X-Ray dan exam dulu baru nanti ditentuin treatment apa duluan. Nah, dia bahkan cekin ke akun asuransi gigiku lho, apakah aku eligible buat dapet exam gratis. Soalnya ada batasnya, cuma 2x. Kalau bayar ya lumayan, $170

Nah, pas dia cek ke akun asuransiku pakai nama, gak bisa muncul. Aku kasih nomor ID asuransiku, baru muncul. Dia bahkan bisa liat, treatment apa yg udah aku dapet. Sisa saldonya berapa. Aku kan jadi heran, kenapa di klinik Friend Health gak bisa gini ya? 

6. Berapa aku harus bayar out of pocket? Belum bisa kasih estimasinya. Tapi harga crown itu $2000 umumnya. Harganya bakal lebih rendah buat anggota asuransi kesehatan gigi karena agreement yg mereka buat. Aku bahkan diwarning sama dia kalau saldoku udah kurang dari 50% karena kepake buat root canal. 

Ya aku bilang sekalian, udah mau habis juga masa berlakunya. Tuh, kan, di klinik ini aja bisa akses semuanya dan bahkan sabar banget jawabin semua pertanyaan aku. Heran beneran sama klinik Friend Health. Bener2 deh, apapun yg cheap di sini emang kelewatan jelek service-nya. 

Dia juga yakinin gak pernah ada kejadian susah ngeklaim asuransi. Alhamdulillah 

Nah untuk sementara, aku udah bayar deposit $25 untuk bikin appointment. Mudah-mudahan ke depannya bisa di cover asuransi sebagian besarnya. 

Update: Akhirnyaaa, tanggal 23 Juli 2023 klaim dari Friend Health masuk juga! Setelah perjuangan nelpon hampir 10x yg terakhir bulan lalu. Wah gila.

Yah walaupun penjelasan klaimnya agak aneh. Masa total harga treatment nya $466 tapi yg dibayar pihak asuransi dan yg harus aku bayar jumlahnya sama yaitu $76.5. Bodo amat deh. Yg penting tinggal aku bayar dan kelar urusan sama klinik ribet ini. 

Update update! Tanggal 29 Agustus aku telpon bagian billing gimana cara bayarnya dan katanya... Aku gak punya unpaid billing

Wait. Aku coba dia cek kasus klaim asuransiku pakai reference number yang dulu aku kasih. Orang billingnya bilang iya, udah dibayar sama Delta Dental dan aku punya 0 balance. 

Alhamdulillah gratis ya Allah :') Yah lumayan lah, ini bayaran buat kesabaran kami yang habis setelah 10x bolak-balik nelpon


Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.

Related Posts

Posting Komentar