Siapa Mama Razin?

Hai, sobat Mamz! Udah kenal siapa dibalik panggilan Mama Razin? Nah, ini dia wajahnya.

Ilma Hidayati Purnomo
Papa Razin (Daniar) dan Mama Razin (Ilma)

Lahir dengan nama Ilma Hidayati Purnomo, 27 tahun lalu, kini Mama Razin tinggal di Chicago, USA. Mama Razin, Razin (3 tahun) dan Zayn (9 bulan) menemani Papa Razin yang sedang melanjutkan pendidikan S3 di The University of Chicago.
Udah kenalan sedikit sama orangnya, sekarang kenalan sama blognya, ya!

Razin is Me

Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya Razin adalah aku. Nah kalau dibaca langsung dalam bahasa Indonesia jadi terbaca /razinisme/. Kata berakhiran -isme kan artinya paham atau ajaran atau kepercayaan. Kata ini Mama Razin maknai "sebuah paham ke-Razin-an" sebab Mama Razin ingin lebih memahami Razin dan dunianya. Mama Razin ingin jadi orang tua yang tidak berjarak dengannya. Mudah-mudahan jadi tempat paling nyaman baginya untuk berbagi cerita. Biar lebih mantep, judulnya dipanjangin dikit jadi Razin is me: Sharing Our Family's Stories.

Tagline

We share. We learn. We grow. Di blog ini, Mama Razin ingin cerita pengalaman-pengalaman keluarga kami. Semoga dengan orang lain membaca cerita kami, ada hikmah yang bisa dipetik. Cerita-cerita kami juga menjadi self reminder supaya bisa jadi manusia yang lebih baik.

Niche

Blog ini sementara masih berupa lifestyle niche. Karena Mama Razin ingin cerita banyak hal. Mulai dari parenting, kehidupan di luar negri, resep masakan sederhana, kuliah di luar negri, apa aja deh!

Label

Jangan lupa baca derskripsi tiap label buat memahami maksud kategori postingan yang masuk ke dalamnya, ya!
○ Serba-Serbi Amerika
     Label ini diperuntukkan postingan berbau Amerika. Bisa berupa tulisan tentang kehidupan sehari-hari, berita terkini, laporan perjalanan tempat wisata di Amerika, dan lain sebagainya.
○ Studi di Amerika
     Di label ini, semua postingan berisi informasi soal kuliah, sekolah, hingga buat visa Amerika bernaung. 
○ Memori Mama Razin
    Tag ini akan berisi postingan yang berhubungan dengan apa aja yang Mama Razin alami di masa lalu sebagai bahan renungan dan pelajaran supaya menjadi orang tua yang lebih baik. Khusus label ini, setiap postingan akan menggunakan kata ganti "aku".
○ Pojok Mama Razin
    Ini isinya mah bebasss. Terserah apa aja, bisa jadi tong sampah tempat ngeluarin unek-unek.
○ Sharing Mama Razin
    Di label ini, postingan tentang tutorial, resep masakan, atau tips and trick lainnya akan bertengger.
○ Obrolan Orang Tua
    Seperti judul labelnya, bahasan tentang parenting, obrolan 18+ (uupss... tenang, tetep aman kok), pokoknya obrolan khas ibu-ibu punya        anak bakal ada di sini semua.

Template blog

Salem (atau dalam bahasa Inggris salmon) adalah warna kesukaan Razin, begitulah menurut pengakuannya saaat ditanya warna crayon apa yang paling dia suka. Mama Razin setuju. Warna salem memang kalem, enak dilihat, dan anggun. Itu sebabnya Mama Razin pilih template dengan tone warna ini.

Logo

Ya, itu logo yang Mama Razin pilih. Alasannya sederhana, karena itu gambar yang Razin buat waktu usianya sekitar 2.5 tahun. Mama Razin suka banget gambar ini. Lucu dan punya karakter.

Header

Kalau diperhatiin, di sudut header ada gambar anak kecil. Asumsikan aja itu Razin ya. Desainnya simpel aja, warna kesukaan Razin dan ada judul beserta tagline-nya.

Portfolio

Latarbelakang pendidikan

  1. SDN Pelita Bandung (2006)
  2. SMPN 13 Bandung (2009)
  3. SMAN 3 Bandung (2012)
  4. Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung (2012-2017)
  5. Program Pesantren Mahasiswa (PPM) Daarut Tauhiid Bandung (2015-2016)

Karya

Mama Razin pernah terlibat dalam dua proyek antologi. Dalam buku berjudul "My Strength" yang diterbitkan oleh One Peach Media tahun 2019, Mama Razin mengirimkan tulisan tentang bagaimana Mama Razin bisa survive kuliah di jurusan yang gak passion. Selanjutnya, dalam buku berjudul "Jejak Kata Bulan Juni" yang merupakan antologi penulis favorit even 30 Hari Menulis oleh komunitas Nulis Aja Dulu, Mama Razin mengirimkan sebuah cerita fiksi mini dan tulisan tentang mitos ari-ari kucing.

Prestasi

1. Juara 3 Blog Competition Yummy App by IDN Media-September 2021 dengan artikel "Review Jujur Yummy App"

2. Juara Kesayangan Lomba Penulisan Blog Berto ImunKu-September 2021 dengan artikel "6 Tips Jaga Imun dengan Berto ImunKu"

Kepengurusan 

Mama Razin saat ini memegang jabatan Humas Eksternal, admin Instagram @mamahgajahbercerita, salah satu komunitas bagi perempuan alumni ITB yang menekuni dunia kepenulisan. 

Sejarah blogging

Kalau boleh dibilang, Mama Razin ini bukan senior dalam ngeblog, tapi juga bukan memulai blog dari nol. Mama Razin udah kenal blog sejak duduk di bangku SMP, tahun 2008. Saat itu Mama Razin belajar Joomla di mata pelajaran TIK dan membuat akun blog di blogspot. Awal mula tertarik ngeblog karena bisa nulis sesuka hati. Mama Razin suka menulis, tapi gak suka membaca. Jadi yaa, tulisannya kebanyakan curhatan atau imajinasi yang agak aneh. Biasanya ditulis di bagian belakang buku tulis. 
Nah, sekian lama blog itu tidak aktif. Setelah menikah, Papa Razin ngajak Mama Razin mulai ngeblog lagi di Medium. Jadilah sempat aktif di sana. Tapi mulai gak aktif lagi sejak pindah ke US dan punya dua anak. 
Sekarang, Mama Razin ingin belajar ngeblog lagi dari awal sampai lumayan ahli bersama coach Marita Ningtyas di Blogspedia Coaching batch 2.

Kesibukan

Saat ini Mama Razin sibuk jadi ibu rumah tangga dan mengasuh dua balita. Kadang-kadang ngeblog, belajar bahasa Arab, atau ikutan challenge nulis di Instagram. Jadi ibu rumah tangga berarti sibuk bikin rumah rapi setelah diberantakin dua orang anak, bikin masakan yang disukai suami dan bikin makanan berkali-kali sampai anak suka makan. Masakan yang dibuat simpel aja, yang penting ada yang makan.

Hobi

Mama Razin lagi seneng nyusuin Zayn, nonton YouTube sama Papa Razin, nonton series Bob The Builder sama Razin. Dulu pernah menekuni dunia rajutan (knitting dan crochet) tapi udah gak lanjut karena terlalu banyak menghabiskan waktu dan uang wkwk. Sekarang lebih sering menghabiskan waktu main sama Razin, kadang ngajarin Razin baca dan hitung.

Impian

Mama Razin pingin buat novel tentang perjalanan ke Eropa pas dulu awal nikah. Beberapa ceritanya bisa dibaca di Medium. Terus, Mama Razin sebenernya pingin aktif update YouTube lagi, belajar buat video yang bagus. Pingin rapihin feed Instagram juga, hmm, mungkin belajar Canva dulu, ya. Pingin jalan-jalan di Eropa sama Jepang. Daaan ingin pulang kampung ke Indonesia, pingin explore Indonesia. Soalnya dulu pas sebelum nikah, Mama Razin itu anak rumahan dan sekarang nyesel, harusnya dulu banyak jalan-jalan huhu. Gapapa, nanti jalan-jalannya lebih rame, ada dua bocils.

Sosial Media

Sobat Mamz boleh banget berkunjung ke sosmed pribadi Mama Razin di:

7 komentar

  1. Seru ya.. Lagi asik nyusuin Zayn, kayaknya kita sama mbak, kegiatan hariannya. Ngerapihin rumah yang ga bisa rapi efek bantak bocil. Ahh indahnya dunia ibu dengan anak-anak.

    BalasHapus
  2. Jdi penasaran tulisan2 tentang kehidupan disana nih mba, wishlist keluarga kami pun bsa tinggal di negara lain biar makin byk ilmunya

    BalasHapus
  3. Masya Allah logonya bagus kak, ikonik dan artistik :D
    Lihat label blognya, jadi pengen cepet-cepet meluncur ke tulisan-tulisan Kak Ilma :D

    BalasHapus
  4. Aku kira Razin artinya Apik / gesit, atau apalah Rajin intinya eh ternyata aku hihhi

    BalasHapus
  5. Wah, Mama Razin dan Papa Razin, masih pada muda ya :D Kerens pula langkah dan pengalamannya ^^

    Sukses buat blog #razinisme

    BalasHapus
  6. Ceritain dong Ma awal mula perjalanan S3nya Papa Razin 😍

    BalasHapus
  7. Mama razin memang rajin hehehe... di manapun bisa teratasi ya mam, Allahu ma'ana. Selamat melanjutkan perjuangan

    BalasHapus

Posting Komentar