Mama Razin (Ilma Hidayati Purnomo)

Fortune Indonesia Summit 2022: Memotivasi Ibu Rumah Tangga

Hari itu saya diizinkan mengikuti bukber sendirian. Setelah memarkirkan mobil, saya masuk ke dalam ruangan aula dan bercengkrama dengan teman-teman. Saya juga menikmati kekhusyukan salat maghrib berjamaah. Sekitar satu jam lamanya, akhirnya saya izin pamit pulang duluan karena saya mulai khawatir dengan orang-orang yang menunggu di rumah.

Sebelum pulang, saya mampir dulu ke sebuah ATM yang terletak di area kampus. Turun dari mobil, gerimis kecil memerciki wajah saya. Melihat beberapa mahasiswa yang berjalan sendiri maupun bersama temannya, hati saya tiba-tiba menjadi sesak. Tak terasa, air mata mengalir di pipi.

Sudah lima tahun berlalu sejak saya lulus kuliah dan langsung dipinang oleh suami saya. Sejak saat itu, saya menjadi ibu rumah tangga full time. Kemudian hadir dua anak laki-laki yang menjadi tanggung jawab saya. Tentu saja, saya senang dan bersyukur. Akan tetapi, hati kecil saya sering measa rendah diri.

Mengurus rumah tangga terkadang dipandang pekerjaan yang mudah, padahal ibu rumah tangga bekerja selama 24 jam dan 7 hari non-stop tanpa libur. Mengurus dua balita lebih menguras tenaga lagi karena saya harus memastikan mereka tidak lapar, tidak terlalu lelah, dan tidak melakukan hal yang berbahaya, apalagi di usia mereka yang sedang sangat aktif.

Keluar rumah tanpa anak-anak seakan hal mustahil. Kalaupun bisa, hanya beberapa jam saja. Apalagi untuk bisa kuliah lagi atau bekerja, sekalipun dengan izin suami, rasanya banyak sekali yang harus dikorbankan. Betapa serba salah rasanya. Tetapi diri ini sering dilanda rasa tidak produktif dan tidak sekeren mereka yang bekerja dan sekolah. Demotivated mungkin istilah gaulnya.

Sebagai salah satu cara saya untuk memotivasi diri adalah dengan menulis di blog dan mencari event online. Ternyata, ada satu event menarik yang akan dilangsungkan pertengahan Mei nanti, yaitu Fortune Indonesia Summit 2022. Menurut saya, event ini juga cocok untuk memotivasi ibu rumah tangga yang terkadang merasa rendah diri, seperti saya.

Apa itu Fortune Indonesia Summit?

40 under 40, Businessperson of the year

Sudah tahu tentang majalah Fortune Indonesia? Kalau belum, baca dulu tentang review saya terhadap majalah ini. Nah kali ini, Fortune Indonesia akan menggelar acara offline yaitu Fortune Indonesia Summit. Acara ini baru pertama kali diselenggarakan di Indonesia.

Acara ini akan diselenggarkan pada tanggal 18 dan 19 Mei 2022 pukul 9.00 - 18.00 WIB serta berlokasi di The Westin, Jakarta. Dalam dua hari ini akan dipadati oleh belasan talkshow dari para pembicara hebat. Ya, karena acara ini merupakan platform yang melibatkan multi-stakeholder dan business person paling berpengaruh di Indonesia.

Tiga tema besar yang diangkat dalam Fortune Indonesia Summit adalah impact, sustainability, dan growth. Ketiga tema ini diutamakan untuk memberi pencerahan bagi ekosistem bisnis di Indonesia, saya pikir, ibu rumah tangga juga perlu belajar karena kita juga turut andil dalam lingkungan bisnis di Indonesia. Kalaupun belum menjadi pelaku bisnis, sebagai konsumen kita juga bisa membantu menjadikan ekosistem bisnis di Indonesia lebih kondusif, misalnya menjadi konsumen pintar dan aktif memberi masukan kepada pemangku kebijakan.

Topik yang diangkat dalam summit ini sangat beragam, mulai dari market, business, finance, tech, leadership, hingga sustainability. Judul talkshow yang menurut saya menarik adalah If You Can't Measure It, You Can't Improve It yang akan dibawakan oleh Direktur Bank Rakyat Indonesia, Bapak Sunarso. Karena sebagai ibu rumah tangga, banyak masalah kecil yang perlu diselesaikan dengan efisien dan efektif.

Contohnya, untuk pendidikan anak. Saya punya standar ideal apa yang harus anak saya capai dalam setiap tahapan usia. Saya mengukur, sejauh apa kemampuan anak saya. Di sanalah, saya bisa melakukan perbaikan di setiap langkahnya supaya anak saya bisa mencapai kemampuan yang saya harapkan. Pola pikir If You Can't Measure It, You Can't Improve It bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, tidak terbatas soal bisnis.

Forty under Forty dan Businessperson of The Year 2021

Acara lainnya yang akan digelar dalam Fortune Indonesia Summit adalah penganugrahan penghargaan bagi empat puluh orang berpengaruh yang berusia di bawah empat puluh tahun serta pebisnis berpengaruh tahun 2021. Kategori awardee Forty under Forty pun sangat beragam, mulai dari business, entertainment, government & public policy, social, hingga sports.

Di kategori entertainment ini banyak nama yang cukup familiar bagi saya, seperti Rafi Ahmad, Arief Muhammad, dan Reza Rahadian. Tentu saya tidak ingin melewatkan kesempatan melihat aktor kenamaan favorit saya mendapat penghargaan bergengsi seperti ini,

Cara Menghadiri Fortune Indonesia Summit 2022

Untuk mendapatkan tiket event ini, kita cukup berlangganan majalah Fortune Indonesia selama setahun melalui Official Store Fortune Indonesia di Tokopedia. Mudah sekali, bukan? Kita bisa dapat majalah informatif sekaligus menghadiri event inspiratif ini.

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti saya tidak punya kesempatan mengembangkan diri. Saya bisa mengikuti event inspiratif dan memotivasi seperti Fortune Indonesia Summit. Sebab, setiap orang punya kesempatan yang sama untuk belajar menjadi pribadi yang lebih baik dan mengembangkan pola pikir, tidak terbatas berada di sektor pekerjaan apa. Jadi, apakah kamu juga tertarik menghadiri Fortune Indonesia Summit?

Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.

Related Posts

Posting Komentar