Mama Razin (Ilma Hidayati Purnomo)

Review Jujur FORTUNE® Indonesia

Sebagai mak-mak yang ngaku-ngaku bloger, update informasi dan latihan nulis jadi jalan ninjanya. Sekarang dah gak jaman lagi baca berita terkini di koran, apalagi denger desas-desus dari kumpulan ibu-ibu yang lagi bergosip ria. Baca kabar terbaru cukup di ujung ibu jempol saja. Maksudnya, ngerumpi sama gengs buibuk di dunia maya (hahay). Bukan laah, berita terpercaya ya, di FORTUNE® Indonesia

Sis, kok baru pernah denger? Ya elah, mainnya kurang jauh, kuper! Makanya cari info dan berita yang bener, jangan mager. Eh, apa promosi FORTUNE® Indonesia yang kurang gencer? 

Sst... Sstt.. Makanya, mak bloger ini join komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis. Biar kemampuan nulis meningkat tajam, kayak mbak-mbak lagi gambar alis. Juga biar tau info lomba, sapa tau bisa lolos jadi finalis. Mantep kan, siss? 

FORTUNE® Indonesia, Apa dan Siapa?

Biar gak suudzon, kita kenalan dulu sini. FORTUNE® ini media beken di luar negri. Tepatnya, media ini lahir di New York, Amerika, bukan ame Riki. Didirikan sejak 1929, media bisnis ini berfokus pada majalah global, situs web, dan seri konferensi.

Website Fortune Indonesia

Yap, FORTUNE® ini awalnya adalah majalah yang didirikan oleh co-founder Time Magazine, Henry Luce, yang berisi artikel buat horang kayah. Kontennya memang didedikasikan untuk kalangan kelas atas, hal-hal berbau luxury dan wah. Tapi, kita bisa juga kok menikmati konten gambarnya yang keren-keren karena dipoto sama fotografer ternamah. Ah... ah... mantap djiwah!

Udah tau juga kan kalau majalah ini suka ngeluarin daftar-daftar paling keren sedunia? Mulai dari 50 perusahaan dengan keuntungan tertinggi (FORTUNE 500), manusia paling berpengaruh di bawah usia 40 tahun (40 Under 40), hingga daftar Change The World, daftar perusahaan yang paling banyak menggelontorkan dana untuk membantu sesama manusia. Keren-keren kan, ya?

Nah, setelah sukses di pasar media luar negri, ada anak Indonesia yang kepincut, pingin ngegaet media ini buat masuk ke dalam negri. Mereka adalah Winston dan William Utomo, dua otak yang menjadikan IDN Media berdiri. Menggabungkan dua watak: yaitu FORTUNE® yang luxurious dan IDN Media yang milenial banget, Fortune Indonesia bakal jadi media bisnis yang bikin anak muda serempak berteriak, "Yuk marii!"

Sama seperti mbah buyutnya, FORTUNE® Indonesia juga tampil dalam bentuk situs dan majalah. Majalah FORTUNE® Indonesia 100 baru saja terbit tanggal 14 September 2021 yang harganya yah, gak begitu murah. See, siapa yang tadi suudzon promosinya FORTUNE® Indonesia kurang meriah? Namanya juga baru sebulan launching, dah. Please, FORTUNE® Indonesia, jangan marah 🥺🙏

Website FORTUNE® Indonesia

Berhubung mamak satu ini gak modal, beli majalahnya belum masuk rencana anggaran. Eits, tapi jangan salah, kan bisa akses websitenya FORTUNE® Indonesia dan baca artikelnya yang udah ada ribuan. Meskipun isinya berita bisnis, tapi mudah dicerna untuk semua kalangan. Sebab, tim penulis FORTUNE® Indonesia bisa meramu topik berat dengan bahasa yang ringan. 

Majalah bisnis terpercaya

Tampilan websitenya simple dan profesional. Dengan background putih dan font berwarna hitam, semua terlihat normal. Duh, tapi, mak, iklan di sana-sini yang menyita ruangan bikin mamak ini agak menyesal. Maklum, liat penawaran tas di iklan olshop bikin tangan mamak ini agak nakal. Klak-klik ehh... kebayar kan bisa bikin si bapak kesal.

Ada tujuh kategori artikel di sini. Market, Business, Finance, News, Tech, Sharia, dan Luxury. Mamak nih dah gak sabar mau menelusuri. Siapa tau ketemu sama Song Jong Kii di sini. Hihihi. Si mamak ngimpi.

Kategori Market berisi pergerakan dan prediksi IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan). Isi artikelnya cocok kali buat si bapak yang notabene bakal buat perusahaan. Istilah kerennya calon CEO, Gan! Emang ganteng kebangetan 😍

Kenapa cocok? Bahasan tentang perusahaan yang sudah IPO ada banyak, Bo'. Mamake jadi bisa update berita dulu sebelum si bapak nyerocos sampai encok. Ya gitulah, suami istri kan harus nyambung kalau ngobrol, biar gak ada yang belok-belok. 

Selanjutnya ada kategori Business yang isinya berita perkembangan bisnis, perusahaan, inovasi dan profil tokoh. Banyak kisah inspiratif perusahaan yang meskipun diterpa badai pandemi, tidak sampai roboh. Tentu, mereka dipimpin oleh para pemimpin dengan visi yang kokoh. 

Berita soal perbankan ada di kategori Finance. Tapi ada juga artikel tips mengelola keuangan supaya balance. Menarik juga, kan, Parents

Btw, berita di FORTUNE® Indonesia emangnya tentang bisnis dan keuangan aja? Engga dong, Say. Di kategori News ada berita politik, kesehatan, industri, energi dan internasional yang cocok untuk menemani senja. Gimana, udah siap kita minum teh satu meja?

Buat kaum melek teknologi, harus baca berita terkini di kategori Tech. Berita gadget, software, AI, aplikasi dan teknologi terbaru ngumpul di sini semua, deh.

Perbankan yang dilandasi hukum Islam juga dibahas khusus oleh artikel-artikel di dalam kategori Sharia. Kalau pingin bermimpi beli barang mewah, coba tengok artikel di kategori Luxury, ya. Isinya tentang barang mewah, gadget, travel, hotel, dan kuliner yang kalau di share ke Instagram otomatis dicap kaya raya.

Menarik semua, kan kategorinya? Sekarang saatnya mamak kasih skor buat situsnya FORTUNE® Indonesia. 

Penilaian Jujur Mak Ilma

Udah keliling-keliling istana onlinenya FORTUNE® Indonesia, mamak ini akhirnya punya gambaran. Secara umum, situs ini keren punya ye, kan. Beritanya lengkap gak ketulungan. Etapi tapi... Ada hal yang bisa dipertimbangkan. 

Media bisnis IDN Media

Misalnya, karena ini situs yang diisi oleh tim, kadang kadar kualitas tulisan tidak sama. Maksudnya, ada yang panjang banget ada yang singkat saja. Pun pemilihan gambar yang kadang secukupnya. Hanya tampil satu gambar dan dari situs penyedia gambar gratis aja. 

Bukannya gak boleh sama sekali. Cuma, buat mamak bloger amatir aja dituntut masukin gambar/infografis yang menarik dan dibuat sendiri pakai aplikasi. Media besar kayak FORTUNE® Indonesia harusnya bisa punya gambar dokumentasi sendiri dari fotografer ahli. Apalagi pakai gambar yang sama untuk beberapa artikel kayak di infografis. Wah sebaiknya, punya stok gambar yang banyak biar ciamikk. 

Yak, mamak dah seneng diajak jalan-jalan di situsnya FORTUNE® Indonesia. Mending juga baca berita bisnis daripada bergosip ria. Apalagi beritanya berkualitas dan bikin otak tambah cedas. Mantap djiwaa!

Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.

Related Posts

1 komentar

  1. Aku ngulik sejarahnya, eh dapat lengkapnya di sini. Ini baru mantap. Untung bukan nulis tentang sejarah daku hihi

    BalasHapus

Posting Komentar