Ilma Hidayati Purnomo

Pindah Sekolah Anak

Barangkali ada teman-teman yang tiba-tiba nyadar, eh kok Ilma jarang keliatan di grup, ya? Medsosnya juga gak aktif. Itu karena kami mau pindah ke Bellevue, WA (sebelahnya Seattle).

Ya udah, pikiranku gak bisa diisi yang lain lagi selain keperluan pindahan. Inilah step pertamanya. Cari sekolah buat anak.

Kriteria Sekolah

Pastinya cari sekolah yang berkualitas, dekat dari masjid yang punya sunday school-nya, dan ada accelerated program. Kenapa harus ada accelerated program? Sayang aja, anakku udah di gifted program sekarang (kelas akselerasi juga). Kalau masuk kelas biasa sesuai umur, dia jadi kayak ngulang pelajaran yang sama tahun depan.

Ternyata sekolah di Bellevue School District (BSD) beda dengan Chicago Public School. Kalau di sini, pendanaan setiap sekolah bisa berbeda jadi kualitasnya berbeda pula. Sedangkan di BSD semua sekolah mendapatkan pendanaan yang merata. Kualitasnya hampir sama.

Terus, request-nya pak suami, cari sekolahnya boleh sampai sejam dari kantor. Alasannya biar dapet apartemen yang murah di sekitar sekolah.

Hmm, sebenernya Bellevue aja udah tergolong suburb, meskipun termasuk silicon valley-nya Washington State. Di BSD bahkan cuma ada sekitar 16 sekolah dasar untuk 16 neighborhood. Jadi, satu kecamatan cuma ada satu sekolah. Kalau ke daerah makin jauh lagi bukannya makin gak ada sekolah?

Okelah kita bahas lebih rinci soal kualitas:
1. Rangking, ini data saklek yang bisa dicari di internet
2. Program yang ditawarkan, minimal ada Accelerated program
3. Diversity. Sudah dua kali anakku masuk sekolah yang mayoritas orang kulit item. Yang pertama, 68% dan yang kedua 98%. Anehnya, aku justru merasa aman. Toh baik aku maupun orang kulit item kan sama-sama minoritas. Lagian aku liat anak-anak di gifted program sekarang bukan tipe anak kulit item yang suka teriak-teriak gak jelas dan sikapnya buruk. Clearly, they are from selected African-American families

Nah, sekarang aku jadi ragu masukin anakku ke sekolah yang mayoritas anak kulit putih (karena di Bellevue orang kulit item itu minoritas banget). Kenapa? Karena white superiority itu nyata! Yah, liat aja konflik di Gaza. Bukannya itu ujung masalahnya di superioritas orang kulit putih? Dukungan Amerika, tutup mulutnya para aktivis HAM dari kalangan kulit putih. Ah, sudahlah ...

Kalau orang kulit item biasanya jahat karena miskin. Kalau orang kulit putih itu jahat karena sombong. Lebih parah, kan?

Syukurnya, Bellevue itu didominasi oleh dua kubu: orang kulit putih dan Asian. Yee ha! (Data kependudukan Bellevue bisa dilihat di sini.)
4. Dekat masjid. Anakku makin besar dan dia harus didekatkan dengan komunitas muslim.

Riset Rangking Distrik Sekolah

1. Bellevue School District (BSD)

Lokasi tepat di kota yang sama dengan kantor. Menurut WA Business Alliance dan niche.com, BSD rangking 1 se-Washington State, tapi menurut School Digger nomor 14.

Secara akademik score-nya A (79% proficiency reading, 73% proficiency math). Kebanyakan siswa lanjut di University of Washington meskipun ada juga yang sampai UCLA, UC Berkeley, atau CMU. Terus, jurusan kuliah yang diminati .... Computer Science menempati rangking kedua.

Lahya bener aja atuh. Ini kan silicon valley-nya Washington. Bapak-ibu anak-anak ini kerjanya di IT. Anaknya dijeblosin ke IT lagi lah. Apalagi banyak orang Asia. Orang tua Asia kan suka nge-push anaknya. Logis.

Penasaran jurusan yang paling diminati apa? Business. Klasik!

Diversity score-nya A (yakan penduduknya hampir 50% kulit putih, 50% Asian). Dan ternyata ... pas masuk Bellevue School District (ini berarti khusus public school ya), 44% Asian, 28% white awokwokwok. Sekolah di Amerika rasa sekolah di Tiongkok.

Udah liat bagus-bagusnya, sekarang coba liat jelek-jeleknya. Katanya sih kenapa di BSD itu bagus, karena orang tuanya sanggup bayar tutoring. Sekolahnya mah biasa aja. Anak-anaknya yang emang pinter. Lah, bagus dong? Bukannya SMA 3 Bandung dan ITB juga gitu? Yang penting kan ekosistem belajarnya diisi sama anak-anak pinter jadi timbul persaingan sehat.

2. Mercer Island School District

Lokasi di pulau yang dikelilingi lake antara Seattle dan Bellevue. Masih deket dari kantor, cuma 4 miles.

Menurut niche.com rangking 2. Menurut WA Business Alliance rangking 3. Menurut School Digger rangking 1.

Secara akademik score-nya A (87% proficiency reading, 83% proficiency math). Kebanyakan siswanya lanjut ke University of Washington. Mirip-mirip sama Bellevue.

Yang kurang enak, diversity-nya 53% white, 25% Asia. Pilihan apartemennya dikit, mahal, jadul pula. Gak Ada masjid! Astagfirullah. Dah, lah coret.

3. Lake Washington School District

Lokasinya di utara Bellevue. Dari kantor sejauh-jauhnya cuma 20 menit naik mobil. Di sini termasuk banyak kota di dalamnya. Jadi aku harus menilai lebih detail.

Menurut niche.com rangking 3. Menurut WA Business Alliance rangking 5. Menurut School Digger rangking 4.

Jumlah sekolah dasarnya ada banyak, sampai 32 sekolah. 

Secara akademik score-nya A (85% proficiency reading, 79% proficiency math). Kebanyakan siswanya lanjut ke University of Washington, dll. Mirip-mirip sama Bellevue. Tapi ini lebih parah. Top jurusan kuliah yang diminatinya: Computer Science. Yeu lah ... Ada kantor Google di sana.

Diversity-nya bersaing antara White sama Asia. Hampir 50%-50%. Masih oke lah.

Masjid juga banyak. Ini harus ditelaah satu-satu masjidnya gimana dan sekolahnya gimana. Bahkan ada Nicola Tesla STEM High School di sini. Fix ini harusnya kayak SMA 3 Bandung.

Ya udah, sepertinya aku cukup pilih dari Bellevue School District dan Lake Washington School District (ini aja aku harus milih masing-masing satu dari total 50an sekolah -_-).

Langsung Pilih Sekolah Aja

Daripada pusing liat district-nya, aku langsung coba liat rangking sekolahnya aja lah. Ini termasuk juga liat kemungkinan sekolah swasta islam. Oh dari yang gampang dulu, sekolah swasta islam karena cuma ada 3 biji di sekitar sana!

1. Medina Academy, Bellevue, WA

Situsnya medinaacademy.org yang sayangnya kurang lengkap dan kurang di-update walaupun kalau search di Google hasilnya lumayan banyak. Jadi langsung kita skip ke biaya aja yah!


Aduh, udah hampir $9000 sendiri buat satu anak pertahun, ya. Mana private school itu nggak jelas ada standardisasinya apa nggak. Kok kayaknya mending di sekolah negeri terbaik terus ikut sunday school di masjid, ya? Yakin deh, per bulannya paling cuma $100 sampai $200an.

2. AbuBakr Academy, Tukwila, WA

Situsnya abubakracademy.org yang nampak lebih bagus dan di-update. Tapi gak ada informasi biayanya coba!

3. Cordoba Academy, Lynnwood, WA

Situsnya https://www.cordobaacademy.org/ yang nampak lebih bagus lagi. Mari kita lihat informasi biayanya guys.

Ternyata informasi biayanya ada di situs lain khusus buat pembayaran.

Ini agak mendingan lah ya, hampir $6000an setahun (gak tahu kalau ada biaya lainnya deh).

Biar postingan ini gak kepanjangan dan jadi satu postingan setoran bulanan, next aku bahas soal public school yang menarik untuk aku kulik-kulik.

Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.

Related Posts

Posting Komentar