Ilma Hidayati Purnomo

Pindah Sekolah Anak (Part 2)

Sekarang saatnya mendata Public Elementary School terbaik di sekitaran Bellevue. Data aku ambil masih berdasarkan tiga situs: niche.com, wabussinessalliance.org (WABA), dan schooldigger.com (SD). Oh ya, aku juga bakal akses report card sekolah dari https://washingtonstatereportcard.ospi.k12.wa.us/

Daftar Sekolah Negeri Bagus di Bellevue

1. Spiritridge Elementary School, Bellevue

Di WABA rangking 1. Di niche rangking 35. Di SD rangking 28. Hmm aneh.
Mayoritas siswanya Asian, tapi di Phantom Lake Neighborhood, yang agak bahaya (rangking 10 dari yang paling bahaya sih).

Tahun ini 560+ siswanya. 81% mencapai standar di ELA (English Language Art), 83% mencapai standar di matematika, dan 87% mencapai standar sains.

37% Asian, 30% White. Ada low income family 18%. Ada homeless juga. Tapi 100% bukan migrant.

Sayangnya lagi, jauh dari masjid. Btw soal masjid, ternyata aku harus periksa satu-satu karena bisa jadi masjidnya Syiah!

2. Medina Elementary School, Bellevue

Di WABA rangking 2. Di niche rangking 51. Di SD rangking 2.
Mayoritas siswanya Asian. Lokasinya di Medina Neighborhood yang termasuk aman, tapi sebelahan sama Downtown yang paling gak aman.

Tahun ini 555 siswanya. 94.5% mencapai standar di ELA (English Language Art), 94.1% mencapai standar di matematika, dan 94.3% mencapai standar sains. Wagilasih ini. Sayang jauh dari masjid.

72% Asian. 3% low income. 100% non-migrant. Kemungkinan besar ini daerah orang kaya yang semua anaknya DILESIN.

3. Clyde Hill Elementary School, Clyde Hill

Di WABA rangking 3. Di niche rangking 66. Di SD rangking 59.
Mayoritas siswanya Asian. Lokasinya di Clyde Hill Neighborhood yang termasuk aman, di utaranya Medina.

Tahun ini 636 siswanya. 78% mencapai standar di ELA (English Language Art), 80% mencapai standar di matematika, dan 77% mencapai standar sains. Masih jauh dari masjid.

Eh bro, di sini ada non-binary students! 48% Asians, 25% White. 21% Low income. 4% Homeless.

Nah kan, harus cek satu-satu punya program apa aja sekolahnya wkwk

4. Somerset Elementary School, Bellevue

Di WABA rangking 4. Di niche rangking 55. Di SD rangking 5.
Mayoritas siswanya Asian. Lokasinya di Clyde Hill Neighborhood yang termasuk aman. Paling deket dari kantor pula, cuma 10 menitan. Sayangnya jauh dari masjid.

Tahun ini 714 siswanya. 87% mencapai standar di ELA (English Language Art), 89% mencapai standar di matematika, dan 90% mencapai standar sains.

Ini sekolahnya Asian, 73%! Yang low income cuma 6.2%. Para cina kaya ini mah.

5. Cherry Crest Elementary School, Bellevue

Di WABA rangking 5. Di niche rangking 44. Di SD rangking 3.

Mayoritas siswanya Asian. Lokasinya di neighborhood yang termasuk aman. Deket dari masjid. Alhamdulillah!

Tahun ini 567 siswanya. 93% mencapai standar di ELA (English Language Art), 91% mencapai standar di matematika, dan 93% mencapai standar sains.

70% Asians, Non- English Learner, bukan Low Income, bukan Immigrant. Phew. Kayak lagi saingan di mainland tapi ini di US.

6. Christa McAuliffe Elementary School, Sammamish

Di niche rangking 14. Di SD rangking 4.

Lokasinya paling jauh, di Sammamish. Sepertinya paling aman. Sayangnya masih lumayan jauh juga dari masjid, 4 mile. Soalnya di Sammamish masjidnya cuma satu. Hiks. Tapi ke kantor gak jauh banget. Cuma 10 mile. Enaknya lagi, ini kan termasuk luar kota Bellevue.

Tahun ini 485 siswanya (termasuk dikit nih). 91% mencapai standar di ELA (English Language Art), 91% mencapai standar di matematika, dan 88% mencapai standar sains.

57% Asians. Secara diversity ini oke. Bahkan masih hampir gak ada low income dan homeless.

Tertarik nih!

7. Sunrise Elementary, Redmond

Di niche rangking 19. Di SD rangking 8.

Lokasinya di utara, di Kota Redmond. Termasuk aman. Harusnya sih gitu, orang ini tuh di kawasan horang kayah. Orang-orang pada pake mobil BMW, Mercedes, Audi. Tapi agak susah cari hunian.

Tahun ini 376 siswanya. Parah sih ini dikit banget. Kayaknya gara-gara orang-orang lebih milih nyekolahin anaknya ke swasta wkwk. Agak deket dari masjid. 

94% mencapai standar di ELA (English Language Art), 91% mencapai standar di matematika, dan 88% mencapai standar sains.

8. Benjamin Franklin Elementary, Kirkland

Di niche rangking 59. Di SD rangking 98.

Lokasinya di Kirkland. Pas di neighborhood gak aman. Mampus.

Kok aku tambah pusing yak. Sekolahnya bagus, kalau gak di neighborhood gak aman, berarti di neighborhood yang isinya horang kayah. Mau gak mau harga rent pun tinggi.

Btw, karena aku agak lelah dan iseng, jadi aku langsung meluncur ke Google Maps. Semua masjid udah ditandain. Aku search public school. Lah ternyata sekolah yang deket-deket ke masjid malah pada zonk. Sama aja standarnya kayak sekolah-sekolah di Hyde Park. Masa mau ke sekolah jelek lagi, dah?

Keputusanku

Berhubung sekolah ada buanyak dan nyatet satu-satu di tulisan begini sangat tidak efektif, aku coba buat dalam bentuk excel aja dah. Di sana, aku buat ceklis-ceklis apa aja yang jadi kriteriaku.

Ternyata, Minggu malam, setelah diskusi sama suami. Ditentukan banyak hal.
1. Cari di sekitar Issaquah atau Sammamish aja karena harga rent apartemen yang terjangkau di sekitar situ
2. Selain itu, lokasi Issaquah dan Sammamish agak selatan. Jadi kalau mau pergi kerja nggak jauh dan nggak perlu melewati kemacetan di Bellevue
3. Kualitas sekolah masih oke. Rangking di School Digger sekitar 100an dari 1000an sekolah di Washington State. Kata suami, gak perlu sekolah yang terlalu bagus. Kalau saingannya terlalu ketat, anak bisa stres
Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.

Related Posts

Posting Komentar