Ilma Hidayati Purnomo

Pengalaman Women Annual Health Exam

Jadi, udah setahun terakhir haidku kacau. Bukan jadwalnya yang kacau, tapi aliran darahnya. Hari pertama, cuma sekali ngeflek terus bersih seharian. Besoknya baru ada lagi. Baru bener-bener keluar di hari kelima. Alhasil, haidku jadi 10 harian dan kadang ada gumpalan juga. 

Karena somehow asuransiku masih aktif, aku coba aja pakai. Aku bikin appointment di Obgyn klinik Friend Health yang baru. Ternyata cuma nunggu 2 mingguan. 

Kamis, 3 Agustus aku dateng ke klinik sekitar jam 1 siang. Habis check in, nunggu sebentar lalu namaku dipanggil suster. Aku masuk ke lorong dan diminta ngasih sampel urin. 

Bagus sih klinik baru ini. Bersih dan canggih. Di setiap pintu ruangan untuk periksa pasien ada layar yang nunjukin dokter siapa yang bertugas dan info lainnya. Biasanya cuma kertas aja. 

Terus aku masuk ke ruangan. Habis timbang berat badan terus ukur tekanan darah. Lalu ditanya-tanya dikit. Habis itu, aku diminta melepas semua pakaian dan pakai gaun kertas gitu wkwk

Tentu saja, susternya keluar ruangan meninggalkan aku sendirian pas buka-bukaan.

Nunggu beberapa menit, datanglah suster. Di sini istilahnya APN (assistant practitioning nurse). Bukan dokter. Dia yang melakukan pemeriksaan dan memberi arahan harus tes apa aja. Kayaknya sih hasil tesnya dan diagnosisnya tetep ditegakin sama dokter. 

Dia dateng langsung nyambut dengan ramah. Gak cuma bilang, hello, how are you doing? Dia juga bilang, duh maaf ya, ruangannya dingin banget. Harusnya adem aja biar gak keringetan tapi kok sampai dingin banget gini. Bener-bener warm and friendly. 

Terus dia tanya, ke sini buat wellness visit aja? Aku cerita lah panjang lebar soal siklus menstruasiku. Aku udah nyatet secara detail siklus terakhir dan seluruh siklus sejak pertama kali haid setelah melahirkan.

Komentar-komentar yang dilontarkan Ms. Fallon (orang kulit item) itu bener-bener membuatku merasa didengerin. Mulai dari bilang, wow aku baru pernah lihat catetan siklus haid sedetail ini. Terus pas dia tahu haidku seringnya 10 harian, dia bilang, wah ini sih lama banget. 

Untuk sementara, dia belum bisa bilang apa penyebabnya. Bisa jadi IUD-nya, bisa jadi hormonal juga. Jadi, aku diminta USG dulu dan tes darah untuk itu. Nah untuk hari ini, aku bakal menjalani annual exam. 

Pertama, dia cek payudara aku apakah ada benjolan. Syukurlah gak ada. Kedua, ngeliat bagian bawah sana. Pap smear sama kondisi uterus.

Dia sopan dan sabar ngasih tau mau tindakan apa terus ngasih tau kalau mau masukin sesuatu ke bawah sana. Minta maaf juga kalau sakit. Soalnya pas cek uterus, waktu dia pencet satu titik di perut bagian kiri emang berasa sakit sih. 

Udah deh. Aku keluar. Ambil darah, ambil ibuprofen buat ngurangin sakit haid. Tinggal nunggu jadwal USG di RS kampus.

Kalau dipikir-pikir, klinik yang murah dan melayani orang-orang yang berpenghasilan rendah justru lebih sabar dan menyamankan, deh. Mungkin karena banyak pasien lainnya yang menguji kesabaran. Jadi ngadepin aku yang baik dan anteng gini mah cetek yaa haha

Aku masih gak seneng sama dokter gigi di klinik Smile kemarin ckck

Update: tanggal 21 Agustus kemarin baru dapat message, ternyata hasil tes darah menunjukkan aku anemia. Hemoglobin-ku cuma 9-an, padahal batas normalnya hampir 12. Jadi, aku diresepin tablet zat besi (Ferrous Sulfate 325 mg - 65 mg iron) dan stool softener "Colace" 100 mg. Soalnya kalau minum tablet zat besi bisa bikin sembelit. Kedua tablet itu aku konsumsi dua kali sehari.

Update lagi: tanggal 20 September aku dateng ke Uchicago medicine buat ultrasound. Sesinya berjalan selama 15-20 menit buat USG biasa dan transvaginal. Terus, operatornya keluar buat nanya ke dokter soal posisi IUD-nya.

Dokter itu dateng dan jelasin kalau posisi IUD aku terlalu rendah dan not protecting from pregnancy. Wuaduh, aku tanya dong, ntar sama dokternya bisa dibenerin gak? Gak bisa. Harus dicabut dan dipasang yang baru. Wuaduh nomor 2 nih. IUD copper harganya $1k coy

Jadi aku disuruh pakai KB jenis lain dan segera follow up ke dokternya. Aku kan jadi heran, kenapa di sini habis pasang IUD kagak ada kontrol ulang pakai USG. Jangan-jangan ini juga yang dulu bikin kebobolan padahal udah pakai KB spiral

Tanggal 2 Oktober jadwal aku balik ke Friend Health. Paginya aku coba cek akun Medicaid di abe.illinois.gov. Status redetermination-nya cuma Submitted. Gak ada notice baru.

Aku coba telpon County Care, dia bilang masih aktif. Terus telponku di transfer ke bagian Medicaid Administration (yang mana kudu nuggu setengah jam dulu). Dibilang kalau masih aktif. Kalau misalnya gak eligible, harusnya ada notice tanggal 30 September udah gak bisa dipake.

Mungkin masih belum terbit decision-nya. Jadi masih bisa dipake sampai ada surat decisionnya.

Pede lah aku pergi ke Friend Health. Gak bayar sih.

Di sana dijelasin kalau memang posisi IUD aku tidak benar, terlalu ke bawah. Alasannya mungkin karena waktu itu pasangnya baru dua bulan habis lahiran. Mungkin rahimnya masih menyusut. Alasan lainnya karena haidku panjang, lapisan dindingnya tebal jadi butuh kontraksi rahim yang kuat dan lama. Makanya jadi ngedorong IUD ke bawah.

Disarankan kalau mau pakai IUD lagi, yang hormonal. Karena mengurangi haid (bisa sampai gak haid juga), jadi rahimnya gak banyak berkontraksi. Posisinya cenderung stabil.

Aku juga cerita soal UTI: anyang-anyangen, sakit pas buang kemih. Diresepin antibiotik phenazopyridine 100 mg yang diminum 3 kali cuma dalam dua hari. Aku juga harus minum air putih banyak banget.

Next, aku coba bikin janji sama yang pasangin IUD dan cobain annual physical exam. Mumpung asuransi masih aktif hihi

Update: tanggal 17 Oktober ke klinik buat cabut IUD sekarang dan pakai IUD hormonal. Taunya, pas paginya tuh ditelpon, IUD nya gak sedia di klinik. Lah aku gak denger

Alhasil cuma dateng buat konsul. Katanya sih IUD hormonal ini progesteron aja dan lokal. Tidak akan memicu tekanan darah tinggi yang buatku disinyalir genetik kan... 

Karena aku gak pingin ada proses dua kali (sekarang cabut IUD, ntar pasang lagi), jadi aku biarin dulu yang sekarang sambil pakai pill progesteron aja. Semoga ga lupa

Akhirnya cobain minipil. Lupa minum gara2 lagi bayar utang puasa. Besoknya langsung haid deras padahal belum 15 hari dari haid terakhir. Kapok deh pakai hormonal wkwk 

28 November 2023 akhirnya cabut IUD lama dan pasang yang baru, sama-sama copper IUD, Paragard. Lebih berada keram gitu ga tau kenapa. Tapi masih bisa ditangani lah sakitnya


Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.

Related Posts

Posting Komentar