Ilma Hidayati Purnomo

Mencari TK Montessori Berbasis Islam? Albata Solusinya!

“Jadi, cucu Oma udah mau sekolah, belum?” Tanya Oma kepada Razin, putra sulung kami.

Mendengar pertanyaan itu, Mama Razin cuma bisa tersenyum. Hmm, Oma belum tahu ya, kami masih sibuk cari-cari sekolah? Eits, tapi setelah melalui banyak pertimbangan, ternyata Islamic Montessori Kindergarten (TK) Albata dirasa cocok. Yuk, simak pengalaman kami mencari TK Montessori berbasis Islam.


Apa Itu TK Montessori Berbasis Islam?

TK Montessori adalah program pendidikan untuk anak usia usia dini yang menerapkan metode belajar Montessori. Metode ini dikembangkan pada tahun 1900an oleh Dr. Maria Montessori di Italia. Metode Montessori kini mulai banyak diterapkan di sekolah maupun oleh orang tua di rumah sebagai alternatif dari metode konvensional.

Dalam pembelajaran berbasis Montessori, guru berperan sebagai fasilitator, yaitu menilai kebutuhan anak, menyediakan alat peraga yang diperlukan anak, serta membimbing anak supaya anak bisa menggunakan alat tersebut secara mandiri. Jadi, metode Montessori bisa dianggap metode belajar yang berpusat pada anak di mana ia memilih sendiri apa yang ingin dipelajari dan mendapat kebebasan bereksplorasi atas materi yang ingin dikuasanya.

Metode belajar ini dianggap memberikan kebebasan yang bertanggung jawab bagi anak dibandingkan metode konvensional di mana anak akan duduk diam menyimak guru mengajar. Apalagi ketika metode Montessori digabungkan dengan pembelajaran Islam, metode belajar yang menyenangkan bagi anak ini akan memberikan dampak yang lebih baik lagi.

Ketika anak usia balita belajar dengan metode Montessori berbasis Islam, ia akan belajar tentang menjadi muslim sejak dini dengan cara yang menyenangkan. Harapannya, kelak anak akan menjadi muslim yang beriman, berakhlak mulia, dan cerdas.

Bagaimana Pengalaman Kami Mencari Sekolah Montessori Berbasis Islam?

Ketika anak pertama kami, Razin, menginjak usia 4 tahun, kami mulai berpikir untuk menyekolahkannya. Razin belum pernah masuk sekolah manapun sebelumnya. Ia kami ajari sendiri di rumah dengan berbagai buku maupun alat bantu sederhana yang kami punya. Semakin bertambahnya usia Razin, kami merasa ini saatnya ia menimba ilmu di sekolah.

Pertimbangan kami adalah jarak sekolah ke rumah, lokasi sekolah, metode belajar yang digunakan, kualitas sekolah, dan biaya yang akan dikeluarkan. Setelah melakukan banyak pencarian, sayangnya, belum ada sekolah Montessori berbasis Islam di daerah kami. Seandainya kami tinggal di Surabaya, tentu kami tertarik dengan Islamic Montessori Kindergarten (TK) Albata.

Mengapa Kami Tertarik dengan Islamic Montessori Kindergarten (TK) Albata?

1. Kurikulum yang Komprehensif

TK Albata menyediakan kelas Montessori berbasis Islam seperti yang kami inginkan. Kurikulum dan materi pembelajaran yang disampaikan berdasarkan Qur’an dan Sunnah. Penggunaan metode Montessori menjamin anak akan belajar dalam suasana yang menyenangkan.

Kurikulum yang yang diajarkan mencakup Tauhid, Adab & Akhlak, Fiqih, Tartil (Belajar Mengenal Huruf Hijaiyah hingga Membaca Quran), Tahfidz (Hafalan Quran), Kurikulum Montessori (Practical Life, Sensorial, Math, Language, Culture), Trilingual (Indonesia, Bahasa Arab, Bahasa Inggris). Bagi kami, materi ini sudah lengkap sekali.

2. Suasana Kelas yang Kondusif

Guru yang akan mengajar di kelas adalah ustadzah terbaik yang diseleksi dari universitas ternama. Rasio murid dengan pengajar di dalam kelas juga sangat rasional, yaitu maksimal 15 anak dengan dua pengajar. Hal ini akan menjamin setiap anak akan mendapat perhatian yang maksimal dari gurunya. Selain itu, kelas juga didukung dengan tools Montessori yang lengkap.

3. Lokasi yang Aman

Untuk pembelajaran offline, Islamic Montessori Kindergarten (TK) Albata berlokasi di Jalan Babatan Indah B9 No.1 Surabaya. Sekolah ini berada di wilayah perumahan sehingga orang tua akan merasa aman menitipkan anaknya. Orang tua tidak perlu cemas sang anak akan berada di pinggir jalan besar ketika mengantar dan menjemputnya.

4. Biaya Terjangkau

Karena kelas Montessori memerlukan banyak alat peraga, sangat wajar jika sekolah Montessori akan mematok biaya pendidikan yang tinggi. Namun, berbeda dengan TK Montessori Albata. Biaya pendidikan di sini cukup terjangkau untuk standar sekolah Montessori berbasis Islam.

Biaya untuk program Kindergarten sebagai berikut:
  • Enrollment: Rp 500.000
  • Facility Usage: Rp 9.000.000
  • Uniforms: Rp 850.000
  • Monthly Tuition: Rp 900.000

Kesimpulan

Mencari sekolah untuk menjamin pendidikan terbaik bagi anak kita memang tidak mudah. Namun, kini sudah hadir sekolah yang menggunakan metode belajar yang menyenangkan dan berbasis Islam, yaitu Islamic Montessori Kindergarten (TK) Albata yang berlokasi di Surabaya.

Sekolah Montessori ini sudah dilengkapi dengan kurikulum komprehensif dan suasana kelas yang kondusif, sehingga orang tua akan merasa aman, percaya, dan yakin anak akan belajar dengan baik di sekolah. Apalagi penanaman aqidah Islam juga ada dalam kurikulumnya. Bisa terbayang ya, anak belajar tentang Islam sejak dini dengan cara yang menyenangkan? Insya Allah, anak akan mencintai agamanya dan Rabb-nya sejak dini.

Untuk Ayah Bunda yang tinggal di Kota Surabaya, Mama Razin sangat merekomendasikan Islamic Montessori Kindergarten (TK) Albata sebagai tempat belajar putra-putrinya yang berusia 3-6 tahun. Apabila Ayah Bunda ingin mendapatkan brosur atau berkonsultasi dahulu, bisa langsung menghubungi WhatsApp di nomor (+62)811334436 atau menghubungi lewat emai ke assalamualaikum@albata.id.

Mudah-mudahan rekomendasi Mama Razin bermanfaat untuk Ayah Bunda, ya! Yuk, kita pastikan anak-anak kita mendapatkan pendidikan terbaik yang bisa membuat mereka mencintai proses belajar dan mencintai agamanya. Dengan begitu, kita sedang mencetak para khalifah terbaik di muka bumi.
Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.

Related Posts

46 komentar

  1. Dulu, metode Montessori ini berada alami aja berjalan seiring tumbuh kembang anakku. Tapi, bertambah adik, baru terasa bahwa beberapa butuh diusahakan. Adanya sekolah yang mendukung begini sangat memudahkan.

    BalasHapus
  2. Kurikulumnya beneran lengkap dan mencakup semua ilmu yang dibutuhkan generasi muslim. Adanya sekolah seperti Albata ini jelas dibutuhkan setiap orang tua yang berminat mendidik buah hati sejak dini terkait Akhlakul Karimah

    BalasHapus
  3. duh senangnyaaaa....
    Dulu, sewaktu anak2 saya masih kecil, im pian banget untuk masukin mereka ke sekolah montessori
    Sayang gak ada. Cara mendidik dengan metode montessori ini hanya ada di group FB
    SElamat ya, ananda bisa sekolah di montessori yang mengoptimalkan bakat dan minat mereka

    BalasHapus
  4. Penasaran banget, apakah Islamic Montessori Kindergarten (TK) Albata hanya ada di Surabaya?
    Anak-anak juga seneng kalau dapat pendidikan berbasis Montessori. Karena fitrah belajar dan mematuhi aturan bisa ditumbuhkan dari permainan seru yang diarahkan oleh sang fasilitator.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya ada di kota besar lain selain di Surabaya sih, jadi lebih mudah untuk dijangkau dan mendapatkan pendidikan yang baik untuk ananda kak

      Hapus
  5. Jujur ya Mbak, saat melihat angka, saya agak kaget lho, karena diluar perkiraan. Kirain sampai sejutaan untuk bulanannya, karena kan bagus banget, ya. Apalagi metode Montesori itu fokus ke anak dan menggali kreativitas anak, guru serta orangtuanya

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah ada sekolah montesori yang berbasis islam. Karena biasanya sekolah montesori, umum atau pun lebih ke kristen ya. Krn anakku dl masuk montesori dan berbasis umum agamanya. Jd y g diajarkan berbau2 doa secara islam.

    BalasHapus
  7. Aku jadi tertarik untuk menyekolahkan anakku nanti di sekolah Montessori. Di dekat rumahku ada sekolah Montessori untuk umum, tapi lebih banyak orang Nasrani di sana Dan juga ada pelajaran agama Kristen. Kalau untuk Montessori berbasis Islam di Medan , aku belum tahu di mana

    BalasHapus
  8. Wah sangat bermanfaat banget sharingnya. Kebetulan juga lagi mempersiapkan sekolah untuk anak. Saya masih awam sebenarnya dengan metode montessori, tapi sedikit paham dari sini. Bisa jadi referensi yang bagus selain juga merupakan sekolah berbasis islami. Walaupun lokasinya tidak bisa dibilang dekat sekali dari rumah, tapi mungkin bisa dicoba. Apalagi kalau pas ada kelas trialnya. Hehe.

    BalasHapus
  9. wah bisa jadi pilihan para mom yang ingin menyekolahkan anaknya ke tk montessori berbasis islam ya, biayanya juga menurut saya masih sangat affordable ya

    BalasHapus
  10. Montesori terkenal dengan kurikulumnya yang bagus dan membantu mengasah kreativitas serta cara berpikir anak, dengan diselenggarakannya kurikulum Montesori berbasis Islam untuk TK, pastinya akan semakin banyak anak yang bisa mengasah cara berpikirnya berlandaskan napas Islam.

    BalasHapus
  11. Wah, berarti Mbak amat beruntung nih bisa mendapatkan sekolah yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Dengan biaya yang affordable pula. Itu berkah banget, Mbk.

    BalasHapus
  12. Mencari sekolah anak apalagi anak TK memang harus teliti ya. Aku pernah ngalamin yang namanya anak TK disuruh hitung penambahan dan kurikulum islaminya kurang. Walhasil cukup setahun aja disitu milih pindah.

    BalasHapus
  13. Sekolah montessori memang beda cara pengajarannya ya kak sama sekolah konvensional, semoga bisa lebih banyak sekolah montessori di kota saya

    BalasHapus
  14. Aku pengen banget nyekolahin anakku di tempat seperti ini karena memang cita citaku tapi sayangnya aku tinggal di kampung dan tidak ada tempat tk seperti ini hanya tk biasa

    BalasHapus
  15. Keren deh di Surabaya ada TK Montessori yang berbasis islam, secara memang jarang banget yang mengadopt sistem ini, karena hasilnya bagus banget buat pendidikan anak ya. Harga sekolahnya juga tidak terlalu mahal kak (iidyanie.com)

    BalasHapus
  16. Saya pengen banget menyekolahkan anak usia dini kami di sekolah montessori. Kadang sih mencoba meniru tips/trik yang ada karena menurut saya sangat menyenangkan. Sekolah di sana akan lebih membuka wawasan dan kreatifitas anak (dan ibunya)

    BalasHapus
  17. Senangnyaaa bisa menjadi bagian dari sekolah TK berbasis islamic montessori. Kebayang bagaimana serunya anak-anak belajar sambil bermain. Kapan hari pun aku mencari-cari kindergarten begini yang lokasinya nggak terlalu jauh untuk dijangkau. Sayang sekali belum berhasil ketemu.

    BalasHapus
  18. Aku tahu sekolah Montessori ini dari sekolah dekat kantor suami. Pas dikasih tahu program belajarnya jadi mupeng. Tapi tahu harga bulanannya di sana juga bikin auto maju mundur. Eh lihat biaya bulanan di sekolah ini kok ya masih relatif terjangkau. Kece lah... ❤️

    BalasHapus
  19. Sekolah montessori udah banyak, tapi yang berbasis Islam tuh memang baru beberapa yang aku denger. Udah montessori, berbasis Islam, biayanya juga masih termasuk murah ya. Thank infonya, Mbaa..

    BalasHapus
  20. Untuk sekarang, memang agak sulit ya temukan sekolah dengan nilai islam, tapi berani berikan fasilitas yang super lengkap. Untuk biayanya, saya rasa ini cukup terjangkau di banding TK lainnya..

    BalasHapus
  21. Bagus sekali ini Albata TK Montessori yang berbasis Islam. Bisa ajdi pilihan untuk anak-anak kita mendapatkan pendidikan terbaik yang bisa membuat mereka mencintai proses belajar dan mencintai agamanya.

    BalasHapus
  22. Perpaduan antara kurikulum berdasar Quran Hadist dengan kurikulum Montessori di Albata adalah langkah maju dalam pengaplikasian kurikulum. Perpaduan kurikulum modern tanpa menanggalkan syariat agama, pastinya cocok banget untuk para orang tua muslim sebagai rekomendasi terbaik untuk tempat belajar anak-anak

    BalasHapus
  23. keren nih TK berbasis islam ala Albata. Mereka gak hanya fokus ngajarin bahasa arab tapi juga bahasa inggris. Trilingual ya.
    Kebanyakan yang saya lihat, sekolah islam itu kayanya anti banget pelajari bahasa inggris.

    BalasHapus
  24. Kurikulum berbasis Keislaman seperti di Albata TK Montessori ini memang sedang banyak diincar para orang tua muslim saat ini ya. Pasalnya usia dini memang penting sebagai fase untuk menanamkan pendidikan keagamaan pada ana.

    BalasHapus
  25. Meski masih hamil, aku udah kepikiran soal TK-nya anakku wkwk. Karena deket rumah itu ada sekolah yang aku sendiri tahu gimana proses pengajarannya, jadi mau masukin anak ke sekolah lain. Tapi masih belum pasti mau sekolah di mana,

    BalasHapus
  26. Sering banget baca tentang Montessori ini..dan ternyata ada sekolah montessori nya ya apalagi berbasis islam

    BalasHapus
  27. Asli sih ini masa-masa yg pernah ku lalui, sampe nanya ke temen-temen guru, haha.. Tapi sekarang enak ya, karena ada Albata, TK montessori berbasis Islam, dengan fasilitas dan cara belajar mumpuni.

    BalasHapus
  28. Dulu saat saya mengajar di sekolah. sebelum ramai penerapan metode Montessori, saya sering menerapkannya ke peserta didik saya. Alhasil peserta didik jadi lebih berkualitas. Terlebih kalau saya mengedepankan praktik daripada teory, dan pendidik merupakan orang yang ahli di bidangnya. misal. pada saat saya mengajar menulis puisi. maka kita pun harus bisa menulis puisi dengan baik. hingga peserta didik akan merekam apa yang kita bisa. dan mereka termotivasi untuk menjadi bisa.

    BalasHapus
  29. sekolah montessori buat anak ini betul-betul impian orang tua nyekolahin anaknya ke sini. apalagi yang berbasis islam. udah paket komplit dah. --dila bahar

    BalasHapus
  30. Bisa jadi teferensi albata ya kak sekarang memang banyak yg menerapkan sistem Montessori api jarang yg berbasis Islam, sejak dini nanti sudah belajar tentang menjadi muslim dengan cara yang menyenangkan.

    BalasHapus
  31. sekolahnya baru ada yang di Sirabaya ya kak, semoga nanti semakin banyak lagi cabangnya sehingga konsepnya yang bagus itu bisa bermnafaat bagi banyak anak di Indonesia

    BalasHapus
  32. kak makasi review albata nya bener2 membantu aku yang ingin memantapkan diri untuk memilih albata sebagai sekolah montessori islam untuk anakku

    BalasHapus
  33. Jujur mba aku naksir Albata. Ta-tapi jauh banget dari rumah yang cabang Surabaya. Mungkin bakal ikut kelas online aja buat tambahan tahun depan hihi

    BalasHapus
  34. Rekomendasinya bermanfaat banget nih Ma Razin, kebetulan ada saudara yang mencari rekomendasi sekolah untuk anaknya, rencananya tahun depan ini mau masuk sekolah, terima kasih ya infonya

    BalasHapus
  35. Banyak juga pertimbangan memilih sekolah ya mbak. Untungnya menemukan solusi kelas Montessori di Albata. Paket lengkap banget Albata ini. Belajar mengaji dengan cara yang menyenangkan, anak jadi semangat.

    BalasHapus
  36. Memilih pendidikan untuk anak memang membutuhkan banyak pertimbangan, sekarang banyak terbantu dengan mudahnya mencari akses informasi tentang pendidikan yang dibutuhkan untuk anak apalagi Albata ini sudah banyak yang merekomendasikan jadi membuat orang tua semakin yakin untuk memasukkan tambahan pendidikan ke Albata

    BalasHapus
  37. Montessori ini sepertinya jadi metode pendidikan alternatif yang paling populer di Indonesia. Banyak diadopsi ke berbagai model, termasuk untuk mempelajari agama khususnya bagi anak-anak. Albata bisa jadi salah satu pilihan dengan harga cukup terjangjau.

    BalasHapus
  38. albata TK montessori ini semakin berkembang ya mbak. Selain sisi kurikulum yang dipakai, benefit yang ditawarkan juga kekinian banget. Berbagai pilihan kebutuhan untuk stimulasi anak ada di Albata

    BalasHapus
  39. Pemilihan sekolah buat anak memang penting sekarang ini, apalgi yang berbasis agama, pasalnya kita tau sendiri, pergaulan anak sudah sangat bebas jd mesti diedukasi sejak dini. Pastinya dengan ilmu agama yang kokoh.

    BalasHapus
  40. Wahhh bagus banget sekolah seperti ini, jadi pembelajaran yang dilakukan memang benar-benar dipandu dan dibimbing hingga bener-bener aktif dan dilakukan dengan baik. Sehingga apa yang dipelajari anak dari awal memang bisa dilakukan, jadi gak setengah" tau nyaa..

    BalasHapus
  41. Wah keren sekali program Albata yaa.
    Jarang2 lho ada tpq dgn metode Montessori gini. Jadi penasaran buat ikutan yg offline

    BalasHapus
  42. Montessori berbasis islam bagus...dulu anak2ku pas kecil.juga sekolah montessori tp umum siswanya. Program Albata kereen ...(gusti yeni)

    BalasHapus
  43. Alhamdulillah, pasti senang nih, di Surabaya udah ada sekolah montessori. Apalagi berbasis Islam. Jadi menjawab kebutuhan para orang tua yang lagi nyari sekolah dengan metode ini.

    BalasHapus
  44. Wahh masya Allah yaa, sekarang tuh nggak hanya untuk menuntut ilmu dunia saja yang sudah bagus2, untuk ilmu akhirat pun terutama mengaji sudah banyak banget tempat yg bagus2 juga, salah satunya Albata..

    BalasHapus
  45. rekomen banget ini, dulu pas nyari2 tk buat anak aku nemu albata juga sayang di malang belum ada offlinenya, apalagi sudah berdasarkan al quran dan sunnah berbasis montessori lagi

    BalasHapus

Posting Komentar