Ilma Hidayati Purnomo

Pengalaman Pasang Crown Gigi di Amerika

Hari ini aku kayak jadi orang lain. Baru bisa tidur jam 11 malam, jam 2 malam udah bangun buat online gathering Eco Blogger Squad. Beres materi sekitar jam setengah 4, aku ngerebahin badan di kasur. Niatnya mau tidur. Lah kok gak bisa tidur blas sampai jam 5 pagi. Ke manakah Ilma yang dulu tukang tidur? Kenapa sekarang jadi susah tiduuur? 😭

Lanjut mandi, shalat subuh, nganterin temen ke bandara jam 7 pagi. Balik ke rumah cuma sempet goreng ayam dan nyiapin sarapan anak-anak langsung cus pergi ke dokter gigi.

Kemarin, berat badanku udah sempat sampai 49.1 kg. Beres dari dokter gigi, berat badanku turun sampai 47.9 kg. Kita lihat aja dua minggu lagi begimana 😥

Kembali ke Klinik Smile

Jumat, 11 Agustus 2023 jam 10:10 sampai di klinik setelah gagal mengejar bus lalu memilih nyetir mobil dan jalan 3 blok. Gak lama dipanggil sama suster, disuruh duduk di kursi dokter gigi. Terus, dia mulai mencetak gigiku, istilahnya dental impression. Dia cetak gigi atas kanan dan bawah kanan. Padahal yang mau dipasang crown cuma satu :')

Akhirnya dokter Lisa dateng. Syukurlah kali ini dia lebih "jinak." Mulai nanyain kabar, jelasin ini itu dan ngasih tau kalau misalnya sakit, aku diminta ngangkat tangan kiri dan dia bakal hentiin tindakan. Dia juga tanya berkali-kali, "Are you okay?"

Pertama, dia kasih anastesi dulu, yang bentuk gel dan suntikan. Nah, di sini dia pakai suction cup buat nyedot hasil kikiran gigi (kan pakai semacam bor kecil gitu). Lalu dia mulai ngerjain dengan ngebersihin gigi dari bekas tambalan dan karang. Well, agak sakit sih pas ngebersihin deket gusi. Yang gak enak, karena suction cup-nya ditaroh di dalem dan bukan cuma mengisolasi gigi yang dikerjakan, jadinya serpihan kikiran gigi MENYEBAR di mulut.

Mulutku rasanya jadi kayak habis makan pasir. Iya, sih, di sebelah kursi disediain tempat kumur-kumur. Tapi kan gak nyaman banget ada serpihan gigi menyebar di dalam mulut. Padahal udah dibantu sama suster juga buat nyedot air dan serpihan gigi. Tetep aja pas kumur-kumur rasanya aneh banget.

Lanjut, setelah sekitar setengah jam pengerjaan, dipasang semacam band tapi somehow rasanya kayak gigiku dipasang kawat di sekelilingnya dan diiket erat-erat. Beuh, meskipun mati rasa juga berasa nyeri. Habis itu, nyetak lagi (dental impression). Terus rontgen.

Oh ya, tiap beberapa kali tindakan, dokter gigi itu mengoleskan pelembab ke bibirku. Wajar sih ya, kan kena air dan sarung tangan latex dokternya. Jujur, klinik ini memang termasuk "niat."

Selanjutnya, dokter Lisa mengikis gigi itu secara memutar. Aku gak inget lagi habis itu ngapain, pokoknya total bikin dental impression totalnya sampai lima kali termasuk bikin cetakan di antara gigi atas dan bawah. Sempet dikasih tambahan anastesi juga karena katanya pendarahan gitu. Emang sih, pas kumur-kumur rasanya ada banyak darah.

Beres pengerjaan sama dokter, susternya bikin crown sementara buat nutupin gigi yang udah dikikir secara memutar (untuk persiapan pemasangan crown sebenarnya). Soalnya, crown sebenarnya baru bakal jadi sekitar 2 minggu lagi. Aku bakal dateng lagi tanggal 1 September. Total pengerjaan gigi kali ini memakan waktu satu jam aja. 

Nah, selama waktu 2 minggu menunggu crown-nya jadi, aku gak boleh makan makanan yang keras dan lengket. Bersihin gigi habis tindakan itu pun harus hati-hati dan gak boleh di floss (kebalikan yang kemarin) biar temporary crown-nya gak copot. Well, aku sih pasti one step ahead. Makannya lembuut banget, jadi jarang makan juga. Hari ini aja berat badanku udah turun lebih dari 1 kg gara-gara pagi cuma sarapan pastry yang dikasih temenku pas aku anterin ke bandara. Aku baru berani makan pisang kematengan sore hari karena nungguin efek biusnya ilang.

Perutku? Yah biasa lah. Maag-ku kambuh gara-gara kurang makan. Jadi ya, usahaku naikin berat badan akan selalu sia-sia kalau aku masih dateng ke dokter gigi. Sakit gigi habis diutak-atik tuh beneran gak nyaman bikin makan. 

Dah, nanti aku update lagi ya!

Update: Tanggal 31 Agustus dateng ke klinik jam 8:30 pagi. Di tengah keriweuhan anak mau berangkat sekolah. Jadi weh aku lari-lari. 

Aslinya appointment-ku besok, 1 September. Tapi dua hari yg lalu ditelpon dokternya, bilang kalau crown udah jadi terus dikasih opsi lebih cepet ke klinik. Aku iyain. 

Lah ternyata, pas dicoba pasang, crownya gagal. Masih ada gap sama gigi sebelahnya. Dia mau kirim ulang ke lab. Itu berarti aku harus nunggu 2 mingguan lagi. Sad... 

Terus dibuati temporary lagi. Nyetak sekali, gagal. Terlalu cepet diambil. Udah cetak ulang, bener-bener gak pas sama gigi bawahnya. Pulang pun masih gak pas. Ngejeduk si temporary crown itu duluan baru gigi sebelah kiri.

Aku jadi sebel. Iya, sih gak perlu bayar lagi buat crown yang baru. Terus nantinya cuma bayar $197 lagi. Tapi aku disiksa gak bisa makan bebas sampai sebulan :') Mana sekarang temporary-nya gak pas. Makin susah makan dah

Update: tanggal 22 September ke klinik lagi buat pasang crown. Tadinya udah overthinking kenapa-kenapa gara-gara kemarin habis deep cleaning. Lah, ternyata crown nya gak pas lagi coba

Jadi ibaratnya crown sama gigi yang udah dikikir itu kayak tutup botol saos sama botolnya. Ada gap antara tutup botol sama giginya. Padahal di model cetak gigi aku, crown itu udah pas.

Dokternya bilang mau ngomong sama kepala labnya. Gak pernah kejadian gagal dua kali kayak gini di klinik itu. Terus, aku diminta nunggu sebulan dong....

Harusnya cuma nunggu 2 minggu buat crown, jadi dua bulan :')

Update: 24 Oktober 2023 disuruh dateng jam 8 pagi yang mana... Itu tuh jam hectic banget. 

Akhirnya aku baru sampai jam 8:10 lah. Dipanggil susternya, dia udah fingger crossed. Semoga kali ini crown nya pas. 

Aku duduk di kursi dokter gigi. Temporary crown ku dilepas. Kali ini aku gak pakai bius apa-apa. 

Crown nya dipasang dan... Alhamdulillah pas!

Lanjut proses pemasangan. Gigiku dioles cairan terus crown nya dikasih semen cair. Dipasang di gigi. Lalu aku harus gigit kuat-kuat selama lima menit. 

Part ini yg paling sakit. Ngilu di gigi dan rahang. Saking sakitnya sampai aku meluk paha di atas kursi dokter gigi. 

Udah, dibersihin dari semen yang berlebih. Mirip-mirip bersihin karang gigi lah. 

Terus crown nya di kikir biar pas sama gigitan gigi bawahnya. Dipoles. Kelar. Cuma 15 menitan prosesnya

Pingin pamer gigi baru deh huehehe
Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.

Related Posts

Posting Komentar