Ilma Hidayati Purnomo

Jual Ginjal Buat ke Dokter Gigi

Buat bersihin karang gigi, pasang crown, sama nambal gigi bolong harus bayar $10k? Brb, jual ginjal dulu, guys


Smile Dental Studio: Klinik Gigi yang Gak Bikin Smile

Senin 31 Juli 2023. Jam 11:30 aku datangi juga klinik gigi di E 53rd St. 

Masuk ke klinik, check in dulu. Nunggu sekitar 15 menit terus dipanggil ke ruangan. Menurutku, kliniknya kecil juga gak sebersih UIC Dentistry atau Friend Health. 

Pertama, rontgen gigi dulu. Kukiran bakal rontgen seluruh mulut pakai alat yang aku tinggal berdiri dan alatnya muterin kepala. Ternyata pakai alat yg kecil, di-scan per-section. Total ambil foto sekitar 20. Mana tiap ambil foto kan aku mesti gigit receiver-nya di dalam mulut. 

Ternyata, fotonya ada yang miring. Jadi difoto pakai kamera juga. Mulutku dipaksa menganga pakai alat. 

Nunggu lagi dokternya dateng. Sekitar 15 menitan, dateng dokter cewek bule kulit putih. 

Waktu dokternya baru dateng, dia nanya apa concern-ku. Aku bilang mau diduluin crown di dua gigi yang habis dapet root canal treatment. Dia minta surat dari Endodontist-nya buat di-scan

Dia cuma bilang, kita bakal ngelakuin dental exam yang termasuk di dalamnya ngecek ada kanker mulut. 

Awalnya cuma meraba di sekitar rongga mulut dan rahang, terus di dalam mulut. Lalu aku diminta pakai kacamata khusus. Dokter itu nyinarin cahaya yang rasanya hangat ke permukaan mulut bagian dalam, lidah, juga langit-langit. 

Terus, dokternya tuh gak bilang apa-apa. Cuma ambil alat mirip jarum yang ada garis-garisnya (kayak penggaris) dan ada gagangnya. Lah taunya dia tojos-tojosin di sekitar gigi. Setiap gigi ditojos 3x.

Sakitnya ... Air mataku aja keluar sambil meringis. 

Waktu aku mengeluh, baru deh dia bilang sorry. Kagak dikasih aba-aba dulu dulu, kek. Perasaan dokter gigi student di UIC Denstistry lebih sabar dan ngasih tau dulu kalau mau menyakiti. Hiks. Mana jadi berdarah-darah pas kumur-kumur. 

Habis itu, dokternya ambil alat kayak sikat gigi (tanpa sikat) tapi ujungnya ada kameranya. Dia ambil gambar gigiku untuk kebutuhan asuransi. 

Habis itu si dokter kerja di komputer, ngeliatin semua gambar rontgen dan hasil pemeriksaan buat nentuin treatment plan-nya. 


Pertemuan Singkat, Penjelasan Banyak dan Padat

Jadi, pertama dia jelasin kalau di gigiku banyak build up (karang gigi). Dia tunjukin gambar di rontgen, kayak ada benjolan semen di dinding (bedanya ini nempel di permukaan gigi). Itulah tempat berkumpulnya para bakteri. 

Waktu dia meriksa pakai penggaris jarum, dia ngukur seberapa tinggi karang giginya. Yang sehat sih 1-3. Tapi gigiku banyak yang ukurannya 4 & 5. Bahkan di gigi-gigi yang udah dibersihin karang giginya waktu di Friend Health dulu pun sama aja.

Dia bilang, kalau di klinik ini, deep cleaning itu gak cuma sekali dateng. Pertama dateng, dibersihin. Terus 2-3 minggu disuruh balik lagi. Bersihin lagi kalau perlu. 2-3 bulan disuruh dateng lagi buat check up. Ngerjainnya pun gak cuma satu quadran (kayak kanan atas doang). Tapi satu sisi mulut. 

Dokternya menekankan aku harus bener bersihin giginya. Percuma juga mau dibersihin di dokter tapi akunya gak bener nyikatin dan nge-floss, ya jatuhnya buang-buang duit aja. Insurance pun belum tentu izinin dua kali deep cleaning di gigi yang sama dalam setahun. 

Aku diminta nyikat gigi yang rajin pakai electric brush. Aku juga diajarin cara pakai floss yang harus ngegosok gigi. Jadi, benang giginya dibelokin mengikuti kontur gigi dan digosok-gosok ke atas ke bawah secara perlahan. Gak papa kalau berdarah juga, katanya. Yang penting bisa bersihin. Nge-floss ini juga harus dilakukan 2-3 kali SEHARI, bukan seminggu wkwk

Soalnya, dia gak bisa ngerjain crown kalau gigiku masih banyak karangnya dan masih berdarah-darah. Dia butuh kondisi gigi yang bersih buat bikin pengukuran crown giginya. Udah gitu perlu bikin cetakannya dan dikirim ke lab. Nanti crown-nya dibuat di lab sekitar 2-3 minggu. 

Selain itu, kondisi gigi yang mau dipasang crown belum bagus. Ada bekas tambalan lama yang belum dibuang. Di gigi yang lain, malah ada bolongnya. Jadi dokter itu harus bersihin gigi yang mau dipasang crown dari bekas tambalan lama. 


Treatment Plan: Jual Ginjal untuk Benerin Gigi

Beres ngobrol (ceramah) panjang lebar sama dokternya, aku ngomong sama nurse. Dia kasih copy-an treatment plan yang diprioritaskan oleh dokter, yaitu crown

Crown buat dua gigi aja, habisnya $4000 (Rp 60juta), guys, kalau tanpa asuransi.

Si nurse itu bilang, dia bakal kirim form buat pre-determination (semacam ngasih tau insurance soal treatment yang mau dilakukan dan berapa duidnya). Balasan dari insurance paling diterima 1-2 minggu. 

Tapi, kalau aku mau bikin appointment sekarang, aku harus kasih deposit $500 untuk securing waktu dua jam si dokter buat nanganin aku. Alasannya, karena aku pasien baru. Daripada waktu dokternya udah dikosongin buat aku, terus akunya gak dateng, jadi diminta duid dulu biar terikat. Nanti $500 ini buat bayar treatment-nya juga kok kalau udah tau aku harus bayar berapa yang gak ditanggunh asuransi. 

Duh, tapi ini tuh duid gede dan bukan aku kasih setelah aku dapet sesuatu kaan.

Kata susternya, aku boleh kok nelpon dulu ke insurance buat tanya berapa biaya out of pocket-nya. 

Dia tunjukin juga di komputer keseluruhan treatment plan-ku beserta nominal total $10000 kalau bayar tanpa asuransi. Wadidyaw. Anakku harus ada yang jadi dokter gigi, lah. Duid gede banget gitu dari satu pasien aja. (Demikianlah pemikiran ibu-ibu visioner 🤑)

Lalu, aku dibawa ke front desk. Dia kasih tau kalau harga crown satu gigi dari insurance sekitar $1400 dan aku harus bayar setengahnya, yaitu $700an. Padahal, jatah insurance bayarin treatment aku buat tahun ini ya, tinggal $700an juga. Jadi, buat satu crown aja habis jatahnya 🙃

Well, appointment paling cepet tanggal 14 Agustus, sih. Itu pun prosesnya gak langsung dapet crown. Dokternya masih perlu liat, apakah kondisi gigiku cukup prima buat dipasangin crown. Belum prosedur pengukuran crown nya. Belum nunggu crown nya jadi dibikin di laboratorium. 

Ckck, gini amat sih kalau punya sakit gigi di luar negeri! 


Balik Lagi ke Klinik

Karena aku bingung, gak yakin harus ngeluarin uang $500 tanpa dapet treatment apa-apa, akhirnya aku pulang dulu. Aku tanya suami, dia bilang gak papa. Bikin jadwal janjian aja sama dokter gigi dan bayar.

Selain itu, aku coba telpon insurance. Katanya sih, harga satu crown harusnya sekitar $1200an. Jadi aku cuma bayar out of pocket sekitar $600.

Kalau aku ke klinik dulu dan bayar dulu, ada kemungkinan bakalan kelebihan bayar berdasarkan hasil pre-determination-nya (yg mana hasilnya sekitar 3 mingguan, tapi aku juga bakal dapet update lewat email). Jadi kudu minta refund gitu. 

So, aku balik lagi ke kliniknya. Terus beda orang yang di front desk-nya dan ada dokter gigi lain yang liat treatment plan aku. Terjadi lah kekacauan.

Jadi, treatment plan aku secara keseluruhan dibagi ke dalam tiga grup. Grup pertama yang sifatnya mendesak untuk menjaga kesehatan gigi, di antaranya bersihin karang gigi dan tambal yang lobang. Grup kedua yang sifatnya juga mendesak tapi baru bisa dikerjakan kalau kondisi gigi sudah baik (artinya grup pertama sudah dilakukan). Grup terakhir sunah kayaknya.

Nah, masalahnya, jatah asuransiku ngebayarin dokter tinggal $700 dan pas buat crown aja. Mana masa aktif asuransinya udah mau habis. Udah baik banget dokter Liza Minkowski (nama dokter gigi yang nanganin aku), mau mendengarkan request-ku yang tidak biasa.

Lah ini, gara-gara treatment plan-nya dilihat dokter gigi lain, dia balikin ke urutan awal. Harus dari grup 1 dulu. Aku jelasin lagi lah kebutuhanku. Terus, orang di front desk-nya bilang mau ngomong lagi sama dokterku setelah dia beres makan siang.

Ya udah, aku tungguin dulu lah dokternya biar clear. Syukurnya, di-acc juga permintaanku. Aku buat jadwal ketemu dokter lagi tanggal 11 Agustus untuk pengukuran crown (tentunya dengan ngasih uang $500). Sekarang aku harus berjuang menjaga kebersihan gigi dulu biar nanti kondisinya bagus untuk pemasangan crown.

Update: tanggal 2 Agustus dapet telpon dari UIC Dentistry. Ternyata bisa dapet jadwal X-Ray tanggal 15 Agustus. Yang mana ini jauh lebih cepet daripada perkiraanku. Tapi aku harus bayar $78. Nanti ada panel X-Ray sama panoramic X-Ray yang harga per-rontgen-nya sama-sama $78. Tapi salah satunya gak bakal ditanggung asuransi.

Nah, ini tuh kesempatan bagus aku gak perlu bayar mahal-mahal. Kemarim aja buat root canal cuma maksimal $300an out of pocket. Nah, di klinik smile ini tau-tau udah ditodong $500 kan... 

Tanggal 2 Agustus 2023 datang ke bagian rontgen UIC. Pertama rontgen seluruh mulut yg alatnya muterin kepala. Terus rontgen yang per-section. Ada 18x ambil gambar. Anehnya, pas nurse-nya cobain masukin alatnya ke mulut tuh aku jadi eneg dan kayak mau hoek gitu. Beruntung pagi itu aku belum makan. 

Alhamdulillah nurse-nya sabar. Bilang ini mungkin gak enak. Terus bilang sorry juga kalau aku jadi agak nolak. Dia juga kasih jeda buat istirahat. See? Yang murah belum tentu murahan kan. Pelayanannya tetep enak, kok. 

Update: 28 Agustus diminta dateng ke klinik. Ini tuh jadi SMSan pribadi sama calon drg (kan masih undergraduate). Dia yg kasih tau kapan kosong. Jadi aku tuh kayak objek praktikum. Cadoknya bisa akses jadwal jadwal praktikumnya terus kasih tau aku kapan waktu yang pas. Simpel banget kan? Bisa akses 24 jam juga.

Jam 1:45 dateng. Masuk ke station periodontics. Dia ukur kedalaman gusi pakai tusuk-tusuk jarum yg ada ukurannya. Tapi dia baik banget, nawarin pakai numbing gel. Jadi sakitnya gak parah lah. 

Terus dipanggil dokter supervisornya. Di sana diukur ulang yg gak gitu sakit. Terus dibilang juga kalau setelah meraba gusiku, akarnya bisa diraba. Itu artinya gusinya jadi tipis. Gara2 aku pakai behel di usia dewasa. Harusnya behel itu buat anak2 yg tulangnya masih tumbuh. Gara2 behel juga gusiku turun sedikit. Tapi tulang giginya masih bagus. Yang bermasalah di gusi aja. 

Jadi nanti si calon drg ini bakal bersihin karang yg bisa dibilang cleaning pertengahan: bukan regular cleaning tapi bukan deep cleaning juga. Habis itu aku dirujuk ke post graduate program bagian periodontics buat dilihat apakah gusiku perlu dilakukan sesuatu. 

Terus cetak mold atas, bawah, dan gigitan. 

Nah hari ini exam bagian gusi. Nanti dateng lagi buat exam giginya. Sama nentuin treatmentnya. 

Overall memang sih semua ngelakuin sendiri. Nyedot liur juga aku lakuin sendiri dan ga ada washtafel kecil gitu kan. Tapi ini murah dan pelayannya bagus kok. Aku malah jadi dapet ilmu baru pas dokter supervisornya jelasin ini itu. Worth it lah. 

Next dateng lagi tanggal 7 September 2023. Kali ini masuk ke station restorative. Cadok itu (kok aku lupa namanya sih huhu) udah bikin cetakan dari gigiku. Terus dia tanyain soal gigi belakang atas yang bawahnya dicabut tahun 2022 lalu. Gigi itu kan udah turun banyak.

Dia bilang, udah gak bisa di bridge atau bawahnya dikasih implan karena udah gak ada space. Paling dicabut (what?) atau gigi atasnya di root canal, dipotong, dipasang crown, yang bawahnya di pasang implan. Duh, mbak, kalau gratis mah aku seneng-seneng aja. Masalahnya, bayar tiap tindakan itu ratusan dolarrr

Lanjut, dia cek gigiku. Dari luar mah gak ada lobang. Setelah lihat hasil rontgen, banyak lobang di sela-sela gigi. Nah, ini dia bagusnya di sini: dia kasih aku sosialisasi yang bagus. Langsung diajarin cara sikat gigi dan ngefloss yang baik dan benar. Dikasih resep pasta gigi fluoride juga. Terus dikasih lembaran self hygyene yang benar kayak gimana. Pokoknya edukatif pol

Cuma yang kurang enak ya, karena pasiennya buanyak dan hadep-hadepan, jadi kalau cadoknya lagi pergi kayak tatap-tatapan sama pasien di sebrang wkwk. Udah gitu, kalau dokter supervisornya lagi ngobrol sama cadok ini, udah ditungguin sama cadok yang lain (literary berdiri di deket kursiku). Aku paham lah, kan namanya juga lagi praktikum, pasti pingin cepet dapet giliran ngomong sama dosennya.

Setelah keluar rencana treatment, masa cuma habis $2000 untuk semuanya. Bahkan menurut sistem, harusnya di cover asuransi semua! Ciyus ini?

Katanya sih pembersihan karang giginya gak perlu yang pakai obat bius dan langsung dilakukan satu mulut. Cuma $99! Wew... Di smile itu harus bayar $1200 buat satu mulut lho. Di Friend Health aja kalau sliding scale $400. Tapi kalau aku kesakitan, ya, nanti bikin appointment lain dan dikasih obat bius

Pas check out, kata staff di bagian depan, sistemnya ngaco sih itu. Harus telpon ke pihak asuransi, apa bener gratis apa nggak. Pas aku telpon sih, katanya 50%. Tapi kan jatahku udah habis tahun ini, jadi mungkin aja aku harus bayar sendiri. Yah kita liat nantia aj deh

Udpate: Tanggal 15 September 2023 aku pergi ke endodontics buat follow up. Lah taunya aku gak ada appointment hari itu. Kok bisa? Katanya, appointmentku harusnya tanggal 15 Agustus 1:45 yang mana itu sebulan yang lalu!

Aku tunjukin email dari endodontics yang bilang jadwalku hari itu cuma rontgen kok. Aku dateng pas rontgen. Ya lagian, gimana ceritanya jam 9 pagi ke sana, terus jam 1 siang ke sana lagi. Dikira tinggal ngesot?

Akhirnya jadwal follow upku jadi tanggal 28 September deh.

Update: tanggal 21 September ke UIC lagi. Jadwal cleaning. Hari ini student yg ngerjain dua orang. Awalnya, karena rencananya cleaning biasa, cuma pakai anastesi topikal (yg kayak gel). Udah kutahan2 sakit tiap alatnya yg kayak jarum nusuk2 gusi dan ngilu2 di gigi. Mana langsung bagian atas dan bawah kanan

Udah beres, ditunjukin ke dosen dokter. Eh dibilang harus bersihin lebih dalem. Pakai suntik lah akhirnya. Itu aja masih ngilu dong

Dah lah, mulut sebelah kananku bengkak, sakit, berdarah-darah. Kapok tuh dua jam kayak gitu. Mana besok pasang crown (:

Update: setelah reskedyul dua kali biar bisa treatment di bulan November (setelah paket asuransinya diperbaharui) aku dateng lagi tanggal 10 November buat deep cleaning bagian kiri. Standar aja, pakai anastesi topikal dan suntik buat atas. Udah gitu ditunjukin ke dokter gigi dosen. 

Lalu ngerjain yang bawah. Biasa, tetep sakit. Terus student itu bersihin yang bagian kanan juga. Aku tanya, emang ada plaknya? Katanya sih ada stain gara2 minuman. Duh ketauan deh mulai sering minum manis2 kek teh kopi coklat. Alhamdulillah ga ada plak baru. 

Pengerjaan 1.5 jam aja. Saat check out, ternyata aku harus bayar $78.5 buat treatment sebelumnya. 

Katanya sih, asuransi hanya mengcover 50% aja. Jadi buat exam bayar sekitar $30, buat pasta gigi $20, sama buat tambal gigi sekitar $20. Padahal ini tuh muraaah banget

Aslinya tambalan itu $150+ lho. Aku udah takut harus bayar $300an. Ternyata cuma $78 haha. 

Update: 15 November pas dateng langsung kaget dibilang data insurance ku gak ada. Nah lho. Aku udah bayar lho

Tapi tetep dikerjain. Gigi bawah kanan ada dua gigi sebelahan yang bolong di sela-selanya. Jadi dua2nya ditambal. Seperti biasa, dibius, dibolongin, ditambal. 

Ternyata pas check out, data insurance nya belum update. Begitu di update, udah oke

Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.

Related Posts

Posting Komentar