Ilma Hidayati Purnomo

Satu Minggu yang Emosional

Setelah menjalani minggu pertama di tahun baru yang dipenuhi masalah eksternal, akhirnya pada minggu kedua bisa bernapas lega. Semua masalah itu menemukan solusinya masing-masing. Harusnya, pada minggu ketiga aku bisa merasakan ketenangan batin, kan? 

Sayangnya tidak. 

Menolak Rejeki? 

Ada beberapa tawaran buat bergabung di proyek antologi buku. Aku cukup tertarik dengan tema tulisannya. Sayangnya, untuk terlibat dengan proyek itu, aku harus membeli buku setelah terbit. 

Semenjak aku tinggal di luar negeri, kami tidak punya tabungan rupiah sama sekali. Aku bisa punya uang rupiah kalau ada job di blog atau menang lomba. Itu pun jarang banget. Uang itupun aku kumpulin di saldo e-wallet

Nah, sekarang saldoku dibawah Rp 10.000 semua :')

Jadi, aku harus merelakan kesempatan ikutan buat antologi sampai aku punya uang. Ada perasaan enggak enak buat nolak yang ngajakin. Juga ada perasaan kayak nolak rejeki. Kan buku antologi itu bisa dijual lagi dan aku bisa dapat untung dari selisihnya. Ada buku antologi juga bagus buat portofolioku. 

Tapi... Aku tuh jadi mikir lagi. Aku sebenernya pengin eksis di dunia maya sebagai apa, sih? 

Terjebak Banyak Keinginan

Salah satu hal yang belum berubah sejak aku remaja adalah menginginkan hal-hal yang kurang realistis untuk dimiliki.

Waktu SMA, aku kepingin banget kuliah kedokteran. Alasannya karena aku gak suka Fisika. Padahal, biologi juga gak jago-jago amat. Mental juga gak kuat-kuat banget (katanya sih, kuliah kedokteran itu perpeloncoan antara senior dan junior itu parah banget). Belum lagi aku gak kuat begadang. 

Sekarang, aku ingin mulai lagi belajar Bahasa Arab dan udah mulai ikut kelas online. Pinginku, tiap nyimak materi, aku buat rangkumannya di blog lamaku karena di sana udah pernah nulis tema yang sama dan udah punya pengunjung organik. Namun ternyata aku cuma membebani pikiran sendiri. 

Nyatet materinya terbilang gampang tapi menulis ulang dalam bentuk tulisan yang terstruktur ternyata gak mudah. Aku jadi sadar, aku butuh belajar teori paragraf dan jenis tulisan kayak yang dulu dipelajari pas SMA atau di tempat les academic writing

Aku jadi berpikir ulang soal hobiku yang suka nulis. Iya, memang suka. Tapi tanpa kompetensi menulis yang baik, aku bakal bisa jadi apa? Pencapaian apa yang bisa aku raih? Harus ada improvement kalau mengaku suka menulis... 

Selain soal itu, mendadak aku pingin belajar seluk beluk influencer. Wait, emang aku cocok jadi kayak gitu ya? Wkwkwk. Tapi dikit-dikit aku mulai mengikuti alur salah satu management influencer (namanya Ibusibuk). Mulai dari ikutan campaign, ikutan grup support, sampai webinarnya. Asli deh, ini kepinginan yang bahkan tujuannya aja gak jelas. 

Sayangnya, aku bukan cuma gak dapet manfaat malah dapet kebuntungan. Akibat ikutan grup support follow for follow, akun instagramku kena shadow ban. Reels terakhir yang aku unggah ke akunku hampir tidak ada view. Aku cek di timeline instagram suamiku pun tidak muncul.

Padahal ini bukan pertama kalinya aku ikut kegiatan follow for follow. Aku tahu teknik mengikuti sejumlah list akun untuk menghindari dikenali algoritma instagram sebagai bot, yang berpotensi membuatku kena shadow ban. Entahlah, mungkin aku memang lagi apes aja.

Satu quote suamiku setelah deep talk di suatu malam:

Kalau kamu buat sesuatu dan hal itu not impressing buat kamu, berarti hal itu gak layak buat dikasih lihat ke orang lain

Oh, man! Kalau aku menghidupkan sifat perfeksionis kayak gitu, bisa-bisa blogku kosong terus demi menyempurnakan konsep. Wkwk

Bentar aku kasih twist dulu. Menurut suamiku, aku itu justru orang yang gak punya keinginan. Eh? 

Karena keinginan yang aku tulis diatas itu gak ada yang mengandung spark joy. Beda dengan suamiku yang misal, pingin kamera mirrorless dengan lensa yang harganya puluhan juta. Aku selalu tahu, kalau sampai kebeli, dia bakal ngomongin kelebihannya sampai seminggu ke depan. Dia bakal pamerin hasil fotonya sampai sebulan ke depan. Pokoknya dia SUENENG POL mirip anak kecil yang akhirnya bisa beli mainan impiannya. 

Sedangkan aku? Semua keinginanku gak bisa bikin aku se-excited suamiku dengan keinginannya. Gak jarang malah aku tertekan sendiri dengan apa yang aku ingin. 

Jadi, keinginan yang baik itu seperti apa, ya? 

Silaturahmi Kenapa Bikin Sesak? 

Ini satu hal yang masih bikin aku bingung. Mungkin aku tipe orang yang tertutup. Gak mau ikut campur urusan orang dan lebih suka sibuk dengan urusan pribadi. Tapi, tidak menyambungkan silaturahmi dengan keluarga juga kan gak baik... 

Entah kenapa, aku memang selalu males terjebak perbincangan terlalu lama dengan anggota keluarga. Kayak, kalau gak penting-penting amat, ya gak usah lah... Males aja nanggepinnya. Lama-lama aku jadi ngerasa sungkan buat ngeberhentiin dan itu bikin perasaan sesak buat aku sendiri. 

Baru-baru ini ada anggota keluarga yang ngehubungin aku. Nanya kabar. Terus merembet-merembet jadi cerita masalah keluarga. Mengeluh-mengeluh lah... 

Kalau dulu sih, waktu masih muda, masih punya banyak 'energi', aku bisa aja ngeladenin dengan nada sok bijak lalu melupakan perkara ini. Ternyata, sekarang, dengan beban hidup yang udah enggak sama, aku udah gak bisa kayak gitu. 

Lah, aku pribadi aja tinggal sendirian di luar negri. Gak punya sahabat. Gak ada temen curhat. Ngehubungin orang tua juga ngabarin yang baik-baik aja. Setiap hari harus menangani anak rewel. Kalau aku ngeluh ke suami, bisa-bisa aku kena ceramah. Mau dikeluarin ke mana unek-unek ini? 

Lalu... Ditambah cerita unek-unek orang lain 🙃

Di sini aku jadi sadar betul kenapa suamiku pasti marah-marah kalau aku kebanyakan ngeluh. Karena ngeluh itu gak bagus buat diri sendiri maupun orang lain. Kebanyakan ngeluh bikin diri sendiri terlatih berpikir negatif. Kebanyakan ngeluh ke orang lain, sama aja aku ngasih bebanku ke orang lain. 

Penutup

Hikmahnya, aku beneran harus merenungi lagi prioritasku. Mungkin ditulis rencana harian apa yang perlu dikerjakan. 

Dan mungkin, aku perlu sosial media break lagi. Biar aku fokus membangun diri sendiri supaya gak gampang terpengaruh hal-hal dari luar. 

Kalau dipikir-pikir, kayaknya emosiku yang naik turun ini gara-gara satu hal: tamu bulanan! 

Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.

Related Posts

6 komentar

  1. Emak-emak curhatnya sama Yang Maha Kuasa aja biar aman dan tentram, hehe... Bagus juga quote paksu nya teh, jd harus happy dari diri sendiri dulu baru share ke orang lain

    BalasHapus
  2. Ehehehe, hormon talks ya Mah Ilma. Semoga semua bisa dihadapi, dijalani, dan diatasi ya Mah Ilma. :)

    BalasHapus
  3. Waks! Kok pas banget baru baca hari ini (maafkan, br sempat), pas tadi pagi ditolak masuk proyek antologi yg emang setengah hati setor naskahnya dng pikiran susah belinya nanti. Ditolak rasanya malah legaaa. Hihihi...
    Sini sini, kl mau crita2. Jarak waktu tak tll jauh kan, ketimbang nelpon ke Indonesia!? Yuk ah, semangat selaluuu... 🤗😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaa teh alfi 🤗🤗 Aku jadi ikut lega. Eh iya! Bisa banget nih telponan 😍

      Hapus

Posting Komentar