Ilma Hidayati Purnomo

Suntikan Motivasi untuk Ngeblog di Tahun 2023

Ke mana resolusi tahun 2023 yang katanya mau lebih konsisten ngeblog? (Tengok kanan kiri) Heu, sepertinya akhir-akhir ini malah terlalu sering curhat yang cenderung numpahin keluhan. Saking berusaha memaksakan diri biar blog tetep ada update-nya, isinya jadi low quality.

Rupanya, aku cuma butuh suntikan motivasi untuk ngeblog. Tahun 2023 sudah berjalan 4 minggu, tapi beberapa komunitas ngeblog yang aku ikuti, masih melakukan pergantian pengurus atau masih merumuskan kembali kegiatan rutinnya. Rasanya aku jadi kurang "terpaksa" membuat blogpost yang lebih berfaedah.

Syukurnya, hari Senin tanggal 23 Januari 2023, dua komunitas blog yang aku ikuti mengadakan kumpul-kumpul online. Salah satunya bahkan membuatku bangun jam 2 dini hari 😮

Kumpul Online Blogspedia

Ini dia kelas ngeblog paling komprehensif yang pernah aku ikuti. Well, aku baru pernah ikutan kelas ngeblog ya, sekali ini aja sih wkwk. Nah setelah lulus dari kelas, aku bergabung ke komunitas alumninya yang dipimping langsung oleh founder-nya, Mbak Marita Ningtyas.

Nah, hari Senin ini digelar kumpul online di Zoom meeting bersama Mbak Marita dan semua alumni Blogspedia Coaching dari sesi 1, 2, 3 hingga yang offline. Wah, rasanya kayak ketemu temen-temen seperjuangan, yang dulunya sama-sama berjuang lulus kelas gratis tapi fenomenal ini.

Karena meeting dilakukan jam 3 sore WIB, mau gak mau aku bela-belain bangun jam 2 pagi sini. Soalnya ketemuan kayak gini paling dilakukan setahun sekali. Kali ini pun pembahasannya spesial.
Cupuers Blogspedia
Tema pertemuan kali ini adalah Membangun Kembali Spirit Ngeblog yang Mulai Pudar. Mbak Marita mengajak anggota Cupuer Blogspedia (nama grup alumni Blogspedia Coaching) untuk kembali mengingat "Big Why" alasan terbesar mengapa kita memulai blog. Apakah semata-mata untuk mencari cuan? Atau ingin menyebar manfaat?

Di sini Mbak Marita justru strongly recommend anggota untuk kembali "curhat" di blog. Istilah kerennya membuat postingan organik lagi. Padahal kalau buat aku, isi blogku yaa curhatan semua, jarang banget dapet job wkwkwk

Walaupun sayangnya, di kesempatan lain justru ada yang nge-share begini
Jadi, curhatan di blog itu masih level bawah :')
Selain itu, Mbak Marita juga mengingatkan, bagi anggota yang biasanya iri sama temen-temennya yang sering dapet job dan menang lomba, supaya lebih mawas diri. Semua pencapaian itu bisa mereka raih pastinya dengan usaha yang besar, konsistensi yang gak putus, dan berbagai pengorbanan lainnya. Kalau kita masih suka rebahan daripada upgrade skill, ya gimana mau maju?

Selanjutnya, dalam kumpul online kali ini, dilakukan pengukuhan pengurus Blogspedia Community untuk dua tahun ke depan. Untuk pertama kalinya ada kepengurusan secara resmi untuk komunitas yang baru berusia 3 tahunan ini.

Sebelum melakukan pertemuan ini, bulan lalu sudah disebarkan form kesediaan menjadi pengurus. Aku jujur belum berani isi karena aku memang udah berniat untuk fokus belajar Bahasa Arab dan ngurus blog wordpress baruku. Rupanya ada beberapa teman yang sudah mengisi dan dikumpulkan ke grup kepengurusan. Ditambah beberapa orang yang "diculik" Mbak Marita untuk diminta kesediaannya mengurus Blogspedia.

Di sini aku juga mau mengucapkan Barakallahu dan Innalillahi kepada Pak Sugianto yang diamanahi sebagai ketua Blogspedia Community. Semoga sukses memimpin komunitas ini. Selamat bertugas, Pak!

Kini terdapat 21 orang pengurus yang akan bergerak sesuai divisinya masing-masing. Ada divisi humas, sosial, media sosial, dan grup WA. Semoga ke depannya lebih banyak aktivitas lagi yang bisa dilakukan bersama untuk menguatkan hubungan kekeluargaan. Soalnya, meskipun latar belakangnya beda-beda, kami merasa satu keluarga. Apalagi kalau bukan karena masuk ke grup aja pakai perjuangan. Juga, kalau ingin bertahan, harus berjuang setor 4 tulisan per-bulan. Kalau enggak, bisa di-kick wkwk

Sosialisasi Tantangan Bulanan MGN

Dua bulan tanpa tantangan ngeblog di komunitas Mamah Gajah Ngeblog rasanya bikin hampa. Mungkin aku memang haus tantangan dan kompetisi yang somehow selalu terasa menyenangkan. Padahal baru 3x aja aku ikutan. Rasanya udah kangen gini.
Sertifikat Keikutsertaan Tantangan Bulanan Mamah Gajah Ngeblog yang bikin kangen
Syukurnya, hari ini, juga ada sosialisasi tantangan MGN untuk tahun 2023 yang dilakukan di grup Telegram MGN mulai jam 7.45 malam WIB (di sini jam 6.45 pagi-aku gak tidur sejak jam 1.30 pagi wkwk). Seperti biasa, kumpul-kumpul di grup pasti dimulai dengan sapaan para sticker 😄

Hal baru dari tantangan bulanan MGN:

1. Ada Mamah Host bulanan. Jadi, Mamah yang usulan temanya terpilih, jadi "admin" bulanan di Telegram. Tugasnya ngingetin anggota buat setor tulisan. Menariknya, Mamah ini akan mendapat benefit: disebutkan sebagai pengusul ide, dapet backlink dari blog MGN, dapet badge host, dan berhak menentukan kategori surprise reward. Wah seru!
2. Periode tantangan lebih panjang. Jadi 20 hari! Dulunya 14 hari
3. 10 penyetor tercepat dapat poin tambahan (dulunya cuma 5 penyetor tercepat yang dapat sertifikat dan tidak ada sistem poin)
4. Pemenang sah hanya jika dia ikutan voting. Dulunya belum ada ketentuan in

Kurang menarik? Tenang, bau-bau kompetisi sengit sudah tercium karena tema tantangan untuk 10 bulan ke depan langsung diumumkan di blog MGN beserta Mamah Host yang akan bertugas. Kebayang kan gimana (agak) ambisnya Para Mamah ITB ini. Sepertinya sudah ada yang buat rancangan draft 😎

Dan ternyata, usulan temaku masuk ke dalam daftar. Aku dan Mamah Risna akan bertugas bersama menjadi Mamah Host. Penugasannya dalam satu bulan yang belum ditentukan karena nanti 10 tema ini akan diundi setiap awal bulan. Jadi, masih ada bumbu surprise-nya.

Wih, semangat ngeblogku sudah terpacu nih. Meskipun hari ini tepar karena begadang, rasanya aku siap ngeblog yang konsisten dan lebih terstruktur. Apakah kamu juga begitu? 
Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.

Related Posts

5 komentar

  1. Ngeblog serius kita tahun ini ya Ma. Harus lebih produktif nih ya dibanding tahun-tahun lalu. Dukungan komunitas memang cukup berpengaruh ke semangat menulis sih.

    BalasHapus
  2. Wiih senangnya Tantangan MGN menyemangati... On your mark, get set... He2. Semangat terus teh Ilma dan mamah semua

    BalasHapus
  3. Niat banget, bangun jam 2 pagi buat gathering online 😄🔥🔥👍

    BalasHapus

Posting Komentar