Ilma Hidayati Purnomo

Minggu Tersibuk Di Awal Tahun

Setelah memulai tahun 2023 dengan sejumlah keluhan, pada minggu kedua Bulan Januari ini, aku akan menjalani sejumlah agenda. Beberapa diantaranya bahkan sudah aku tunggu sejak 4 bulan yang lalu. 

1. Jadwal Ke Klinik Biasa

Harusnya, Hari Selasa 10 Januari nanti aku dateng lagi ke Klinik Friend Health di Jalan Pulaski untuk melakukan deep cleaning (pembersihan kerak gigi) yang ke-3. Namun, aku punya rencana lain.

Berhubung asuransi gigiku jadi macet gini, Hari Selasa nanti aku bakal dateng ke klinik buat minta penjelasan. Dokumen apa yang mereka kirim, terus harusnya pemegang polis asuransi kayak aku tuh gimana cara pakainya. Aneh banget, pakai asuransi pemerintah lancar jaya, gilirannya asuransi beli sendiri malah ribet gini.

2. Jadwal Ke Rumah Sakit

Nanti Hari Rabu 11 Januari aku bakal memenuhi jadwal kontrol di Rumah Sakit UIC (University of Illinois at Chicago) untuk perawatan akar (root canal). Soalnya gigiku ada yang udah bolong gede banget sampai ke akar. Jadwal ini udah aku tunggu-tunggu sejak September 2022.

Nah, seandainya si klinik biasa itu belibet soal asuransinya, aku bakal pindah periksanya ke rumah sakit gigi ini aja. Soalnya, waktu masuk ke dalam gedung (pas aku bikin jadwal, aku pernah dateng ke sini: 1 jam perjalanan naik kereta), aku lihat papan nama asuransi yang aku pakai. Gede banget. Wah, mereka pasti kerja sama. Harusnya gampang juga dong pakainya.

3. Anak Pertama Masuk Sekolah Lagi

Yak, kembali ke rutinitas mengantar anak sekolah di suhu kisaran 5C sampai -5C. Dingin-dingin bikin males wkwk.

Anaknya sih, di rumah dia enjoy, ke sekolah juga excited. Gara-gara hal ini, aku jadi kepikiran buat homeschooling. Toh dia juga sering diajarin macem-macem sama aku dan suamiku. Kayaknya ini bakal jadi topik yang aku cari dari blog temen-temen selain buat 'ngasuh' blog wordpress terbaruku.

4. Mulai Belajar Bahasa Arab

Tanggal 15 Januari nanti kelas Ilmu Sharaf dari program BISA bakal muali belajar. Aku memang udah pernah belajar di sini hingga lulus 4 tahun yang lalu. Namun, karena ilmunya gak pernah dipake, ya, ilang aja.

Mana aku juga jadi jarang baca al Quran :'( Mudah-mudahan dengan join kelas ini aku juga jadi lebih termotivasi buat ngaji lagi.

5. Memperjuangkan Internet Gratis

Sebenernya, aku masih qualified dengan program pemerintah untuk mendapatkan internet gratis. Aku cuma butuh dokumen pendukung. Mudah-mudahan aku coba telpon kantor WIC dan minta dibuatin surat.

Btw, kok aku belum pernah cerita soal WIC di sini, yak? Wkwk

6. Menang Giveaway My.Id

Alhamdulillah, gak nyangka! Lumayan, bisa buat bayar domain dan hosting buat tahun depan.

(Padahal udah sebulan belum diutak-atik lagi sibuk-sibuk sama urusan lain 🙃)

Update

Senin, 9 Januari 2022

Kejutan! Dapet telpon dari Friend Health ngingetin appointment besok. Berhubung yg nelpon gak berurusan dengan asuransi, dia cuma bilang kalau besok mau deep cleaning, aku harus bayar $100. Terus dia bakal minta orang yg ngurusin buat nelpon balik. 

Sayangnya, itu pas jam 3, pas aku jemput Razin dari sekolah. Mana si bapak kayaknya lagi di kamar mandi karena pas aku balik, dia udah siap-siap mau keluar apartemen. 

Dia bilang ada mailbox masuk. Katanya, alasan authorization-nya ditolak karena kondisinya tidak mencukupi buat dapet tindakan deep cleaning. Hh... 

Lah ternyata, mereka kirimnya ke asuransi County Care, yg dari medicaid jaman aku hamil dulu. YAIYALAH GAK BISA orang itu udah mati asuransinya 🤦‍♀️

Heran deh, sama resepsionisnya yang udah aku jelasin kalau asuransi itu udah mati. Makanya aku sempet pakai sliding scale. Terus sekarang aku BELI SENDIRI asuransi gigi.

Bukan cuma itu. Aku ngambil job pertama dari Ibusibuk. Suruh bikin Ig story. Susah banget bikin video story kayak gitu, jadi terpaksa aku upload di reel dulu. 

Diliat sama si bapak. Dia bilang, masa mau upload sesuatu, muka pucet gitu? Bukannya gak bisa kan, cuma males. Kalau mau ngelakuin sesuatu, ya, jangan setengah hati. 

Alamak, bukannya ini yang emang lagi aku kejar? Mengerjakan sesuatu HANYA yang bisa aku kerjakan sepenuh hati. 

Dalam satu hari, aku dibawa terbang tinggi dengan memenangkan giveaway di dua akun, lalu jatuh dengan komplikasi asuransi gigi dan tugas yang dikurasi oleh sang perfeksionis. 

Selasa, 10 Januari 2022

Life gets harder. Story ibusibuk yg aku kirim salah hashtag, jadi harus diulang. Kunci belakang yang aku pakai kemarin sore habis dari FRC raib entah ke mana. Nunggu bus mau ke kampus buat ngeprint malah ketinggalan gara2 kedistraksi sama HP. 

Akhirnya aku langsung cus ke Friend Health. 2 kali muter gara2 salah jalan. Terus ternyata, pas aku ke front desk, dia bilang, on file cuma ada asuransi lama, County Care. Dia bilang masih aktif. Gimana sih? Kan kemarin udah aku kasih kartu asuransi yang baru. Kok gak dimasukin??

Aku tahu. Bener kesalahan yang aku lakukan emang karena aku udah lelah. Kurang makan, kurang tidur. Tapi banyak masalah di luar itu juga! 

And everything gets more complicated. Front desk di sini telpon asuransi Delta Dental. Mereka kasih harga $319-385 buat periodontal cleaning dan aku harus bayar 50%. Lah, itu kan lebih mahal daripada sliding scale fee? 

Anehnya, kalau sliding scale fee, klinik emang ngasih harga segitu buat prosedurnya. Gak ada embel-embel. Ini asuransi malah seenaknya ngasih harga yang jatohnya malah lebih mahal. 

Well, kalau dibandingin sama no insurance at all dan self pay, lebih mahal lagi sih. Tunggu, mending di klinik di Hyde Park dong? Kan harganya juga $300/quad. Ini tanpa asuransi dan bayar sendiri. 

Berhubung aku sampai sini jam 11an, si stafnya break dulu sampai 12.30. Dia juga tadi diarahkan buat nelpon ke nomor lain di CS asuransi dan belum diangkat. Jadi aku tunggu sampai staf di sini beres istirahat dan udah ngomong sama pihak asuransi. 

Dan, karena aku udah punya asuransi, aku gak bisa dapet sliding scale lagi. Oh man, why... 

Wait, kok kemarin aku bisa pakai sliding scale padahal katanya County Care juga aktif? Gimana sih? 

Jadiii... Si Carmen (orang di front desk) itu ngejelasinnya belibet dah. Asuransi itu mau nanggung kalau harga deep cleaning di range $319-$385. Klinik Friend Health ngecharge prosedur itu $344 (ini buat pasien tanpa asuransi dan gak dapet sliding scale).

Nah, asuransi kan nanggungnya 50%. Jadi aku bayar $172. Lebih mahal daripada sliding scale. 

Jadi besok aku harus tanya ke UIC, prosedur apa yang aku butuhkan, berapa harga tanpa asuransi, range yang ditanggung asuransi, persentase yang ditanggung, dan, yang paling penting, aku harus bayar berapa. Besok itu menentukan asuransi ini worth it apa enggak.

Anyway, aku cancel semua appointment di Friend Health meninggalkan diriku yang cuma dapet bersihin plak bagian gigi atas doang :')

Rabu, 11 Januari 2022

Saking banyaknya pikiran di kepala, aku jadi gak bisa tidur pules semalaman. Pasti kebangun jam 2an pagi. 

Salah satunya gara-gara lupa naroh kunci. Yang ternyataa... Ada di saku jeans pak suami. Ya iyalah, ngapain pakai celana orang buat keluar. Pasti lupa kalau naroh barang di sana 😅

Sampai di UIC Dentistry, aku daftar ulang di lantai 1. Di tempat registrasi itu ada sekat transparan dengan logo Delta Dental tertempel berukuran besar. Wajar dong kalau aku pikir harusnya gampang pakai asuransi ini. 

Ternyata enggak juga, guys. Setelah itu kan aku check in di lantai 3, di areanya endodontis. Front desknya aja gak bisa memverifikasi asuransiku. Dia harus telpon sendiri buat nanyain. Bau-Bau gak bener gak, sih? 

Setelah nunggu sampai jam 1.40, tiba-tiba dipanggil dokter. Dicek giginya pakai spray dingin, mana yang lebih sakit. Terus X-Ray 2x (yg perbagian dan satu kepala). Hasilnya, di atas gigi yang bolong ada zona berwarna hitam, udah ada infeksi. Di akar gigi sebelahnya yang dulu dapet root canal di Indonesia, ada infeksi sedikit juga. 

Jadi, di gigi yang bolong perlu root canal dan di gigi sebelahnya perlu root canal re-treatment. Biayanya, kalau tanpa asuransi $708 + $709. Kalau dengan asuransi, aku bayar deductible $50 plus 50% harga treatment. 

Menariknya, harga treatment yang dimaksud, bukan biaya tanpa asuransi, melainkan biaya yang disetujui antara pihak klinik dan asuransi. Ternyata, harga itu lebih murah! Jadi 50%-nya adalah $300 + $286. Waw! 

Oke, aku mulai melihat ada hal bagus dari semua ini. Ternyata asuransi ini lebih terasa manfaatnya untuk treatment yang harganya lebih mahal. 

Anyway, jadwal treatment-nya masih bulan April 🙃 Ya sudah gapapa, tunggu aja. 

Jumat, 13 Januari 2023

Mencoba menyelesaikan apply visa yang cukup challenging. Terus nelpon UChicago Medicine buat ngecek unpaid, billing. Alhamdulillah gak ada. 

Nelpon Friend Health buat nanya billing. Bener dugaanku, biaya deep cleaning waktu itu masih dikirim klaimnya ke County Care. Aku minta update biar dikirim ke Delta Dental. Alhamdulillah beres, tinggal nunggu 30 hari. 

Tinggal fokus belajar bahasa Arab :)

Btw, aku nerima surat dari County Care yang ngasih rincian dan alasan sangat jelas kenapa kemarin prosedurku ditolak. Aku jadi penasaran, asuransi ini masih aktif? Jadi, benefit apa aja yang bisa aku dapat? 

Sabtu, 14 Januari 2023

Udah bikin jadwal ambil data sidik jari buat visa Canada, aplikasi juga lagi diproses.

Aplikasi buat dapetin diskon langganan wifi di apartemen juga udah disetujui sama badan pemerintah (terus somehow, gak perlu masukin dokumen apapun, cuma paspor aku). Tinggal aku tunggu konfirmasi dari perusahaan tempat aku langganan. Semoga cepet prosesnya. Lumayan, tagihan $30/bulan jadi $10/bulan. 

Penutup

Sekian curhat minggu kedua di bulan Januari. Pelajaran yang aku dapat, hampir semua masalah di minggu pertama Januari selesai di minggu ini. Jadi ya, ternyata masalah itu pasti selesai pada waktunya atau simply expired. ❤️

Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.

Related Posts

4 komentar

  1. Btw, Senin, Selasa, dan Rabu-nya masih tertulis tahun 2022, Teh Ilma ehehe.
    Gara-gara membaca tulisan ini, jadi inget jadwal cek gigi 6 bulan sekali, yang harusnya bulan November lalu, wadawww sudah telat hampir 2 bulan. Baiklah, segera reservasi.

    Semoga cepat sembuh giginya ya Teh Ilma. Dan diberikan kelancaran olehNya dalam beraktivitas. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh hahaha. Ini aku tulis updatenya di HP, bener-bener habis ada kejadian, langsung tulis. Jadi kadang nulis pas lagi di klinik, di jalan, atau baru sampai rumah. Jadi gak fokus nulis tanggalnya 😅

      Yuk teh dirawat terus giginya :D

      Aamiin Ya Allah :)

      Hapus
  2. Waduh...masih nunggu sampai April 2023. Itu engga nyut-nyutan kah giginya? Harus jeli yah milih asuransi jangan sampai salah, malah jadi rugi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan sakit kalau ada sisa makanan yang nyangkut, Teh :') Beginilah kondisi sistem pelayanan kesehatan di Amerika. Mau benerin gigi bolong aja nunggunya lamaa

      Hapus

Posting Komentar