Ilma Hidayati Purnomo

Uji Coba Buat Blog Wordpress Hosting Sendiri

Blog Wordpress yang ingin aku buat ini murni dalam bentuk uji coba karena rasa penasaran yang sulit dibendung. 

Langkah-langkah Menyusun Blog Wordpress

1. Menentukan judul, alamat website, dst

Aku sudah menentukan akan membuat blog dengan alamat ibusurvive.com. Termasuk kalau buat akun lainnya, username-nya sama: ibusurvive.

Judulnya: Ibu Survive: Cerita Ibu Rumah Tangga yang Survive Tinggal di Luar Negri 

Tagline: striving immigrant mother 

Tag/categori: Rencananya secara umum akan ada dua jenis tulisan: berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris. Topiknya sama tapi sudut pandang pembahasannya mungkin agak berbeda. 

Untuk kategorinya mencakup: Cara Merawat (How to Take Care of): 1) Diri sendiri (Self), 2) Rumah (House), 3) Suami dan Anak (Husband and Kids) 

Niche-nya jelas: motherhood. Pokoknya segala hal yang berhubungan dengan kehidupan seorang ibu. Entah itu hubungan dengan suami, parenting, atau cara ngurus rumah. 

Gaya penulisan: curhat 10% (tentu yang tidak cringe), lebih banyak tips sederhana dan aplikatif, bijak, mengusung berpikir positif, penuh hikmah, dan belajar dari kesalahan. Memanggil diri sendiri dengan istilah MinSur (Admin Ibu Survive) tapi sebisa mungkin digunakan secara minimal biar enggak alay. 

Tulisannya harus humoris, isinya deep talk tapi singkat dan padat dan mudah dipahami. Mengalir dengan enak juga.

Intinya biar enggak terlalu curhat tapi bikin tulisan yang related untuk sesama ibu rumah tangga yang merantau. 

Di awal tulisan selalu ada pertanyaan yang mungkin bikin senyum kayak "Ibu, masih ingatkah pertama kali menginjakkan kaki di tanah rantau? Yuk simak dulu cerita MinSur." Terus cerita bisa pakai kata ganti saya. Jadi kayak menyampaikan cerita orang lain, padahal yang nulis ya, diri sendiri. 

Tulisan minimal 800 kata, kalau bisa update setiap hari dengan 2/3 gambar.

Palet warna: Hijau aja deh. Belum kepikiran juga sih. 

2. Beli domain dan hosting

Berdasarkan artikel di https://penasihathosting.com/ katanya, Domainesia hostingnya paling murah. Punya 10 kelebihan lah. Ya udah, aku ikut aja wkwk

Setelah aku liat-liat di tempat lain emang ternyata paling murah sih. Tapi ini jenis hosting biasa gitu, nama paketnya Starter. Bukan khususon buat Wordpress. Murah juga masih Rp 14.000/bulan untuk setahun. 



Aku pilih lokasi server Singapura karena prospek orang-orang yang bakal baca blog ini dari luar Indonesia juga. 

Nah, kan, buat hosting aja udah habis Rp 168.000.

Sebetulnya gratis domain juga tapi ekstensinya xyz sama my.id. Aku pinginnya (dot)com. Jadi bayar lagi. 



Sekalian instalasi otomatis Wordpress. Ini gratis. Di bawahnya langsung ada form buat isi username dan password Wordpress. 


Total segitu. Tinggal masuk troli. Oh, bikin akun di Domainesia dulu sih. 


Jatohnya ternyata tetep segitu. Dah, saatnya bayar dulu. 

3. Transfer OVO ke Gopay

Ternyata duitku adanya di OVO. Di Gopay tinggal Rp 30.000. Kucari lah cara transfer. Ternyata gampang. 

Buka aplikasi OVO. Pilih transfer bank. Pilih Bank CIMB NIAGA. Masukin nomor rekening 2849+no hp. Misal 284908121231234. Udah nanti keluar nama penerimanya Gopay Il** Pu*****

Kena biaya admin Rp 2.500 sih. 

Dah tinggal bayar pake Gopay. Aku masuk ke email invoice dari Domainesia terus klik Bayar Sekarang pakai QRIS. Klik Pay Now masuk aplikasi Gojek. 

Dah tunggu konfirmasi dari Domainesia.

Ternyata konfirmasinya berupa instant deployment. Jadi, udah bisa langsung akses dashboard Wordpress. Wah, so easy! Bahkan domainnya juga udah bisa diakses! 

Oke, aku ulik-ulik dulu deh. Nanti update lagi di sini. 

Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.

Related Posts

Posting Komentar