Mama Razin (Ilma Hidayati Purnomo)

Sebamed Lip Defense dan Vaseline Petroleum Jelly: Andalan Kulit Kering

Hai sobat Mamz, senang sekali bisa menyapa lagi setelah vakum satu minggu. Sekarang udah masuk bulan September, artinya di sini mulai memasuki musim gugur. Apa yang ada di bayangan sobat Mamz dengan musim gugur?

Sebamed lip defense dan vaseline petroleum jelly

Musim gugur identik dengan daun-daun yang berubah warna, mengering, dan berjatuhan dari dahan. Angin kencang juga setia menyapa. Suhu udara mulai sejuk cenderung dingin. Kelembaban udara juga menurun. Buat Mama Razin yang kulitnya cenderung kering, ini awal dari masalah kulit. 

Dua tahun lalu, saat baru sampai di kota Chicago, Mama Razin sempet kaget dengan keringnya udara di sini. Mama Razin kasih contoh, ya. Misal habis mandi terus keringin badan pakai handuk. Handuknya kan jadi agak basah, tuh. Taroh aja handuknya di jemuran di dalem rumah. Setengah jam kering sendiri. 

Pelembab bibir sebamed lip defense
Suhunya sama, kelembaban cuma setengahnya

Nah, ini juga berdampak sama kulit Mama Razin yang emang sejak dulu bermasalah: terlalu kering. Mama Razin inget banget waktu masih SD, mamanya Mama Razin getol banget ngolesin Vaseline Lotion Intensive Care ke lengan sama tungkai. Nah, begitu Mama Razin SMP kan udah gede tuh, disuruh pake sendiri. Dasar Mama Razin orangnya malesan, ga pernah lagi pakai lotion.

Eh, pas SMA baru keliatan deh kulit lengan sama tungkai kering gitu. Keliatan ada retak-retak halusnya. Mulai panik kan, akhirnya pakai lotion lagi. Terus taunya udah gak mempan dong. Kebasuh air aja langsung keliatan kering lagi :')

Itu masalah kulit lengan sama tungkai. Belum masalah kulit bibir. Duh, jaman sekolah tuh kulit bibir Mama Razin kering parah. Pecah-pecah, mengelupas, dan berdarah. Tapi, tangan Mama Razin tuh jail minta ampun. Kulit bibir yang mengelupas itu malah dikelupasin sekalian. 

Mama Razin inget, banyaaak banget temen bahkan guru Mama Razin yang suka ngingetin supaya berhenti dari kebiasaan ngelupasin kulit bibir. Tapi emang dasarnya kebiasaan dan lama-lama kayak ketagihan, begitu ngelupas dikit aja dan lagi bosen dengerin guru ngajar di kelas, udah deh jari-jari main, ngelupasin kulit bibir dikit-dikit. Padahal kalau udah terkelupas semua, ya perih kadang berdarah. Parah lagi kadang sampai bengkak. 

Apa Mama Razin ga pernah ke dokter kulit? Wah, sering! Selain kulit kering, wajah Mama Razin juga sempat bruntusan. Jadi ya, ke dokter dikasih salep, lotion ini itu, kadang vitamin kulit yang di minum juga. Dasar Mama Razin orangnya gak telaten, cuma bertahan seminggu deh itu semua salep dari dokter. Setelahnya udah ga dipake lagi. Ga mau kontrol lagi. 

Ternyata, sobat Mamz, semua masalah kulit itu baru bisa beres setelah nikah. Soalnya Papa Razin galak, tapi maksudnya di sini galak karena perhatian, ya. Dia minta Mama Razin buat beresin semua masalah kesehatan itu dengan ngikutin solusi-solusi yang dia kasih. Mulai dari perbaiki apa yang dimakan (stop makanan ga bener), banyak minum air putih, dan rajin pakai pelembab yang cocok. Wuih, beneran sembuh, dong. Masya Allah. 

Sama Papa Razin emang Mama Razin disuruh cobain pelembab yang cocok apa aja. Ternyata pelembab bibir yang cocok ada satu yaitu Sebamed Lip Defense Stick SPF30. Gimana Mama Razin bisa kenal sama produk ini? Memang sempat diresepin pelembab ini sama dokter. Tapi dulu kan males pakenya wkwk.

Vaseline petroleum jelly
Dua senjata melawan keringnya musim gugur

Setelah menikah memang sempet tinggal di Jawa Timur sekitar 2 tahun. Pakai Sebamed Lip Defense ini udah cocok. Nah, sama Papa Razin udah diwanti-wanti, nanti tinggal di Amerika, udaranya kering. Kalau Mama Razin cocok sama pelembab bibir ini, harus beli beberapa buat ntar di Chicago.

Waktu itu cuma beli 2 karena mikir, kayaknya di Amerika ada juga, deh. Ternyata emang pas sampai di sini dengan kondisi udara yang kering juga tetep cocok pakai Sebamed Lip Defense. Kulit bibir tetep lembut. Tapii, ternyata malah di sini gak ada yang jual dong. Sedih :')

Sebamed Lip Defense: Pelembab Bibir Pilihan Mama Razin

Nah, kenapa Sebamed Lip Defense Stick SPF30 cocok banget buat Mama Razin baik di tempat tropis maupun subtropis? Setidaknya ada 5 alasan. 

1. Teksturnya pas

Tekstur Sebamed Lip Denfense Stick ini pas, gak terlalu licin juga gak keset. Ada kan pelembab bibir yang licin banget kayak ngelumurin minyak ke bibir. Ada juga pelembab bibir yang keset. Jadi pas ngolesin sekali, kok rasanya belum keoles, ya? Olesin lagi beberapa kali jadinya. Nah, Sebamed Lip Defense tuh gak kayak gini. Cukup sekali oles udah nempel dan gak terlalu licin. 

Teksturnya juga gak lengket dan kental kayak madu atau petroleum jelly. Sebamed Lip Defense ini ringan di bibir. Soalnya Mama Razin juga geli kalau pakai pelemban bibir yang lengket. Rasanya kalau mau ngomong atau minum pakai gelas kan jadi nempel-nempel gitu. Nah, Sebamed Lip Defense sama sekali gak kayak gini, ya, sobat Mamz. Pokoknya nyaman deh di bibir dan sangat melembabkan. 

2. Gak gampang kehapus

Meskipun teksturnya ringan, Sebamed Lip Defense gak gampang kehapus, lho. Mama Razin cukup pakai 2x sehari juga bibir udah terasa lembut. Kebasuh air minum atau air wudhu gak otomatis menghapus lapisan pelembab sampai bibir kering. Tapi gak nempel banget kayak make up waterproof, kok. Gak perlu make up remover buat ngehapusnya. Cukup pakai tisu aja.

3. Bisa ditimpa pewarna bibir

Sebamed Lip Defense SPF30 itu ga ada warnanya ya, sobat Mamz. Karena ini sejatinya adalah pelembab buat ngobatin bibir pecah-pecah. Tapi bukan berarti pelembab ini gak bisa ditimpa gincu, lho. Mama Razin biasa pakai Sebamed Lip Defense terus ditimpa sama pewarna bibir mate yang cair. Tinggal diratain dikit pakai jari, udah deh. Bibir lembab dan jadi berwarna. Keren banget, kan? 

4. Ga mengandung bahan-bahan yang mengiritasi

Jadi, gini sobat Mamz, ternyata ada beberapa bahan yang biasa ada di pelembab bibir yang justru memperparah kondisi bibir yang kering. Contohnya, menthol. Sobat Mamz sering nemuin pelembab bibir yang menimbulkan sensasi dingin pas dioles ke bibir, kan? Nah itu berarti mengandung menthol. 

Pertama kali Mama Razin nyobain pelembab bibir yang ada kandungan mentholnya, Mama Razin langsung sadar, wah gak cocok ini. Soalnya, kalau dioles ke bibir, sensasinya bukan dingin. Tapi cekit-cekit perih gitu. Kalau diterusin pakai, bukannya tambah halus, malah bibir semakin kering. So, I say no to menthol dan Sebamed Lip Defense tentu saja memenuhi persyaratan ini. 

Sebamed Lip Defense Stick SPF30 juga gak mengandung pewangi atau fragrance. Parfum pada pelembab bibir memang punya dua sisi. Di satu sisi bikin orang yang pakai ngerasa fresh dan gak eneg dengan pelembab di bibirnya. Di sisi lain, pewangi justru bisa mengiritasi kulit bibir, sobat Mamz.

5. Mengandung pelindung sinar matahari 

Sobat Mamz pasti tau kan kalau kulit kita terpapar sinar matahari terlalu lama bisa menyebabkan hiperpigmentasi (keadaan warna kulit menggelap)? Oleh sebab itu, dalam pelembab bibir pun sebaiknya ada pelindung sinar matahari. Nah, dalam Sebamed Lip Defense ini udah ada tabir suryanya, jadi paket lengkap deh. 

Apakah Sebamed Lip Defense ini sempurna? Hehe tidak ya, Sobat Mamz. Pelembab bibir ini ada sedikit bau yang mungkin kurang menyenangkan bagi beberapa orang dan menurut Mama Razin, kalau pas nge-roll stick-nya, harus hati-hati soalnya gampang patah. 

Udah bahas pelembab bibir, sekarang bahas pelembab kulit. Kalau boleh jujur ya, Mama Razin masih males pake pelembab kulit. Soalnya kan harus nyediain waktu buat ngolesin ke tangan, kaki, dsb. Belum lagi kalau lengket ke baju panjang yang Mama Razin pakai. Duuh ngga deh... 

Sayangnya, udara kering di sinu bener-bener ganas sobat Mamz. Kulit tangan Mama Razin bakalan kering parah, retak, hingga luka-luka dan berdarah. Padahal gak Mama Razin apa-apain. Mau gak mau harus pakai pelembab deh. Satu-satunya yang cocok ya cuma Vaseline Petroleum Jelly. 

Vaseline Petroleum Jelly: Pelembab Kulit Pilihan Mama Razin

Buat pelembab ini, sejujurnya, Mama Razin gak suka sama teksturnya. Lengket banget kan. Tapi pelembab ini emang kuat banget mengikat kelembaban di kulit. Jadi meskipun udara di sini kering banget, tangan Mama Razin tetep lembab. 

Cuma ya, Mama Razin gak pakai ini ke seluruh tubuh, ya. Gak kuat sama ke-lengketan-nya. Jadi cuma di punggung tangan aja yang biasanya kering parah banget. 

Okay, kira-kira ada yang perlu ditambahin lagi soal tulisan pelembab-pelembab ini ga, sobat Mamz? Mungkin pingin tau harganya? Yuk, tulis di kolom komentar! 

Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.

Related Posts

25 komentar

  1. Iyup dunk kasih range harga mamz... Pengen tau, kepoo wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang Sebamed Lip Defense sekitar Rp 50 - 60 ribu. Kalau vaseline petroleum jelly sekitar Rp 20 - 30 ribu. Hehe

      Hapus
    2. Alhamdulillah dapet harganya disini hihi.. Aku mo nyari di copii ini mbak wkwk

      Hapus
  2. Wah..aku pun suka gatel dengan bibir kering mamz...jadi pingin nyoba..
    Pelembab kulit vaseline ini memang recomended ya mamz.. Bekal yg direkomendasiin jamaah haji dan umroh...hehe

    BalasHapus
  3. Rekom banget nih buat isteri,,,, tapi bisa juga nggak buat kaum laki laki ???

    BalasHapus
  4. Mom, lip defence ini ada spfnya? Aku selama ini males pake protection bibir yg balm gt karena lengket. Ini enggak mba? Pingin coba juga.

    Kalau vaseline petroleum jelly aku dah selalu pakai ;) awet juga ga abis2 wkwkwk

    BalasHapus
  5. Kebalik sama pengalaman Bunda, waktu ke china ternyata lip balm yang di bawa kurang efektif, akhirnya beli lagi disana. Pas banget belinya di toko muslim dekat salah satu mesjid. Waktu itu ayahnya bilang, beli aja lebih setelah mendengar penjelasan yang punya toko bahwa mereka sehari-hari pakai itu. Nah, dasar bandel karena merasa di tanah air nanti gak terlalu memerlukan, Bunda hanya beli 1.

    Ternyata lip balm itu pas juga untuk di iklim kita, apalagi Bunda juga sudah mulai masuk pra-menopouse yang cenderung kulitnya mudah mengering. Yach. Penyesalan selalu tiba di belakang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran bun, penyelasan selalu datang belakang, kalo di depan namanya pendaftaran wkk

      Hapus
  6. Vaseline ini memang andalan ya... Waktu ke tanah suci, saya juga mengalami masalah kulit kering, gatal dan beruntun. Beli deh vaselin di farmacy depan hotel... Alhamdulillah sembuh

    BalasHapus
  7. Aku juga suka pake vaseline, selain untuk bibir, bisa juga untuk kulit yang lain ya mba.
    Enak.. Hemat biaya wkwkw
    Emang dasar akunya ajah yang pelit :(

    BalasHapus
  8. Bersyukur kita tinggal di Indonesia yang sangat ramah cuaca dengan kondisi kulit secara umum. Walaupun kita punya musim panas, tapi alhamdulillah ga ekstrem juga ya panasnya

    BalasHapus
  9. Sempat lihat para youtuber yg tinggal di luar negri pakai ini juga. Kayaknya vaseline ini awet banget ya mba kalau dipakai.
    .
    Apalagi kalau dipakai cuma untuk bibir aja.hehee,,

    BalasHapus
  10. Sewaktu bapak, ibu, kaka, pergi haji dibawain vaseline. Di rumahh juga ada. Eh kok samaan ya. Wkwkwk

    BalasHapus
  11. Vaseline ini memang legend ya mbak, dari jaman kecil udah kenal produk yang satu ini hehehe

    BalasHapus
  12. Hiihiiii. Vaseline memang penyelamatku selama menempa diri, kuliah di kota Pahlawan. Tapi entah berubah saat pindah daerah :3
    Makasih Mbak Ilma, jadi nostalgia masa laluuuu

    BalasHapus
  13. wah keren aku baru tahu jika sebamed punya produk seperti ini, aku tahunya produk buat baby anakku pakai yang sabun nya.

    mbak aku mikir lho, handuk basah setangah jam dijemur bisa kering wow suhu berapa mbak?


    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mb, aku juga baru tahu.. aku kira juga produk buat baby aja.
      keren!

      kalo vaseline sih udah legend ya, ga diragukan.

      Hapus
  14. produk sebamed emang nampol2 ya mom :D dan terjamin kualitasnya :D
    btw vaselline itu kayak holy grail yak bisa dipake di tiap keperluan bahkan sampai ada life hacknya :D

    BalasHapus
  15. Pernah juga punya masalah kulit kering. Ini produknya bisa dibeli dimana ya mam, penasaran sama sebamed liphnya ..

    BalasHapus
  16. Mungkin karena memiliki jenis kulit berminyak dan gampang keringetan, Bunda jarang banget pakai pelembab apapun.
    Waktu umroh juga bawa vaseline, tapi malah dipakai teman-teman jamaah yang lain.

    Ngalamin bibir kering dan pecah justru pas kena covid kemarin, mungkin karena demam sampe 9 hari.

    BalasHapus
  17. Woww perlu dicoba nih, apalagi dicuaca pancaroba seperti sekarang, kulit muka terasa kering dan perih

    BalasHapus
  18. Keren banget sih mbaaa... Bisa menetap di USA... Sholawatiin duluuu semoga pan kapan bisa berlibur kesana aku.. hehehehe

    BalasHapus
  19. Bener banget mbak, negeri 4 musim perubahannya lumayan ekstrim. Anakku tahun lalu masih adaptasi di Turki, pas vidio call bibirnya sampai pecah parah, tak suruh kasih vaselin, belum nemu dia. Akhirnya pakai madu saja.

    BalasHapus
  20. vaselin andalanku wkwkwk waktu ke mekkah aku juga gitu kering banget, gitu juga pas hamil anak kedua masyaa Allah keringnya ampe pedih-pedih.... tapi emang, sayangnya vaselin ini lengket banget ya mba

    BalasHapus

Posting Komentar