Mama Razin (Ilma Hidayati Purnomo)

Berinfak di LAZ RYDHA Dapat Bonus!

Siapa yang udah pernah nyobain wakaf atau infak online? Acungkan tangan! Gimana pengalamannya? Mudah banget, ya? Cukup diujung jari. Segampang belanja online hehe. 

Lembaga amil zakat sekarang udah kekinian banget. Tentu saja, mereka berusaha penuh untuk memudahkan orang yang ingin berzakat, berinfak, atau berwakaf. Seperti yang dilakukan oleh LAZ (Lembaga Amil Zakat) RYDHA. 

Donasi di LAZ RYDHA dapat buku

Serunya lagi, berinfak di sini bisa dapet bonus juga, lho! Di samping pahala, insya Allah. Mau tau dapet bonus apa kalau berinfak di LAZ RYDHA? Baca pengalaman Mama Razin berinfak di sini, ya! 

Apa itu LAZ RYDHA? 

LAZ RYDHA adalah lembaga yang mengelola zakat, infak, wakaf, dan sedekah. RYDHA sendiri merupakan akronim dari Rumah Yatim Dhuafa Hifzul Amanah.

Seperti namanya, awal mula lembaga ini dibentuk atas dasar keprihatinan pendiri terhadap anak yatim dan dhuafa. Pendiri berinisiatif untuk membahagiakan mereka dengan memberi santunan di hari raya Idul Fitri. 

Lembaga ini sudah dipelopori sejak tahun 1994. Dulunya, lembaga ini berbentuk yayasan yang kegiatan utamanya untuk meningkatkan derajat anak yatim dan dhuafa.

Saat ini, LAZ RYDHA sudah menjadi yayasan berbadan hukum dan lembaga amil zakat yang diaudit secara berkala. Jadi, sudah tidak diragukan lagi kredibilitasnya ya, Sobat Mamz. 

Program yang Ditawarkan 

Sekarang LAZ RYDHA sudah memiliki banyak sekali program. Mulai dari bantuan pendidikan, bencana hingga program khusus di bulan Ramadhan.

1. Peduli Pendidikan

LAZ RYDHA memiliki program beasiswa yang bernama B-BEST (Bantuan Bea-Study) untuk membiayai pendidikan anak yatim dan anak dari keluarga dhuafa. Sudah banyak anak yang dibantu oleh program ini mulai dari jenjang SD hingga universitas.  

LAZ RYDHA peduli pendidikan anak yatim dan dhuafa
Sumber: https://www.lazrydha.org/bantuan-bea-study/

LAZ RYDHA juga memberikan bantuan dana hingga gratis bagi santri yatim dan dhuafa dalam program Rydha Quraniq Boarding School (RQBS). 

Program donasi Peduli Pendidikan dibagi dua: Orang Tua Asuh dan Kakak Asuh. Dalam program Orang Tua Asuh, donatur melakukan donasi secara rutin kepada anak asuh (anak yang mendapat santunan B-BEST) setiap bulannya dalam nominal tertentu sesuai dengan jenjang sekolahnya. Sedangkan dalam program Kakak Asuh, merupakan program donasi patungan biaya pendidikan.

Selain program-program di atas, LAZ RYDHA juga punya Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) RYDHA. Di sini, anak yatim, dhuafa, dan umum bisa mendapat kesempatan belajar Al-Quran secara gratis untuk tingkat PAUD, TK, dan SD. 

Ada juga Yatim Learning Course (YLC) yaitu bantuan pengajaran bagi anak yatim dengan mendatangkan guru privat. Ada lagi program Paket Perlengkapan Sekolah (PARSEL) yaitu bantuan penyediaan perlengkapan sekolah untuk anak-anak yatim dan dhuafa berupa sepatu, seragam, tas dan alat tulis. 

Udah habis programnya? Beluum ^^ Ada program untuk pengembangan karakter juga yaitu LAZ Education Program. Terakhir, ada program beasiswa tahfidz. 

Gimana? Sobat Mamz jadi lebih semangat membantu kehidupan anak yatim supaya mereka punya masa depan lebih baik, kan? Yuk, kita bisa bantu mereka lewat segudang program pendidikannya LAZ RYDHA. 

2. Peduli Ekonomi

LAZ RYDHA juga punya program bantuan untuk memberdayakan dhuafa supaya menjadi orang-orang yang mandiri secara ekonomi. Di program Gerak Dhuafa, LAZ RYDHA membantu menyokong dhuafa (atau disebut sebagai mustahik, orang yang berhak mendapat zakat) dengan memberikan penunjang usaha, seperti etalase toko, gerobak, atau mesin jahit.

LAZ RYDHA bantu modal usaha untuk dhuafa
Sumber: https://www.lazrydha.org/peduli-ekonomi/

Ada juga program Bantuan Modal Usaha. Dalam program ini, mustahik diberikan modal usaha dalam bentuk uang. Harapannya, mustahik yang mendapat modal usaha bisa meningkatkan taraf kehidupannya menjadi muzaki (orang yang mengeluarkan zakat).

Untuk dhuafa yang sudah memiliki mata pencaharian, tetep bisa dapet bantuan dari LAZ RYDHA, lho! Sebut saja program Peternakan Cerdas, Bidan Cerdas, dan Nelayan Cerdas yang merupakan program untuk membina dan memfasilitasi peternak, bidan, dan nelayan.

Ibu rumah tangga bisa dapet program pemberdayaan dari LAZ RYDA juga, yaitu dalam program Ibu Cerdas Mandiri (ICM). Ibu-ibu di desa bisa mendapatkan bimbingan untuk menghasilkan produk berkualitas yang bisa dijual. Dengan adanya program ini, diharapkan ibu-ibu di desa mampu membantu perekonomian keluarganya.

3. Kesehatan dan Kemanusiaan

Program LAZ RYDHA yang gak kalah keren adalah program peduli kesehatannya. Ada program Sanitasi, yaitu program peduli kesehatan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan dan menyediakan alat kebersihan.

LAZ RYDHA juga punya Jaminan Kesehatan Rydha (JAMKESRY), lho. Di program ini, yatim dan dhuafa mendapatkan bantuan biaya kesehatan untuk pencegahan penyakit dan penyembuhan.

Kalau terjadi bencana di desa, LAZ RYDHA juga turun tangan membantu lewat program Sigap Bencana. 

4. Program Ramadhan, Qurban, dan Muharram

Selama bulan Ramadhan, LAZ RYDHA juga menyediakan berbagai program berbagi, di antaranya berbagi takjil, i'tikaf, dan THR bagi anak yatim dan dhuafa.

Kita juga bisa lho berqurban lewat LAZ RYDHA. Di sini kita akan ditawarkan jenis sapi dan kambing yang kita inginkan sesuai kriteria kita beserta harganya. Pastinya, LAZ RYDHA akan menyalurkan secara adil dan tepat sasaran karena lembaga ini secara aktif menyantuni anak yatim dan dhuafa. Otomatis mereka lah yang menerima qurban dari kita. 

Pada bulan Muharram, secara khusus LAZ RYDHA punya program berbagi untuk memotivasi kita berbagi di bulan istimewa ini. Mulai dari biaya pendidikan, peningkatan gizi anak yatim, hingga educational trip. 

Selain program di atas, tentunya ada program utama LAZ RYDHA yaitu ZISWAF (zakat, infak, sedekah, dan wakaf). Semua jenis zakat bisa dibayar di sini, bahkan ada kalkulator zakatnya lho, biar kita bisa tau berapa yang harus dibayar. Buat ibu hamil dan menyusui juga bisa bayar fidyah di sini.

Kontak LAZ RYDHA

LAZ RYDHA berlokasi di Jl. Raya Mauk KM 19 Banyu Asih, Mauk, Tangerang, Jawa Barat. Untuk menghubungi CSnya bisa ke email: lazrydha@gmail.com, telpon ke nomor (021) 5934 1547; 081 7777 002 /0811 9420 201. Bisa juga dengan mengunjungi websitenya dan chat sama CS nya.

Dari Mana Mama Razin Tau LAZ RYDHA? 

Jadi gini, Mama Razin punya temen yang dulu sama-sama nyantri di Daarut Tauhiid Bandung, namanya Yusi Afiah atau biasa dipanggil Teh Sisi. Teh Sisi ini dulunya kuliah di UPI jurusan Bahasa Jerman dan saat ini tinggal di Jerman. 

Pas sekolah dulu, Teh Sisi ini udah pernah ke Jerman, ikut program pertukaran pelajar. Nah, pengalaman Teh Sisi selama berada di Benua Eropa dituliskan dalam sebuah buku yang judulnya Aku, Agamaku, dan Benua Biru. 

Setelah lulus kuliah, Teh Sisi berangkat ke Jerman lagi. Mama Razin kira Teh Sisi lagi sekolah, ternyata lagi ikut suatu program. Beberapa waktu kemudian, Teh Sisi mengumumkan akan menikah sama orang Jerman. Wah, kaget dong, Mama Razin. Gimana ceritanya? 

Buku Eropa, Kita, dan Romantika oleh Yusi Afiah

Teh Sisi ternyata melanjutkan nulis bukunya. Di buku Asa, Eropa, dan Kita, Teh Sisi mulai menceritakan apa yang ia lakukan di Jerman pasca lulus kuliah daaan cerita tentang suaminya juga, tapi sebelum mereka bertemu. 

Kisah yang ditulis Teh Sisi kadang bener-bener mengaduk-aduk perasaan. Misalnya, pengalaman Teh Sisi saat mengikuti program Au Pair dan mendapat keluarga asuh yang abusive. Teh Sisi dikata-katai kasar saat mengasuh anak-anak sebuah keluarga Jerman.

Nah di buku lanjutannya, Eropa, Kita, dan Romantika, Teh Sisi lanjutin lagi ceritanya sampai ketemu suaminya. Uhuyy! Penasaran sama ceritanya? 

Donasi di LAZ RYDHA Untuk Dapatkan Bukunya! 

Teh Sisi ingin bukunya menjadi jalan amal jariyah bagi yang membacanya. Oleh sebab itu, Teh Sisi gak menjual bukunya tetapi menitipkannya ke LAZ RYDHA. Bagi siapa saja yang mau baca bukunya, silakan berdonasi ke LAZ RYDHA nanti CSnya akan mengirimkan soft copy buku-buku Teh Sisi. 

Kemarin setelah dapet pendapatan pertama dari blog yaitu dari Yummy Apps, Mama Razin ingat untuk menyisihkan sebagian uang untuk disedekahkan, sebagai bagian dari rasa syukur. Saat itu Mama Razin ingat ingin berdonasi ke LAZ RYDHA. Waktu Mama Razin cek ke profil Instagram Teh Sisi, ternyata link donasinya udah gak aktif. 

Mama Razin pun menghubungi langsung Teh Sisi dan diberilah link untuk donasi dan membaca buku Asa, Eropa, dan Kita. Ternyata linknya masuk ke CS RYDHA yang udah pernah Mama Razin kontak dulu. 

Tinggal isi datanya terus nanti bakal dibales rekening donasinya. Sobat Mamz bisa pilih mau transfer ke bank apa, terus konfirmasi. Udah deh, e-book dikirim ke WA kita. Meskipun buku ini berbentuk file Pdf, tetep menjadi hak milik Teh Sisi dan siapapun yang mendapatkannya, tidak berhak menyebarkannya :)

Btw, setelah kita berdonasi, CS LAZ RYDHA secara aktif memberi info penyaluran dana dari para donatur, lho. Mama Razin seneng dengan transparansi lembaga ini. Jadi semakin yakin bahwa LAZ RYDHA adalah lembaga yang amanah. 

Gimana? Tertarik berinfak ke LAZ RYDHA dan dapatkan bonus buku? Atau perlu ada review bukunya dulu, nih? Wkwk

Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.

Related Posts

Posting Komentar