Mama Razin (Ilma Hidayati Purnomo)

Content Plan: Kunci Konsisten Ngeblog

Halo Sobat Mamz! Sebagai orang yang sangat tidak konsisten dalam ngeblog kecuali ada yang ngasih deadline kayak Blogspedia Coaching batch 2, Mama Razin sepertinya perlu nih punya content plan buat blog. Hmm, emang content plan itu apa dan seperti apa, ya? Betul kah content plan bisa bantu bloger yang suka loyo kayak Mama Razin biar tetep semangat dan konsisten ngeblog? Check this out! 

Blog goal plan

Apa itu content plan? 

Sederhananya content plan berarti perencanaan konten untuk suatu platform. Misal untuk blog, berarti dalan content plan ada rancangan artikel apa aja yang bakal tayang di blog untuk jangka waktu tertentu. 

Seberapa bermanfaat sih, content plan itu? Menurut Mbak Zulmi dalam Manfaat Content Plan Bagi Bloger Pemula, ada tujuh manfaat content plan terutama buat bloger yang masih awam kayak Mama Razin. Manfaatnya adalah membantu konsisten dan teratur dalam menulis, menambah semangat menulis, mencegah kehabisan ide, menghemat waktu, meratakan jumlah artikel dalam setiap label, mempermudah pencarian postingan, dan membantu mencapai dan mengevaluasi target. 

Singkatnya content plan ini memberi gambaran dalam jangka waktu tertentu ke depannya, blog ini mau di bawa ke mana. Mau diisi dengan artikel apa aja. Jadi supaya ke depannya gak ada alesan, duh bingung mau nulis apa. Atau alesan, ntar aja lah nulisnya. Weits, udah ada rancangannya nih kapan artikel ini terbit di blog. 

Seperti apa content plan itu? 

Menurut Coach Marita dalam artikel Mbak Yunnie yang berjudul 7 Manfaat Content Plan dan Peluang Job Bloger ada beberapa cara untuk membuat content plan. Yang pertama, ditulis tangan dan bisa dikasih aksesoris ala journaling. Kedua, dari template orang lain yang bisa di print atau ngedesai pakai aplikasi Canva. Terakhir, buat di Microsoft Excel atau Google Sheet. 

Terus jangka waktunya berapa lama? Bebas, sobat Mamz. Bisa setahun, sebulan, atau bahkan seminggu. Terus sedetail apa, ya? 

Nah kalau untuk blog, minimal udah ada tema besar, keyword, dan jadwal posting. Nantinya di setiap rancangan bakal di break down rancangan tulisan yang memuat tema, judul, subjudul, dan gambar seperti apa yang mau dimasukkan. 

Untuk seminggu ke depan, Mama Razin udah coba buat content plan sederhana buat blog ini.

Ilma Hidayati Purnomo

Tentang Goal Plan

Nah selanjutnya ada juga rencana apa yang ingin kita capai dari blog ini. Dalam hal kuantitatif, kita bisa menargetkan ada berapa postingan dalam jangka waktu tertentu, berapa page view yang ingin diraih, dan seterusnya. 

Kalau boleh jujur, ya, Mama Razin gak terlalu ingin mematok yang terlalu tinggi. Soalnya bagi Mama Razin, kegiatan ngeblog bagian dari refreshing. Biar gak bosen ngasuh anak dan ngurus urusan rumah tangga aja. Kalau urusan blog bikin spaneng juga, kayaknya Mama Razin bisa stress, gak sanggup wkwk. 

Lagipula, sejak Mama Razin mulai nulis di blog, kalau lagi mematok pingin tulisan ini dibaca banyak orang, biasanya justru kecewa karena gak sesuai harapan. Tapi, di saat gak berharap sama sekali, hanya berusaha nulis sebaik dan sengalir mungkin, malah banyak yang baca. Haha, mungkin balik lagi ke niatnya, ya? Cuma pingin tulisannya tenar atau ingin tulisannya bermanfaat bagi yang baca. 

Tahun 2022, Mama Razin tetep berharap blog ini jadi blog yang hidup dengan goal plan seperti ini. Mudah-mudahan tercapai yaa. 

Ilma Hidayati Purnomo

Peluang Job Bloger

Menjadi bloger juga bisa menghasilkan pendapatan lho. Beberapa caranya dengan content placement, job review, affiliate, dan menyewakan banner. Bisa juga dapet pendapatan dari blog competition, kalau menang hehe

Seperti yang udah pernah Mama Razin singgung di Personal Branding, Mama Razin bertekad ketika nanti bisa berpenghasilan sendiri dari blogging, sebagian akan disisihkan untuk orang lain. Karena selama ini, sejak tinggal di US rasanya sulit dan bingung kalau mau berbagi ke orang lain. Rekening bank Indonesia punya Mama Razin udah mati dan transfer dari sini biayanya gede. Kalau punya penghasilan dari blog, nanti Mama Razin minta tolong tantenya Razin buat kelola. Mohon diaminkan, ya Sobat Mamz :D

Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.

Related Posts

4 komentar

  1. Mba ilma keren banget deh, nyantumin sedekah di planningnya. Semoga berkah ya mba. Semoga goals semuanya tercapai aamiin ;)

    BalasHapus
  2. Wuah Mom, ngescroll bagian weekly plan auto kaget pas baca line tengah-tengah :') Semoga senantiasa sehat ya Mom, tetep semangat demi goals tercapai ya Mom :D

    BalasHapus
  3. Masya Allah..mbak..terima lasih sudah dicolek ditulisannya..

    Ah mulia sekali niat mama Razin...moga Allah ijabah ya mbak.. Aamiiin

    BalasHapus
  4. Semoga suatu saat saya bisa ke USA,,, tulisan di blog plannya bisa jadi bekal ...

    BalasHapus

Posting Komentar