Mama Razin (Ilma Hidayati Purnomo)

Jus Apel: Minuman Penuh Kenangan

Sobat Mamz, siapa yang termasuk tim suka minuman dingin manis? Ayo, ngacung! Tos dulu dong sama Mama Razin. Hehe 

Mama Razin sebetulnya suka apa aja yang manis atau istilah kerennya sweet tooth. Berbeda dengan Mama Razin, Papa Razin malah gak suka makan makanan manis. Dia juga melarang Mama Razin makan dessert yang manis sejak punya gigi berlubang. Alhasil, sekarang Mama Razin melampiaskan hobi manis-manisan ke minuman. 

Tapi, Mama Razin tetep punya standar minuman manis yang aman dikonsumsi. Maksudnya, kalau minum soda kalengan yang bungkusnya warna merah, ya itu tetep gak baik. Kandungan gula dalam satu kaleng sangat banyak, setara dengan makan gula pasir sebanyak 5 sendok makan! Bukan cuma soal bakalan bikin gendut, tapi juga bisa menyebabkan penyakit mematikan dan tidak menular di kemudian hari. Mama Razin gak mau dong, pas tua malah sibuk berobat ke dokter. 

Pilihan yang paling baik bagi Mama Razin adalah minum jus botolan. Eh, tapi gak boleh sembarang jus. Mama Razin cukup teliti soal komposisi jus yang dibeli. Apakah ada tambahan gula, pengawet, pewarna, dan perasa? Atau 100% jus? Juga ada jus tertentu yang kalau diminum agak banyak malah bikin sakit perut. 

Mama Razin pernah nyobain mixed juice yang isinya campuran jus apel, pir, anggur, semangka, dan stroberi. Saking senengnya sama jus itu, Mama Razin kalap dan minum sampai 3 gelas. Tau-tau, malamnya perut Mama Razin bergejolak hingga berakhir menghabiskan malam di toilet.

Setelah Mama Razin browsing di internet, ternyata jus apel, pir dan anggur memang bersifat laksatif ringan, alias melancarkan BAB. Tapi kalau buat orang dengan perut sensitif, bisa jadi diare juga. Sejak saat itu, Mama Razin jadi lebih mawas diri kalau minum jus, terutama jus yang komposisinya campuran.

Akhirnya, Mama Razin pun jatuh cinta sama jus apel botolan. Selain rasanya ringan, ada kombinasi manis asamnya, jus apel juga aman di perut. Tapi, setelah Mama Razin ingat-ingat, jus apel ini hampir selalu ada di momen penting kehidupan Mama Razin, lho. Jadi, kalau lagi minum jus apel, kenangan-kenangan terputar di dalam ingatan. Duh, jadi kayak hujan yang mengingatkan kita pada mantan, ya? Hihi

Mama Razin ingat, awal mula nyobain jus apel itu waktu masih SMP. Papanya Mama Razin penah ngajakin keluarganya ke luar kota dan nginep di hotel berbintang. Hal yang Mama Razin tunggu adalah waktu sarapan karena bisa makan sepuasnya di prasmanan, atau kerennya buffet. Bisa dibilang, sarapan ini menjadi ajang nyobain semua makanan dan masukin sebanyak mungkin makanan ke perut. Soalnya waktu kecil Mama Razin berbadan kurus, biar gemukan dikit, lah. Sampai sekarang kebawa masih kurus ternyata wkwk

Di prasmanan itu pasti tersaji berbagai jenis jus seperti jus semangka, jus sayuran, dan jus apel. Papanya Mama Razin biasanya ngambil jus apel. Mama Razin penasaran, dong, nyicipin. Tapi, impresi Mama Razin bukannya seneng, lho. Kok jus apel rasanya kecut gini, beda sama buah apelnya? 

Saat itu, gak serta merta suka sama jus apel. Mungkin kebetulan dapet jus apel yang rasanya kurang pas di lidah Mama Razin. Tapi, semakin sering Mama Razin bepergian bareng keluarga dulu, jus apel biasanya selalu tersedia entah di hotel, di ruang tunggu bandara atau di pesawat. Jadi, daripada minum minuman yang belum kenal sama rasanya, Mama Razin milih minum jus apel. 

Pengalaman berkesan pertama bareng jus apel yaitu waktu Mama Razin melakukan perjalanan sendirian ke Swiss, Eropa. Jadi, waktu itu Mama Razin baru nikah sebulan dan Papa Razin dapet kesempatan summer program di CERN. Pas ngurus visa, permohonan visa Mama Razin ditolak. Sedih, dong, baru nikah masa udah harus LDM lagi? 

Akhirnya memang Papa Razin berangkat duluan. Mama Razin coba perbaiki dokumen visanya. Alhamdulillah diterima. Perjalanan itu jadi penerbangan pertama kalinya yang Mama Razin lakuin sendirian. Biasanya Mama Razin pergi ke luar negri sama orang tua. Kebayang gimana rasa nervous yang Mama Razin alami waktu naik pesawat tanpa ditemani siapa-siapa? 

Nah, selama dalam penerbangan itu, setiap ditawarin minuman sama pramugari, Mama Razin selalu minta jus apel pakai es. Kayaknya karena perasaan campur aduk, deg-degan, takut penerbangan selanjutnya gak kekejar, atau khawatir nyasar di bandara, Mama Razin semakin ngerasa perlu minuman yang menenangkan. Bagi Mama Razin, minuman manis dan dingin emang bikin adem dan tenang. Rasa manis asam jus apel juga bikin Mama Razin inget sama keluarga. Jadi lebih reda deh gugupnya. 

Liburan di swiss minum jus apel
Akhirnya bisa jalan-jalan sama Papa Razin di Swiss setelah berbagai drama

Pengalaman berkesan kedua waktu Mama Razin ngelahirin Zayn. Karena di sini ga ada keluarga, mau ga mau Papa Razin jaga Razin dan Mama Razin menghabiskan sebagian besar waktu di rumah sakit tanpa ditemani. Buat menghempaskan kesepian karena gak ada temen ngobrol, Mama Razin puas-puasin pesen makanan dan minuman kesukaan.

Hampir setiap waktu makan, Mama Razin pesen burger dan kentang. Tak lupa minumannya jus apel. Bahkan setiap perawat masuk ke ruangan dan nawarin minuman, Mama Razin selalu tanya, ada jus apel gak? Wkwk

Udah ngobrol panjang lebar tentang jus apel, sekarang Mama Razin mau kasih tau, jus apel botolan favorit Mama Razin: Juicy Juice 100% Juice, Apple. Emang apa bedanya sama jus botolan lainnya? 

Jus apel
Disclaimer : warna asli jusnya kuning menuju coklat. Warna jus di sini terlihat oranye karena efek kompresi gambar

Komposisi

Juicy Juice 100% Juice memang hanya berisi jus. Tidak ada tambahan gula, pengawet, pewarna, dan perasa. Jus ini dibuat dari konsentrat apel dan air. Nah, jus ini juga diperkaya dengan Vitamin C hingga 90mg atau memenuhi 100% kebutuhan gizi harian (untuk 2000kkal). Gak heran kan kalau minuman jus botolan ini menyehatkan? 

Rasa

Mama Razin seneng rasa jus apel yang pas komposisi manis dan asemnya. Karena seneng dengan jus apel, udah banyak merek yang Mama Razin cobain. Kadang terlalu manis atau terlalu kecut. Juicy Juice 100% Juice, Apple ini rasanya pas di lidah.

Kalau kita coba buat jus apel homemade kan biasanya ada rasa getir dan kecut. Di jus botolan ini, gak ada rasa getirnya. Mungkin karena jus ini campuran dari berbagai jenis apel yang diramu sebaik mungkin sehingga rasanya enak tapi hanya dibuat dari konsentrat apel. 

Harga dan ketersediaan 

Harga satu botol 64 fl oz (1.89L)  sekitar $3. Harga ini bersaing dengan merek-merek lainnya atau bahkan merek supermarket. Juicy Juice 100% Juice, Apple juga hampir selalu tersedia di supermarket manapun di sini.

Sobat Mamz mau cobain jus ini? Bisa dikirim, tapi ongkir juga ditanggung pribadi, ya 😂

Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.

Related Posts

14 komentar

  1. Seger banget jusnya. Di Indo emang nggak ada mom? Kirim dooong wkwk btw, aku pikir warna orange itu jeruk loh. Ternyata apple :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah aku juga kurang tau niih di Indonesia ada apa ngga heu. Pernah liat jus botolan di supermarket yg biasa dipajang di pendingin. Tapi ga tau 100% jus apa ngga

      Wkwk warna gambarnya berubah gara2 di kompres :')

      Hapus
  2. Ehehe...aku juga penggemar manis kak, ngelampiasinnya ke buah,salah satunya apel, sering juga dibikin jus, tapi kalo beli jus di pinggiran tuh pasti ampasnya masih aja ikut :D kayaknya baru kali ini aku liat jus dalam kemasan yang jamin 100%, wkw...wah mainku kurang jauh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kurang tau kalau di Indonesia ada yg kyk gini apa ngga. Kyknya di supermarket aku pernah liat jus botolan yg di kulkas gitu. Ga pernah ngecek juga 100% jus apa ngga wkwk

      Hapus
  3. Duh maafin. Gagal fokus sama mama razin dan papa razin (bisa diplesetin jadi paparazi) heheh. Btw kita samaan mam, aku pun dari sekian banyak buah salah satunya apel yang paling disuka. Hihi

    BalasHapus
  4. Aku galfok sama botol juz apel, ku kira tadi orange jus. Ternyata memang ada gambar apel nya dibawah hehehe

    BalasHapus
  5. Hehe, lebih mehong ongkirnya ketimbang harga produknya ya mb. Jus Apple, kalau disini selalu beli buahnya di jus sendiri. Hehe. Jalan-jalannya asik dong, ditemani juicy dan papa Razin. Ah...dunia sempurna deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sebenernya saya lebih seneng jus yg dibuat langsung dari buahnya kyk yg banyak dijual di Indonesia. Rasanya lebih seger. Manis kecutnya asli gitu, kan

      Alhamdulillah :D

      Hapus
  6. Wah. Enak banget kayaknya...
    Sayang di sini gak ada. Bunda juga penggemar berat jus apel, tapi buat sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren bunda bikin sendiri. Saya belum nemu resepnya bikin jus apel sendiri yg rasanya pas

      Hapus
  7. Aku sempet heran mb, kayanya jus apel tp kok warnanya Oren wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya nih kyknya setelah di compress, warnanya jadi berubah

      Hapus

Posting Komentar