Ilma Hidayati Purnomo

Tips Membeli Peralatan Membuat Vlog

Dibuat dengan aplikasi Canva

Lima tahun lalu, keluarga kecil kami pernah merintis sebuah channel Youtube keluarga. Isi videonya tentang jalan-jalan di tempat perantauan, tips dapat kuliah gratis di luar negeri, sampai video anak-anak kami supaya kakek neneknya bisa nonton dengan mudah, tanpa harus download. Dalam kurun waktu 2,5 tahun, kami berhasil membuat 30 video berkualitas 4K.

Demi menciptakan video yang berkualitas, kami melengkapi peralatan membuat vlog dengan gadget-gadget terbaik, seperti mic, tripod, stabilizer, hingga kamera Go-Pro. Kami selalu memilih setiap alat dengan sangat teliti sebelum membeli. Di sini, saya akan membagikan tips membeli peralatan membuat vlog supaya teman-teman bisa menghasilkan vlog berkualitas baik tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

1. Riset di Youtube

Tangkapan Layar Youtube

Pertama kali kami membuat vlog, kami menggunakan gadget yang sudah kami miliki sejak dulu, alias belum beli kamera khusus buat nge-vlog. Saat kami membuat video sambil jalan kaki, ternyata video yang dihasilkan menjadi shaky. Karena saat itu kami belum terlalu ahli menggunakan software video editing, kami merasa problem itu tidak bisa diatasi, kecuali kami menggunakan stabilizer saat mengambil video.

Kalau kita langsung cari stabilizer di toko online, sudah pasti kita akan dihadapkan pada ratusan pilihan dari berbagai merek dengan rentang harga yang besar. Itu sebabnya kami akan memulai pencarian dengan menonton puluhan video review di Youtube. Kami akan membandingkan harga dengan performanya. Tips dari saya, supaya tidak lupa, kita bisa membuat file excel yang merangkum merk gadget, tipe, harga, dan performa yang kita harapkan untuk membandingkan. Pasalnya, gadget dengan harga termahal belum tentu memiliki kualitas terbaik.

2. Menentukan Tempat Membeli Gadget

Tangkapan Layar Tokopedia

Dulu waktu saya masih sekolah pada tahun 2010an, setiap kali Papa saya mau beli gadget, beliau pasti mengajak saya ke toko elektronik. Sepertinya, beliau merasa lebih puas kalau bisa melihat langsung dan memegang barang yang mau dibeli. Kalaupun ada komplain, bisa langsung ketemu dengan penjualnya.

Satu dekade berlalu, saya dan suami justru lebih merasa nyaman berbelanja online seperti di Tokopedia. Setidaknya ada tiga alasan. Pertama, kemudahan berbelanja. Kami cukup mengetikkan nama produk yang diincar pada toko official lalu melanjutkan proses pembayaran. Kedua, bisa melihat review pembeli lainnya. Ketiga, ada kebijakan retur. Hal ini sangat memudahkan kami terutama kalau ternyata produk elektronik yang diterima ada defect-nya.

3. Mencermati Produk yang Dibeli

Meskipun sudah berkali-kali berbelanja peralatan membuat vlog di toko online, sejujurnya, saya masih sering merasa deg-degan saat membuka paket. Saya overthinking, gimana kalau produknya tidak berfungsi? Maka dari itu, momen unboxing jadi hal yang exciting sekaligus thrilling.

Misalnya, waktu beli mic kamera dan tripod kamera. Saking khawatirnya, saya menonton ulang cara pakai gadget-gadget itu di Youtube atau bahkan mencari tahu di forum-forum. Syukurlah, sejauh ini tidak ada kendala yang berarti. Barang-barang yang kami beli dari Tokopedia memang berkualitas baik.

Saran saya, setiap membeli barang dari toko online, selalu pastikan dengan penjual bahwa mereka menerima retur jika barang ada kerusakan. Sempatkan juga membuat video saat unboxing supaya mudah menyampaikan keluhan ke penjual. Terakhir, sampaikan semuanya dengan terstruktur dan sopan supaya tidak ada kesalahpahaman dengan penjual.

Penutup

Itulah tips membeli peralatan membuat vlog. Semoga membantu teman-teman yang ingin terjun ke dunia vlogging. Intinya, lakukan riset mendalam terhadap produknya dan beli di tempat terpercaya seperti Tokopedia. Coba bagikan di kolom komentar kalau teman-teman sudah coba tips ini dan membeli peralatan membuat vlog di Tokopedia!
Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

16 komentar

  1. Kalau concern nya di konten video, amat perlu nih melengkapi perlengkapan nge-vlog, biar hasil kontennya lebih maksimal ya

    BalasHapus
  2. Wah kebetulan nih Mbak Ilma. Saya juga lagi mencari beberapa item yang berkualitas untuk membuat video. Terutama untuk stik dan microphonenya. Pengennya yang benar-benar bagus dan awet. Kuat secara fisik tapi tidak memberatkan saat dibawa-bawa. Ada usulan merk tertentu gak Mbak?

    BalasHapus
  3. Dan aku baru tau ini dong harga microphone itu ternyata sampe angka 3jt hikkksss,...
    untung saat ini aku belum ada rencana ngevlog (ngga pede di depan kamera dan suara ngga enak di dengar) dan ngga pinter ambil video juga.
    Tapi kadang pingin juga sih ngerecord perjalanan sendiri tapi untuk kolpri aja sih hehee.
    Sukses chanelnya ya mbak

    BalasHapus
  4. Wah senangnya dapat tulisan ini
    Udah lama saya pingin bikin vlog tapi bingung beli peralatannya
    Akhirnya nabrak-nabrak dan hasilnya tetap jelek
    Sedih banget!

    BalasHapus
  5. Lengkap rekomendasi tips membeli peralatan bikin vlognya, makasih sharingnya
    Suami saya yang pernah beli tripod juga gadget yang mau dibawa untuk kepentingan hobinya naik gunung di Tokopedia..praktis dan mudah caranya

    BalasHapus
  6. Terima kasih tipsnya mbak. Saya pun kepikiran pengen bikin vlog jalan-jalan, karena kebetulan sering dapat tugas ke berbagai daerah. Tapi bingung mulai beli apa, dimana. Membaca ini jadi ada sedikit gambaran

    BalasHapus
  7. Bersyukur ya era perkembangan digital semakin mempermudah dlm memenuhi kebutuhan. Pun utk membeli perlengkapan ngevlog di ecommerce tersedia banyak pilihan dgn variatif harga. Lebih efisien tentunya

    BalasHapus
  8. Tokopediaa lengkap banget yaah..
    Semuamuaaa ada dan enaknya juga ada rekomendasi yang bisa disesuaikan kebutuhan.

    Vlog menggunakan alat profesional pasti jadinya juga bakalan cakep banget siii..
    Dan semoga bisa konsisten agar terdokumentasi dengan baik serta bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi mengenai jalan-jalan di perantauan dan tips kuliah gratis di luar negeri.

    BalasHapus
  9. Saya juga beli kamera lewat Tokopedia kak dan aman. Sellernya juga amanah, barangnya oke, pengiriman cepat dan lancar. Cuma kamernya gak saya gunain buat vlog. Karena masih gak pede kalau jalan-jalan sambil bikin vlog. Padahal pengennya jadi content creator

    BalasHapus
  10. Mantap banget emang Tokopedia, banyak pilihan barangnya buat bikin vlog. Aku kepengen banget punya mic supaya suara yang masuk bening gak berisik

    BalasHapus
  11. Wah saya juga lagi nyari-nyari nih alat buat ngevlog. Belanjanya di tokped ya suka banyak diskon dan gratis ongkir

    BalasHapus
  12. Keren loh ini. Saya selalu merasa salut setiap kali melihat video satu keluarga beraktivitas bersama. Kami pengen bikin tapi belum juga terlaksana. Makasih sharingnya Mbak Mungkin bakal butuh peralatan tersebut nanti kalo beneran terlkasana bikin vlog.

    BalasHapus
  13. Wah keren loh vlognya ilmaa bermanfaat sekali sukses selalu yaa

    BalasHapus
  14. Wah mamah gajah yang menginspirasi sekali ilmaa inii 😊
    Aku sempat kurang percaya kalau mau beli alat elektronik/gadget secara online. Takut zonk gitu. Tapi seiring berjalannya waktu, asalkan mau agak sedikit ekstra di research dan pilah pilih pada appsnya, gak ada masalah sama barangnya. Nah, buat alat elektronik sama gadget aku juga percaya beli di tokopedia dibanding e-commerce lainnya. Setelah membaca artikel ilma ini, aku jadi semakin tertarik beli barang online, disamping menghemat waktu belanja juga ga ribet mengunjungi satu satu toko offline. Hehe. Thank you sharingnya il... 🙏🏻

    BalasHapus
  15. Thanks Mbak, infonya berguna banget. Memang seharusnya mempelahari dulu mendalam bila mau membeli gadget krn kalau salah beli, dompet bisa bolong dan hasilnya tak memuaskan. Keinginan untuk belajar menguasai gadgetnya juga perlu, jangan asal ikut-ikutan.

    BalasHapus
  16. Jadi ini alat tempur pak su pas videoin mba ilma sepedaan ya wkwkwk cakep2 videonya ... Bikin pengen nimnrung sepedaan

    BalasHapus

Posting Komentar