Ilma Hidayati Purnomo

Review Kursus Online MySkill, Scam Detected

Apakah kamu orang yang suka terjebak diskon besar? Aku juga. Apalagi ada kursus online yang menyediakan 700 video materi yang bisa diakses sesuka kita selama 12 bulan dengan hanya Rp 10.000 saja. Masa gak tertarik, sih?

Awal mulanya, aku follow Instagram account @MySkill.id. Lalu, pada akhir bulan Maret, liat postingan promo subscribe 12 bulan hanya Rp 10.000 perorang tapi daftarnya harus berdua (jadi total Rp 20.000). Akhirnya, aku ajakin adik yang lagi masuk pasar kerja. Dia juga tertarik. Jadi ia mengisi Google Form untuk berdua dan kami bisa beli paket 12 bulan dengan memasukkan email masing-masing. Setelah itu, kami mulai bisa akses materi.

Apa itu MySkill?

MySkill adalah platform pengembangan skill dengan 1.3 juta pengguna di Indonesia dan menjadi agian dari Top Linkedin Startup 2022-Indonesia. MySkill juga memperoleh pendanaan dari East Ventures. MySkill juga menjadi bagian dari AWS EdStart Member. MySkill ini buatan asli anak Indonesia, Angga dan Erahmat, yang sealmamater denganku hehe.

Fitur utama platform ini:
1. 700+ video e-Learning bersertifikat
2. Intensive bootcamp yang lebih fokus ke praktik. Tugas-tugas yang diberikan bisa menjadi portofolio pesertanya
3. Mentoring CV dan Karir bersama HRD MySkill
4. Bisa cari lowongan pekerjaan juga di sini

Selain video e-Learning dan boot camp, pengguna MySkill yang berlangganan selama 12 bulan akan mendapat kesempatan mengikuti kelas gratis bersertifikat (berdurasi 1 jam), salah satunya kelas CV dan Interview yang aku ikuti bulan April lalu. Untuk mendapatkan sertifikatnya, peserta harus membuat ringkasan materi, mengunggah di sosial media, lalu mengisi form untuk klaim sertifikat.

Tentu saja, di webinar ini peserta berkesempatan mengikuti sesi QnA dengan HR expert dan bisa mengakses rekaman webinar yang distreaming ke YouTube.

Untuk fullstack MySkill bootcamp, sudah ada 10k alumni yang sudah bekerja di perusahaan besar. Rating bootcamp ini 9/10. Apa yang didapat dari bootcamp? Pertama, sesi kelas bersama expert (level pengajarnya Head dan Manager dari top companies kayak GoJek, Shoppee, lemonilo, dan halodoc). Kedua, ngerjain tugas portofolio  dan dapat review dari expert. Terakhir, dapat mentoring 1-1 persiapan karir.

Siapa aja yang bisa mengikuti bootcamp? Siapapun yang ingin merintis karir impian, profesional yang mau mendalami suatu bidang, siapapun yang ingin berpindah bidang profesi, freelancer dan pemilik usaha, atau siapapun yang ingin eksplorasi skill baru.

Jadi nanti di akhir bootcamp ada team project yang menganalisis real case. Proyek ini bisa jadi portofolio yang bisa dipajang di Linkedin. Top 5 project terbaik akan dapat sertifikat khusus.

Setelah menyelesaikan bootcamp, peserta akan mendapatkan sertifikat yang dibubuhi tandatangan CEO MySkill. Pertanyaan selanjutnya, harganya berapa? Mulai dari Rp 240.000,- (bisa sampai 500k) dan kadang ada promo diskonnya. Biasanya diinformasikan di akun Instagramnya.

Ini dia benefit dari bootcamp:
1. Live class online (webinar) yang dilakukan secara intensif selama 1-1.5 bulan
2. Materi, rekaman, dan e-cerificate
3. Pembuatan mini portofolio karena di setiap sesi akan ada mini task
4. Team project portofolio dengan asistensi
5. One on one mentoring dengan HR
6. Akses 600+ konten e-Learning MySkill

Pengalamanku Belajar di MySkill

Pertama, waktu masuk ke situs MySkill kita milih kelas. Aku cobain kelas graphic design. Di dalamnya ada 3 materi besar: Fundamental Desain Grafis, Adobe Photoshop, dan Adobe Illustrator. Sebenernya mereka berkaitan. Jadi kayak ngambil kuliah kalkulus 1, 2, 3 gitu. 

Di materi Fundamental Desain Grafis ada 7 materi. Yang pertama, Introduction Graphic Design. Ada pre test, 5 video materi dan post test yang total durasinya 34 menit. Jadi, pervideo rata-rata satu video 7 menit lah ya. Anggap 1 materi 30 menitan. Berarti buat ngambil Fundamental Desain Grafis gak sampai 2 jam nonton. Berarti satu kelas harusnya cuma nonton 6 jam? Hmm, menarik.

Sebernerya, format videonya dari webinar dikasih background musik terus di potong-potong. Bagus buat orang yang gak tahan belajar lama-lama. Kesannya kan dikit-dikit, nagih. Bahasannya juga simpel. Mudah dipahamai awam (aku awam soal graphic design).

Progress kita dipantau dengan selesai nonton video materi dan menjawab pre test dan post test. Soalnya masing-masing ada 5 dan sama persis, tapi buat dapet progress 100% harus dapet minimal nilai 75 (berarti harus bener 4). Yang lucu, bisa di reset gitu jawabannya terus disubmit ulang. Jadi bisa dicoba berkali-kali sampai 100 dong, wkwk

Ada juga link materi yang bertuliskan "Donwload Modul Praktik" tapi isinya slide presentasi walaupun agak beda sama yang di video.

Terus, kalau udah beres satu materi (misalnya Fundamental Desain Grafis), aku udah bisa dapet sertifikat tapi syaratnyaa harus buat review dan kasih rating bintang dulu ehe

Keanehan Belajar di MySkill

Beberapa hal ini aku alami sekitar bulan Maret. Jadi ada hal-hal di antaranya 
1. Video yang berasal dari rekaman Zoom Meeting ini kadang audionya rusak

2. Materi tidak bisa diakses di browser dengan mode incognito
Dokumentasi pribadi. Masih kayak gini sampai saat ini.
3. Kalau di Googling, ada dua versi MySkill
Ada v1 dan v2
Ini aku screenshot bulan Maret 2023. Pas aku cek lagi bulan Mei 2023, ternyata udah gak ada dua versi. Pokoknya tinggal www.myskill.id

Waktu itu juga sempat agak rusak tampilannya. Aku apresiasi sama tim developernya yang aktif mengupdate mulai dari menghapus versi 1 dan 2 hingga memperbaiki tampilannya jadi lebih baik.

Ceritaku Kena Scam

Oke, saatnya cerita yang ngeri-ngeri sedap. Corong informasi paling gencar dari platform ini kan di akun Instagram. Jumlah followernya juga masif, sampai 680k+. Update konten baru juga cepet banget, sehari bisa lebih dari satu postingan. Promonya juga gencar. Baru beres promo potongan harga Ramadan, ada lagi promo potongan harga pas Lebaran. Terus aja gitu.

Ditambah lagi sering collab sama brand lain buat potongan harga atau promo lainnya. Salah satunya adalah ini:
Cus dong aku langsung ikut jawab giveawaynya. Lumayan banget kan bootcamp yang harganya 200k lebih jadi gratis. 

Nah, GA itu kan tutupnya tanggal 5 Mei karena kelasnya bakal mulai tanggal 8 Mei. 
Lah kok sampai sekarang, tanggal 12 Mei, gak ada pengumuman apa-apa. Aku cek storynya juga gak pernah ada repost dari orang yang ikutan bootcamp ini. Ini tuh kelasnya gak jadi digelar atau emang males (atau lupa) sama giveawaynya? 

Udah aku komen ulang di postingannya juga gak dibales. Padahal pas aku repost info kelas di story Igku (sebagai syarat GA), gercep banget langsung di like. 

Is this a scam? 

Kesimpulan

Apapun yang gratis dan diskon gede emang perlu diwaspadai ya, guys wkwk. Tapi tenang, aku cukup suka dengan video belajar yang di pecah-pecah dan bisa diakses kapanpun (dalam kurun waktu langganan tentunya).

Kamu mau coba materinya bukan giveawaynya?
Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.

Related Posts

Posting Komentar