Ilma Hidayati Purnomo

I Crave Sweet, Except...

Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog kali ini membahas soal makanan favorit. Jadi salfok inget zaman suka ngisi biodata di binder temen (hayo, ada yang satu server? Jangan-jangan karena aku paling muda, jadi gak ada yang ngalamin 🤭). Pasti di sana ada kolom makanan favorit. Tapi aku gak inget, dulu nulisnya apa, ya?

Kalau sekarang ditanya, sebetulnya aku gak punya satu makanan favorit yang spesifik. Yang aku suka adalah semua yang manis dan dingin kayak kamu yang mukanya manis tapi hatinya dingin. Yang berkuah dan manis kayak cendol, es campur, dan kolak, asalkan ada esnya atau udah dikulkasin, pasti aku demen banget. Jangan tanya soal es krim atau yogurt. Pasti habis dalam sekejap!

Roti isian manis, donat, atau cake juga suka. Selai buat roti pasti aku simpan di kulkas. Donat pun aku kulkasin dulu biar adem. Coklat batangan yang manis bahkan biasanya aku masukin freezer dulu. Biar ademnya nendang!

Di antara semua itu, ada makanan manis yang berkesan karena ada kenangan yang menyertainya.

Makanan Manis yang Menyimpan Kenangan Manis

1. Kue Ulang Tahun Black Forest Kartika Sari Bandung

Waktu aku masih tinggal sama orang tua, kami sering membeli kue ulang tahun jenis Black Forest di Kartika Sari. Kami tidak pernah merayakan ulang tahun secara besar hingga mengundang teman, jadi kami biasanya beli kue (misalnya adikku yang ulang tahun), terus bikin kejutan pas dia pulang sekolah.

Alasan kenapa kami lebih suka Black Forest karena menurut Mama, kue ulang tahun yang pakai frosting berwarna putih cenderung bikin eneg. Bagi kami, cake rasa coklat udah paling pas di lidah, manisnya gak terlalu parah karena terkompensasi rasa coklat yang agak-agak pait. Ditambah, di antara lapisan cake Black Forest biasanya ada manisan buah anggur. Rasanya seger!

Hmm, enaak. Sumber: Shopee 

Terakhir kali aku beli Black Forest di Kartika Sari harganya masih Rp 150.000an yang ukuran diameter 15 cm. Sekarang udah di atas 200 bahkan 300 ribu, ya? Jadi mahal hiks, kangen juga udah bertahun-tahun gak makan ini :’)

2. Cake Coklat dari The Harvest

Sebulan setelah aku menikah, terpaksa harus menjalani LDM. Gara-garanya visa Schengenku ditolak. Nah, untuk menghiburku yang gak bisa pergi bareng suami, dia membelikan aku seloyang cake coklat dari The Harvest di Buah Batu. Sayangnya, aku lupa kuenya yang mana, kayaknya sih yang di bawah ini wkwk

Sumber: harvest.com

Sepertinya itu juga jadi makanan manis-manis terakhir yang dibelikan suami hiks 😭

3. Es Krim dalam Roti

Yang satu ini, enaknya diingat-ingat dan disebut sebagai satu makanan manis yang punya kenangan manis, gak ya? (Lirik suami dulu) 

Sumber: gotravelly.com

Pasalnya, makanan yang satu ini dimakan bareng mantan terindah (bukan suami 🙃 karena sama suami mah gak pernah pacaran wkwk).

Seingetku sih, ini juga jadi makanan terakhir yang dia beliin buat aku karena dia udah kerja di Jakarta dan aku masih nyelesein kuliah (kami seangkatan, aku lulusnya telat). Terus dia pernah janji mau beliin aku sesuatu kalau lagi ke Bandung. 

Jadi, dia ngajak aku ke Toast Cream di Dipatiukur yang sekarang tokonya sudah tutup (SYUKURLAH, sekalian menutup memori indah bersama mantan 😈). 

Well, setelah itu memang sejarahnya berubah. Ternyata tugas akhirku dibantu suami, lanjut dia ngedeketin aku, lanjut dilamar. Habis itu baru aku putusin si mantan wakak

Begitulah jodoh, datangnya suka gak jelas. Yang ditungguin lama, gak ngelamar-lamar. Yang gak ditungguin, malah gercep. 

Makanan Favoritku vs Makanan Favorit Suami

Di antara semua makanan manis, hanya ada satu yang aku tidak suka, yaitu DURIAN. Sayangnya, justru inilah makanan favorit suami 😭

Dia malah mendeskripsikan makanan ini seperti coklat: manis dan lumer di mulut. Wanginya juga menggoda iman lidah. Emang iya?

Aku datang dari keluarga yang gak suka sama durian. Padahal, di keluarganya Papa dan di keluarganya Mama, banyak yang suka durian. Lalu, pria dan wanita yang tidak suka durian ini berjodoh dan membangun keluarga anti durian.

Mama masih oke sama bau durian, beda sama Papa yang sampai alergi durian. Pernah lagi dinas ke luar kota, Papa naik mobil dinas bareng temen-temennya. Eh, ternyata temennya ada yang bawa oleh-oleh durian. Beliau milih pulang ke Bandung naik pesawat, dong. Gak mau mabok gara-gara diem di mobil mencium aroma durian sepanjang perjalanan.

Kabarnya sih, kata Mama, Papa bisa mimisan kalau terpapar gas beracun bau durian terlalu lama.

Karena hampir dua puluh tahun dicekoki paham bahwa durian itu makanan berbahaya, aku jadi gak suka durian. Tapi ya, karena yang suka durian ini orang yang aku cintai (ceileh), mau gak mau aku pun menahan diri. Palingan nonton aja kalau suamiku lagi mukbang durian.

Apa aku pernah coba? Pernah dong, segigit seujung kuku saja ... Rasanya kayak tape yang terlalu lembek dan terlalu manis. Gak kuat. Jadi eneg ... 

Sebagai pecinta makanan manis, aku mengakui kalah deh kalau soal durian 🏳️

Nah, meskipun udah tinggal di US, suamiku kadang tetep beli durian yang harganya $5/lb. Jadi durian seberat sekitar 2kg harganya Rp 322.000,-

Pinginnya sih, kalau dia beli durian semahal itu, mbok ya istrinya dibeliin makanan kesukaannya gitu, kaan ... Sayangnya, seperti yang aku bilang di atas, cake The Harvest itu jadi makanan manis terakhir yang ia belikan, soalnya dia baru tahu kalau gigiku bermasalah.

Sebagai konteks, gigiku sekarang tinggal 23: 4 gigi dicabut untuk kepentingan pemasangan behel, 4 gigi geraham paling pojok dicabut atas rekomendasi dokter bedah mulut yang butuh kerjaan, dan satu gigi dicabut karena bolong gede banget. Sekarang, satu gigiku bolong besar dan beberapa gigi juga bolong kecil-kecil. Biaya ke dokter gigi selama di US udah habis hampir $1000. Kan suamiku juga keberatan, yak. Masa ngasih makan istri sama makanan yang menyebabkan penyakit?

Penutup

Akhirnya, aku menyimpulkan bahwa makanan favorit itu tergantung mindset. Kalau mindset-nya durian itu bau gak enak, mau dibilang manis juga jadinya eneg. Tapi, kalau udah demen makanan manis lainnya, mau dilarang sampai suami jungkir balik pun aku tetep punya cara bisa makan makanan manis sambil sembunyi-sembunyi. Biasanya sih makan cake atau cookie pas ada kumpul-kumpul sesama orang Indonesia. Jadi pas dia sibuk ngobrol sama temen yang lain, aku comot sepotong cake sambil ngunyah di pojokan. 🙈

Gimana? Ada yang bisa meyakinkanku bahwa durian adalah makanan manis yang harus aku sukai?

Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.

Related Posts

12 komentar

  1. Seru baca cerita manisnya Teh Ilma. Soal makanan manis dan percoklatan? Hmm... kayaknya bisa rebutan, kita... Soal durian? Nggak mesti suka juga siih... kategori manisnya memang beda. (Biarin aja Teh Ilma nggak suka, supaya nggak rebutan durian sama saya. Hahaa...)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha suamiku juga seneng, gak ada rival rebutan durian. Anak-anakku yg usianya 4.5 sama 2.5 tahun malah yang suka rebutan durian sama Papanya 😂

      Hapus
  2. Kisah "Es Krim dalam Roti", ahahaha, ya ampun ngakak deh. 😍👍

    BalasHapus
  3. Tripple chocolate dari harvest favorit aku bangettt ngett! Sayang suami nggak suka cokelat plus sekarang aku udah nggak terlalu kuat makan banyak manis-manis. Jadi nggak pernah beli lagi. Fave sekarang red velvet Mom's bakery. Pakai cream cheese jadi nggak eneg. Frosting gula doang (namanya apa yak) emang bikin eneg sih.

    BalasHapus
  4. Durian itu makanan paling enak sedunia, Ilmaaaa. Diolah jadi apa pun enak, dimakan begitu aja lebih enak! Duh aku bisa kalap kalo makan durian. Alhamdulillah aku berhasil "meracuni" suamiku untuk suka durian juga. Anak-anakku beda-beda, ada yang suka banget, ada juga yang langsung lari begitu nyium baunya hahaha

    BalasHapus
  5. Jd pengen coba es krim dalam roti. Ternyata black forest di Kartika Sari enak ya. Selama ini fokusnya sama cemilannya aja

    BalasHapus
  6. Sebenernya sih walau gigi udah bermasalah, menurutku sah-sah aja tetep makan manis, asalkan setelah makan jangan lupa untuk menggosok gigi. Kalau permen, nah ini emang lebih berefek buat gigi rusak. Kalau soal durian menurutku manisnya beda, kalau udah terbiasa dengan baunya baru bisa menikmati rasanya. Tapi memang makanan itu soal mindset.

    BalasHapus
  7. Saya menghargai orang yang nggak suka durian kok teh, jd ga akan mencoba merayu apalagi memaksa siapapun buat suka durian. Soalnya durian memang punya aroma khas yang gak semua orang bisa suka. Buat orang yang suka aroma itu wangi, tapi buat yang nggak suka ya bau. Jadi wajar aja ada yang nggak suka. Sama halnya kaya pete dan jengkol, aroma khasnya itu kan yang justru bikin orang suka dan nggak suka.
    Kalau olahan durian pernah nyoba dan nggak suka juga teh? Seperti misalnya es krim durian, lempok/dodol durian, dll? Kan itu udh dengan campuran bahan lain, yang bikin rasa dan aroma duriannya ga terlalu kuat..

    BalasHapus
  8. Unik ya selera makanan tiap orang. Ada yang bisa begitu anti durian, ada yang suka banget makanan manis, dll. Agak repot ya kalau serumah beda-beda selera semua.

    BalasHapus
  9. ya Allah tehh aku pengen ketawa ihh, kenapa mirip bgt yang bagian cerita es krim roti itu, mana sama persis lagi esnya yang matcha.. :D untung dah tutup ya teh gerainya :p

    BalasHapus
  10. haha ngakak baca habis itu aku putusin si mantan. Bener Teh Ilma, untung dah tutup ya, mungkin dia tutup setelah Teh Ilma putusin si mantan juga.

    Aku suka black forest, nanti mau coba ah yang Kartika Sari. Makasih ya Teh Ilma, udah ikutan tantangan bulan ini.

    BalasHapus
  11. Dulu juga ku anti durian, eh abis nikah dicekokin suami, sekarang kalo dia lagi mukbang durian uda bisa ikut nyicip 1-2biji, kekuatan cinta memang luar biasa hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar