Ilma Hidayati Purnomo

Notes Facebook Lawas Ini Meramal Suamiku!

Kenapa LDM rasanya berat gini, ya? Baru nge-drop suami di bandara aja udah kangen banget. Saking kangennya, sampai semua kenangan masa lalu saat suami mulai masuk ke kehidupanku memenuhi pikiranku. Hmm, mungkin ini saatnya aku mulai menulis tentang semuanya, untuk melepaskan kenangan, dan membuat pikiranku lega. 

Saatnya flashback! Mungkin, aku mulai menyadari kehadiran suamiku gara-gara notes Facebook yang aku post tanggal 25 September 2009 jam 18:32, saat aku baru saja menjadi siswa SMA, dikeroyok oleh komentar-komentar teman kuliahku yang iseng (termasuk suamiku). (Disclaimer: saat notes ini aku buat, aku belum ketemu suami karena aku di Bandung, dia di Trenggalek, and I have no idea how some of these come true!) Aku copy di sini, ya, karena lumayan susah mengakses notes penuh kenangan ini wkwk. Silakan menikmati kealayanku dan selamat bernostalgia dengan kealayan masing-masing :p (Komentarku ditulis dalam font yang berbeda, ya!)

pria idaman saiia *lho?*


ini ngopi dr azl nih
1. Good looking, penting ndak??
hhmmm.. ya harus lah. klo ga good looking, kasian keturunan saya. nanti wajahnya mirip tukul gimana???? hhahaha..

Err... soal wajah mah selera, ya. Oh ya, tolong jangan hujat aku yang mungkin terdengar rasis/suka ngomong fisik di notes ini. Maklum, belum dewasa...  

2. Pinter?
waa jeeellaasss musti pinter. peraturan ilma nomor satu: kecengan ilma musti pinter bgt *apalagi calon misua, eh mksdnya suami*. terbukti kan 99,99% kecengan saya otak kelas atas. huahahaha...

Nah ini emang masuk kriteria nomor 1: harus pinter. Emang dulu cowok yang aku incer biasanya yang rangking tiga teratas atau minimal lebih pinter dari aku lah (pas aku SMP, aku rangking 3 atas melulu wkwk, monmaap sombong dikit. Gilirannya pas masuk SMA yang bagus, rangkingku terbawah, lol)

Eh, dari tadi, kok aku bilangnya kecengan, ya? Ya, emang aku baru pacaran pas kelas 2 SMA (pertama kali dan sama orang yang beda agama. Random banget dah. Tapi anaknya pinter, sih). Sebelum itu, ya, cuma jadi pengagum tidak rahasia (dan cinta bertepuk sebelah tangan) wkwkwk

3. Usia yang d inginkan
jangan jauh jauh. nanti saya ngga nyampe.*ganyambung. apa sih???*

Yaa sebagai anak yang pergaulannya nggak luas, orang yang aku kecengin nggak jauh-jauh dari temen sekelas, temen sesekolah, setempat les, sekampus, se-ekskul. Jadi pasti seumuran atau malah lebih muda (pernah ngecengin adik kelas juga haha)

Aku memang merasa nyaman sama cowok yang seumuran karena bisa jadi teman dan aku merasa aman, nggak bakal dianggap anak kecil yang nggak paham kehidupan (entah mengapa, aku punya pandangan aku bakal di anggap bocah kalau pasanganku usianya jauh lebih tua. Padahal nggak mesti, ya. Bisa aja jadi pasangan yang mengayomi).

Ternyata, suamiku cuma lebih tua pas lima bulan :D

4. Tinggi yang di inginkan
minimal 2 meter. *lho??* ya pokoknya standar aja asal bukan kyk ucok baba. hahahaha..

Soal ini, kecenganku agak beragam ya. Ada yang setinggi aku, rada tinggi dikit. Physically beragam lah. Walaupun sebenernya aku punya preference sendiri. Yang badannya langsing dan tingginya nggak terlalu jauh berbeda sama aku. Yes, as you guess, this is my husband :)

5. Sense humor
terserah aja. saya suka diajak ngeguyon. tapi smua orang pasti ngaggep saya serius bgt. *hik... sdih :'(* padahal saya juga butuh ketawa wlaupun saya kurang punya sense of humor. mangkannya harus diimbangi. oje??

Soal ini, kalau cowok yang aku kecengin bikin jokes, sekalipun nggak lucu, aku pasti ketawa, kok. Liat dia ngomong aja kan udah bikin senyum-senyum sendiri. (Sungguh betapa bucinnya diriku hahaha)

6. Tindikan
awaaasss premannnn. tatuuut..

7. Menerima kmu apa adanya
harus kudu musti. kan saya punya buanyak sekali kekurangan, kalo ga bs nerima saya apa adanya, gawat atuh bisa2 bubar di tengah jalan. hhahaha..

Ini sebenernya standar semua orang, ya. Tapi ternyata, suamiku tidak begini, saudara-saudara wkwk. Dia tidak terima apa adanya. Ia ingin aku terus berubah menjadi lebih baik. Ia membimbingku supaya menjadi pribadi yang lebih baik, walaupun kadang cara mendidiknya agak keras. Alhamdulillah, aku memang menjadi orang yang jauh lebih baik dibanding 5 tahun lalu :)

8. Rambut pink??
pinky boy?? sorry. saya masih normal. cuma suka pria 100%. ga yang setengahsetengah.

9. Cengeng ato ndak?
waduhh.. kalo cengang saya juga cengeng nanti anaknya nangis malah orang serumah ngangis semua. *lho???*

10. Kurus apa gemuk?
sedangsedangsaja... *begitu kata om roma irama*


Sama kayak di atas ya. Ya walaupun pernah punya pacar yang badannya agak berisi, tapi sebenernya aku lebih seneng yang langsing

11. Item,coklat, atau putih
bright complexion is better :)


Lagi-lagi ini seleraku yaak. Tapi emang jujur, aku seneng yang perawakannya agak chinese gitu. Kulit putih, mata sipit, bukan berambut lepek, kumis tipis wkwkwk. Mungkin karena Papaku perawakannya kayak gini.

12. Rambut panjang ato pendek
pendek. tp jangan abcd *abri bukan, cepak doang*


Nggak pernah ngeceng cowok yang rambutnya gondrong. Suka cowok yang rambutnya medium, kayak pas suami masih kuliah gini (kyaa...)
Kalau nginget-nginget lagi, suka nyesel. Kenapa dulu pas dia nyatain suka sama aku pas aku naik tingkat 3, nggak langsung aku todong suruh nikahinn?! Malah aku diemin yang berakhir aku kesel sama dia aakkk.... Kali aja dulu langsung gayung bersambut kan langsung nikah pas kuliah tuh (dikira nyelesein kuliah sambil nikah itu gampang, yak? wkwk, nggak sambil nikah aja sempet stress).

13. Plastik ato logam?
ha? pembungkusnya?

14. Aroma tubuhnya enak
aromanya apa? aroma soto kudus? *ganyambung*


Kalau suka, pasti bakal inget baunya, sih. Ntah itu bau sabunnya, bau parfumnya, atau bahkan pewangi yang dipake tempat laundry tempat si doi biasa nitip bajunya wkwk

15. Perokok?
TIIIIIDDDDDAAAAKKKK!!!! saiia benci rokoki! camkan itu untuk para pengagum saya. JAUHI ROKOK!

Aku memang menghindari perokok. Selain alasan kesehatan, menurutku, cowok yang ngerokok pas jaman sekolah keliatan kayak anak nakal. Bisa dibilang, aku emang sangat menilai orang dari tampak luarnya. Makanya, yang aku kecengin ((mostly)) anak baik-baik hingga aku menyadari satu hal.... Ternyata tidak semuanya begitu!

Karena yang jadi syarat pertamanya itu cowok pinter, beberapa dari mereka sampai terlalu percaya diri dengan kemampuan otaknya hingga banyak temannya (atau teman kami) yang memberinya cap sombong atau terlalu ngesok. Misalnya, terlalu aktif di kelas (ada kan siswa yang merasa "terganggu" dengan anak yang terlalu aktif pas guru ngajar dengan nanya macem-macem) atau jadi dibenci temen-temennya karena nggak menolerir anak yang pasif pas kerja kelompok, alias berani ngeluarin temennya dari kelompok.

Well, that happens to my husband as well. Aku inget, udah sebulan mau nikah, temen deketku sampai ngomongin banyak hal jelek yang ia dengar dari teman-teman kami tentang suamiku. Mostly, menyerang prinsip yang dipegang suamiku. Dia memang nggak seneng sama orang yang mangkir dari ngerjain tugas kelompok, mending dikeluarin aja. Dia memang ingin jadi siswa yang paling aktif di kelas. Kalau guru/dosen menyampaikan hal yang salah dan dia tahu salahnya, kenapa nggak boleh didebat?

Aku memang mengagumi bad boy dari sisi yang lain. Bukan yang rebel karena geng motor, suka kelahi, ngerokok, atau minum minuman keras. But somehow, suamiku ini memang all out. Dia juga dulunya anggota geng, latihan bela diri di suatu perguruan, pernah kelahi, dan belasan kali macarin anak orang haha. Dia pingin bisa buktiin, anak pinter juga nggak cuma yang cupu doang. Dia terinspirasi dari FTV, sih. Biasanya kan bad boy dapet cewe cantik. Dia pingin dapet semua: pinter iya, punya kuasa iya. Katanya sih, menyeimbangkan gitu. Tapi jangan salah, pergaulannya juga beragam: sama anak-anak alim dari rohis iya, sama anak-anak nakal juga iya.

Dan akuuh, yang dari kecil anak nurut, jalan akademik mulus, jodohnya kayak gini? Mungkin ini salah satu bentuk pemberontakanku karena dulu aku merasa terlalu dikekang orang tua. Jauh di lubuk hati paling dalam, aku juga pingin dibebasin, pingin buat keputusan sendiri dan bertanggung jawab sendiri. Sekarang aku dikasih kesempatan itu, sih wkwk

16. Peminum
peminum susu boleh. asal jangan peminum bir. hhahaha..

17. Tipe cowo/cewe tetangga
ga ahhh.... cari yang jauuuh saja.

Nahhh, ini dia syarat nomor 3. Syarat cowok kecenganku ada tiga: pinter, islam, orang jawa. I know, ini terdengar rasis tapi karena aku keturuna Jawa murni, aku pingin anak-anakku keturunan Jawa murni lagi meskipun sejak kecil aku tinggal di Bandung. Jadi, ya emang nyari jodohnya yang dari jauh. Sejauh Bandung-Trenggalek huhuy :3  

18. Berotot
hhhmmm. let me think about it later


19.men piano
boleh. sayasukamusik. biar nanti kita bisa duet getooo.

20. Maen bass/gitar
oooooowwww!!! saya suka nih!


Nahhh soal main musik ini, duh aku tuh emang suka main musik kan, terutama gitar dan piano. Ya, emang gampang jatuh hati sama cowo yang bisa ngegitar. Tapiii.... sesungguhnya pas aku ketemu suami, I have no idea at all that he played guitar in a band! Dang it! Kok bisa sih dia punya semuanya? Kayaknya emang level pintarnya dia tuh nggak main-main. Dia menggunakan otaknya untuk mikir di SEMUA hal yang dia lakuin. Kalau lagi main gitar, ya serius main sampai jago. Kalau lagi belajar, ya serius sampai pinter banget bahkan dia menemukan formula yang dia bikin sendiri (iya, beneran sampai nerbitin paper padahal masih S1).

21. Maen violin
jadi penentram hati

22. Nyanyi sangat bagus
iiia boleh. jadi kalo dia mau ngerayu biar suruh nyanyi aja. hhahaha..

Dia beneran kalau nyanyi enakeun, dong. Haha. Dulu pas main band, dia yang ngarahin penyanyinya. Cara ngambil nafasnya, nyanyi pakai suara dari mana. Pantesan enakeun wkwk

23. Vain?
what???

24. Berkacamata
iiiah banget. tampang orang pinter gituu. wajah propesor.


Lol jiwa fangirling-ku langsung bergejolak liat cowok pinter, perawakan putih, mata sipit, berkacamata! Dah sipp, dah. Bisa jatuh cinta pada pandangan pertama

Well, sama suami nggak sampai jatuh cinta pada pandangan pertama, sih. Awalnya dia yang pertama ngehubungin aku. Aku bahkan nggak ingat gimana ceritanya kami bisa kenal. Seingetku cuma pernah sekelas di Kalkulus IA (semester pertama tingkat pertama, baru banget masuk kuliah). Aku malah deket sama temennya yang emang chinese (nggak berkacamata, tapi pinter dan sayangnya beda agama wkwk). Terus ya, mereka cukup deket waktu itu. Entahlah, mungkin mereka berbagi informasi tentangku? Haha (ge-er banget sih)

Eh tapi, suami emang pernah cerita. Si anak itu emang pernah bilang ke suami, "Kalau kamu mau bantu Ilma, kamu harus bisa nyetir mobil."

Hmm.... Mungkinkah suami juga waktu itu udah suka sama aku?

Ya seperti yang aku bilang, suamiku dulu ngehubungin aku. Kadang intens, kadang nggak. Tapi nggak pernah ketemu fisik sejak sekelas waktu itu, apalagi akhirnya kami beda jurusan. Tapii aku punya temen deket, cowok. Beda jurusan juga, tapi lumayan deket lah sama aku. Nah, kalau temenku ini lewat sekre himpunannya suami, temenku pasti dipanggil dan ditanyain kabarku gimana.

Temenku ini jadi mak (eh, pak) comblang kami di kemudian hari :)

25. Dengan braces
sepertinya saya akan muntah. uwekk..

26. Tipe pemalu
hahaha malu malu kucing. kucing aja ngga malumalu kok!


27. Pemberontak apa cowo/cewe baek (tenang)
pemberontak??? ogah...

Ternyata dapetnya "pemberontak" dalam artian yang nggak melanggar hukum dan agama wkwk  

28. Aktif atau pasif
depending on situation

29. Tight or bomb?
saya nda understand

30. Penyanyi atau penari
nda tau. duaduanya boleh

31. Stunner
apa itu?

32. Hiphop
apa sih?

33. Anting
cewe kalee


34. Mr/Ms count-my-ex-until you drop
ngapain pake counting2 sgala. emang cinta bisa dicounting apa? *ganyambunglagi*

35. Lesung pipi
cute abis

36. Kutu buku
kudu musti harus. pendidikan dan ilmupengetahuan nomor 1!!!


Hmm... kecenganku nggak semuanya kutu buku sih. Mereka bisa pinter dengan caranya sendiri, termasuk suamiku yang agak anti baca buku. Dia punya caranya sendiri menjadi pintar, bukan belajar dengan giat, tapi dengan cerdas ;)

37. Mr/Ms love letter
ketinggalan jaman om! sms ajah!


Ya mainnya Facebook Messenger sama SMS. Tapi pas udah mulai lost contact, cuma dari Facebook Messenger. Bahkan, aku baru punya nomor HPnya dan tau tanggal lahirnya setelah dilamar. Kacau dan kocak hahaha

38. Suka bermain
main apa? main main kucing? *lho?*


Iyessss, cowok suka kucing tuh hot :3

39. Flirt
??

40. Penulis puisi
emang saya mau makan puisi tiap hari? ogah

41. Serius
harus lah. tapi jangan serius amat

42. Gebetan di kampus
oje


Nah soal ini aku bingung nih haha. Gimana ya, aku kan perempuan di sarang penyamun. Pas di kampus, ya lumayan banyak yang aku gebet dan banyak juga yang mepet aku (eciee). Aku tuh dulu sampai susah bedain, ini cowok emang beneran temenan atau emang ngincer aku jadi pacar? Karena banyak juga yang ngedeketin doang, terus nggak ada gerakan apa-apa. 

Disclaimer dulu lah, pas kuliah aku cuma pernah pacaran sekali, kok. Jadi seumur hidup cuma dua kali. Sama suamiku malah nggak pacaran haha.

Nah, pas aku kenal tahun 2012, sebenernya aku seneng sama temennya yang chinese itu. Ternyata, sebenernya suka aku juga dan kami hampir jadian! Tapi aku nggak mau mengulangi kesalahan pas SMA sih. Aku ngga nolak, dia nggak nerusin. Dia kaget dong pas tau aku mau nikah sama suami karena terakhir dia tau aku pacaran sama mantan.

Sepanjang kuliah, aku sampai bikin list, si A, si B, si C, dst siapa aja cowok yang oke (aku punya kecenderungan lah). Suamiku masuk daftar itu.

Sayangnya, tahun 2014 dia bikin aku kesel. Dia tiba-tiba aja bilang suka aku, tapi nggak ada kelanjutan apa-apa. Malah tiba-tiba status Facebooknya ganti in a relationship sama seorang cewek. Ih, maksudnya apa coba?!

Sejak itu kadang nge-chat tapi bahasannya random. Awal tahun 2016 malah suami minta dicariin cewe buat dinikahin yang berakhir dia bilang udah ketemu orangnya. Ya udah lah ya, aku mana tertarik lagi.

Tahun 2016 akhir terpaksa aku menghubunginya karena aku dapet kesempatan jadi exchange student tapi kudu nyari dana. Aku inget, dia salah satu mahasiswa yang hobinya ke luar negri selama kuliah. Eh, tak dinyana, dia malah tebar perhatian ke aku. 4x ketemu fisik, dia pingin ketemu orang tuaku padahal sebenernya aku masih pacaran. Masalahnya, orang tuaku ngga sreg sama si cowok yang deket sama aku dan dianya nggak maju ke ortuku. Aku tanyain, menghindar mulu. Ya udah, aku persilakan aja suami buat ketemu orang tuaku. Taunya langsung ngelamar di pertemuan pertama sama ortuku wkwkwk

Oh iya, suamiku ini nanya dulu ke aku, kok, apa aku udah ada yang lamar. Aku bilang, belum ada (emang pacar aku kan nggak ngelamar aja). Dia juga tau aku deket sama si mantan. Suami bahkan sampai ngehubungin mantan aku itu, semacam diskusi sesama lelaki lah, siapa yang mau maju. Duh, pelik sekali ya wkwk

43. Pelukis
peluk dan kis? harus dong

44. Religius
harus dong. islami pisan

45. Orang yang suka menggoda org lain
iiih genit amat

46. Computer games geek or internet freak
asal ga berlebihan ga papa. nanti kalo pulsa jebol kan bahaya

47. Berbicara 20bahasa
wah? boleh........

Well, aku aslinya nggak perhatian soal ini. Tapi suami sih bisa 3 bahasa: Indonesia, Jawa, Inggris. Fasih semua wkwk

48. Loyal or faithfull
wooo iya dong. bahaya klo ga loyal, nanti gampang kesangkut hati lain. hhaha

49. Pencium handal
teripu saya *apaan sih?*

50. Cinta anak-anak
ya iya lah. saya aja iya, masa suami saya ngga?? *lho suami?*

hhahaha... bagi yang baca yang ditag, silakan repost oje...

Ah, akhirnya berakhir juga notes panjang dan alay ini haha. Yang menarik itu, section komentarnya. Aku copy beberapa deh :D

Awalnya cuma dikomen sama temen SMP dan SMA yang aku tag hingga suatu waktu temen deketku pas kuliah ngekomen. Inilah awal mulanya.

Yang paling bawah itu suami wkwk


Iya, keinginanku tercapai sama kamu :3


Nah, si pak comblang bilang perlu diupdate karena waktu itu aku masih deket sama mantan. Nih, gara-gara jumlah cewek sedikit, aku pacaran pun satu fakultas tahu, guys. Yah mungkin 200 dari 400 orang tahu lah. Makanya jadi awkward banget pas mau ngumumin pernikahan, karena kesannya ngedadak dan tiba-tiba sama orang lain.
Ya gitu, tambah rame haha

Nah, sebenernya beredar rumor juga kalau aku pacaran sama pak comblang karena saking deketnya, ke mana-mana berdua wkwk. Aku ngga tau sih, dia dulu ada rasa atau ngga. Menurut teman-teman, suamiku sebenernya udah ada rasa, kah?

Meskipun di komen kesannya ngejek-ngejek, suami akhirnya menyarankan aku buat ubah privasinya biar ngga diliat temen dan dikomenin lagi. Pak comblang bahkan sampai kirim private message biar aku ubah privasi note itu. Ya udah, demi mengakhiri keter-bully-anku, aku buat note itu jadi "Only me".

Dah, semoga yang baca ikutan merasa terhibur, nggak jijay sama kealayanku dan kebucinanku. Hmm, cerita gini layak jadi novel nggak, ya? Hahaha

Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.

Related Posts

Posting Komentar