Mama Razin (Ilma Hidayati Purnomo)

Pengantin Baru Wajib Ikut Popmama Parenting Academy 2021

Ada yang masih ingat momen-momen saat masih menjadi pengantin baru? Ingatan apa yang pertama terlintas? Wah, udah ada yang mulai tersipu-sipu...

Saya dan suami menikah tanpa pacaran terlebih dahulu. Kami saling kenal sudah lama karena pernah berada di satu kelas matakuliah pada tahun pertama perkuliahan. Namun, kami tidak berkomunikasi secara intens setelahnya. 

Tahun 2012 di ITB tahun pertama TPB STEI
Awal pertemuan saya dan suami saat menjalani kuliah Kalkulus tahun 2012

Hingga empat tahun berselang, saya mendapat kesempatan mengikuti exchange program ke Korea Selatan. Saya perlu pendanaan untuk perjalanan dan akomodasi selama berada di sana. Saya pun mulai mencari info dari teman-teman kuliah. Kemudian saya ingat, ada satu mahasiswa yang sudah beberapa kali ke luar negri selama saya kuliah. 

Suami saya itulah orangnya. Saya pun menghubunginya melalui Facebook Messenger. Kemudian kami mulai berkomunikasi dengan intens. Tiba-tiba, setelah 4 kali bertemu setelah 4 tahun kenal, suami saya menyatakan keinginannya untuk mengajak saya ke jenjang yang serius. Ia meminta izin saya untuk bertemu orang tua saya. 

Singkat cerita, dalam waktu 4 bulan, kami bertunangan dan menikah. Sebuah proses yang kilat mengingat kami tidak pernah berhubungan secara intens sebelumnya. Jadi, sejujurnya, kami hanya mengenal masing-masing pasangan dari luar saja. 

Hari pertama menikah pun, kami masih malu-malu. Masing-masing masih merasa sebagai 'teman', bukan suami istri. Butuh waktu sampai akhirnya kami berani melakukan apa yang suami istri umumnya lakukan. Setelahnya, suami saya malah meledek saya, "Kalau ntar hamil, gimana?"

Sayangnya, efek dari waktu perkenalan yang singkat membuat awal-awal pernikahan kami diwarnai dengan banyak konflik. Sampai akhirnya saya hamil dan melahirkan pun, hampir tak sempat belajar soal parenting. Sejujurnya, hal ini cukup saya sesali. 

Seandainya saya lebih dewasa dalam menyikapi situasi, belum mengenal suami sebelum menikah pun tidak akan menjadi pemicu konflik. Ditambah lagi, pengetahuan saya soal dunia pernikahan yang kala itu masih minim membuat saya pontang-panting menyesuaikan diri dalam mengemban status sebagai ibu dan istri.

Pada akhirnya, saya hanya mengandalkan browsing sekilas, info dari beberapa komunitas, serta petuah ibu dan mertua untuk menyelesaikan berbagai persoalan parenting. Memelajari ilmu secara sepotong-sepotong seperti itu sangat tidak menyenangkan dan cenderung menimbulkan permasalahan baru di kemudian hari. 

Nah, sebentar lagi akan digelar program yang bagus dan menarik dari IDN Media untuk mencegah pasangan muda tersandung masalah seperti apa yang saya alami dulu. Pasalnya dalam program ini, akan ada berbagai talkshow mengupas tuntas berbagai permasalahan parenting. Ya, inilah Popmama Parenting Academy.

Popmama parenting academy 2021

Apa itu Popmama Parenting Academy?

Kegiatan yang bisa disingkat Popac 2021 ini diselenggarakan oleh Popmama.com. Situs ini merupakan bagian dari perusahan platform media bagi kaum milenial, IDN Media. Media online ini berisi berbagai informasi seputar dunia parenting yang cocok bagi orang tua generasi milenial.

Sebagai orang tua generasi milenial, saya mengakui kalau Popmama.com banyak membantu perjalanan parenting saya. Contohnya, ketika saya akan memulai MPASI, banyak sekali infuencer yang mengaungkan soal bahaya stunting. Saya pun bergegas mencari info soal ini dan menemukan artikel menarik di situs Popmama.com.

Artikel yang saya baca sangat lengkap. Terdapat penjelasan mengenai apa itu stunting, dampaknya, penyebabnya, hingga cara mencegahnya. Saya pun dimanjakan dengan infografis dan gambar-gambarnya yang menarik. Bahasanya pun sangat cocok untuk millenial-mama seperti saya, mudah dipahami dan memberikan kepuasan atas pertanyaan saya soal stunting.

Popmama tidak ingin hanya hadir sebagai situs informatif. Ia juga ingin memberikan dampak lebih luas dalam memberikan dukungan bagi orang tua muda di Indonesia. Inilah sebabnya Popmama Parenting Academy 2021 hadir dengan mengusung tema Parents Support Parents. Hal ini berhubungan dengan terjadinya pandemi selama hampir dua tahun terakhir beserta dampaknya terhadap pola parenting di Indonesia.

Sejarah Popmama Parenting Academy

Pada tahun 2018, Popmama mengadakan pameran di The Gandaria City Hall, Jakarta. Dengan nama Popmama Expo 2018, gelaran yang berlangsung pada tanggal 28-29 September ini memfasilitasi millenial-mama untuk mendapatkan kebutuhan keluarga dengan harga miring, diskon hingga 50%! Popmama sangat mengerti kebutuhan anak-anak yang tidak murah. Lagipula, ibu-ibu mana, sih yang tidak tergiur dengan diskon? Hehe

Di tahun selanjutnya, kembali hadir acara serupa dengan nama Popmama Parenting Academy 2019. Kegiatan ini dilaksanakan di Summarecon Mall Serpong pada tanggal 11-13 Oktober 2019. Selain tersedia berbagai tenants yang menjual kebutuhan anak dengan harga miring, acara ini dilengkapi dengan diskusi parenting bersama para ahli, berbagai kelas parenting, dan berbagai kompetisi untuk anak-anak.

Pada tahun 2020, Popmama Parenting Academy kembali hadir dengan format berbeda. Hal ini disebabkan oleh adanya pandemi yang tidak memungkinkan bagi Popmama untuk menggelar acara dengan kerumunan orang. Popac 2020 dilaksanakan secara virtual melalui website, zoom meeting, dan grup WhatsApp. Nyatanya, kegiatan yang berlangsung pada tanggal 28 September-3 Oktober 2020 ini lebih banyak menjangkau millenial-parents.

Kegiatan Popmama Parenting Academy 2021

Donasi yatim piatu covid

Tahun ini, Popac 2021 akan kembali hadir secara virtual tetapi dalam waktu yang lebih panjang yaitu pada 1-31 Desember 2021. Bahkan terdapat beberapa kegiatan pra-event seperti penggalangan dana bagi anak-anak yang menjadi yatim/piatu akibat pandemi, apresiasi komunitas di community award, dan unjuk bakat di Popmama Little Star.

Kegiatan Popac 2021 akan diisi dengan berbagai webinar dari para praktisi, kuliah WhatsApp dan content series di media sosial Popmama. Beberapa kegiatannya sudah di-spill di akun instagram Popmama Parenting Academy 2021

Para pengantin baru harus ikutan nih, biar bisa belajar tentang parenting sebelum ketemu sama masalah-masalahnya. Kalau saya yang sudah 4.5 tahun menikah, akhirnya belajar setelah bertemu dengan masalah. Tentu, rasanya lebih berat dibanding pasangan yang sudah belajar, ya... Maka dari itu, persiapkan diri parents dengan mengikuti Popmama Parenting Academy 2021.

Perayaan thaksgiving
Setelah 9 tahun kenal, 4,5 tahun menikah, dan dikaruniai 2 anak. Sudah coba bandingkan dengan foto sebelumnya? 😁

Jadi jangan sampai terlewat ya, parents! Sampai berjumpa di Popac 2021 bulan depan! 

Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.

Related Posts

Posting Komentar