Mama Razin (Ilma Hidayati Purnomo)

Jangan Sakit Gigi Kalau Tinggal di Luar Negri!

Gigiku geraham paling pojokku bolong. Gede banget. Udah dua hari ini sakit dan gusinya bengkak. Tau gak, gara-gara sakit gigi ini aku jadi kepikiran pulang ke Indonesia? 

Soalnya ke dokter gigi di sini mahal. Buat gigi yang lobangnya gede kayak gitu, perlu dua treatment: root canal dan crowning. Masing-masing treatment bisa sampai $1500 tanpa asuransi. Yup, hampir Rp 30 juta rupiah buat ngurusin sebuah gigi bolong. 

Kok bisa bolong gede? Tahun lalu pas aku hamil, tambalannya copot. Sebenernya waktu itu aku malah ada asuransi kesehatan khusus ibu hamil. Sayangnya, pas baru pandemi. Takut dong ke dokter gigi. 

Gilirannya pandemi udah mereda, asuransiku habis. Cuma sampai 2 bulan habis lahiran. Terus aku ga daftar asuransi lagi. Mahal. Perbulan preminya bisa $400 sendiri. Kalau asuransi pas hamil itu gratis dari pemerintah. 

Sebenernya ada asuransi khusus dental care. Tapi ribet. Jenisnya macem-macem. Yang pasti, tetep bakal keluar kocek gede deh, selain premi perbulan. Belum lagi ada masa tunggu sebelum aku bisa dapet penanganan. Karena treatment yang aku perlukan itu, termasuk penanganan mayor.

Pada akhirnya, setelah aku itung-itung, aku pasti tetep harus ngeluarin $1500 dari kantong sendiri meskipun pakai asuransi. 

Opsi lain, cari klinik murah atau klinik yang memang didanai dari donasi. Ini lagi diusahakan sih.

Hmm... $1500 mending buat beli tiket ke Indonesia daripada buat benerin gigi bolong aja, ya gak? 


Ilma Purnomo (Mama Razin)
Perempuan Indonesia yang saat ini tinggal di Chicago, USA, menemani suami kuliah doktoral. Seorang ibu rumah tangga yang disibukkan oleh dua putranya (Razin dan Zayn). Suka menulis dan belajar hal baru.

Related Posts

Posting Komentar